Cara Menanam Bunga Petunia dan Perawatan Tanaman Supaya Cepat Berbunga

Bunga Petunia mungkin terdengar asing di telinga mereka yang memang awam terhadap Tanaman Hias . Bunga yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini mulai populer di indonesia setelah ramainya peminat Tanaman Hias Gantung yang sempat buming di negara ini . Di daerah asalnya Bunga Petunia biasa hidup atau berhabitat di pegunungan maka jika kalian ingin Merawat Bunga Petunia kalian wajib tahu beberapa hal yang akan kita bahas di bawah sini .


Cara Menanam Bunga Petunia dan Perawatannya



Cara Menanam Bunga Petuina dan Perawatannya


Petunia merupakan tanamaman asal amerika selatan yang dapat tumbuh dengan ketinggian 16 - 30 Cm . Tanaman yang tebilang cukup mungil , Petunia kerap di jadikan Taaman Hias Gantung yang di karenakan ukuran yang tidak terlalu besar namun tetap memiliki unsur keindahan yang tak kalah dari Tanaman His Bunga Mawar . Bunga Petunia ini sendiri memiliki Mahkota Bunga Ganda namun ada juga jenis Bunga Petunia yang Bermahkota Bunga Tunggal . Untuk bunga ini juga cukup banyak dan beragam sobat ada warna merah , warna putih, warna kuning , warna biru, dan ungu .

Seperti yang sudah Maintanam.com sampaikan di atas bahwa Bunga Petunia ini memiliki habitat hidup di pegunungan namun bekan berarti tanaman ini tidak dapat hidup di tempat yang tidak terlalu sejuk apa lagi di indonesia yang terkenal dengan sesuburan tanah dengan cuaca tropisnya .

Untuk menanam Petunia kalian memerlukan beberapa bahan yang akan menunjang tanaman hias ini tumbuh dengan baik . Beberapa bahan ini adalah :

  • Pot Gantung
  • Bibit Bunga Petunia
  • Tanah yang Subur
  • Arang Sekam
  • Mangkok Plastik
  • Sekop
Setelah bahan bahan di atas terkumpul ada dapat mengikuti langkah - langkah yang admin bagikan di bawah sini .

Lakukan Penyemaian


Penyemaian dapat kamu lakukan di dalam mangkok plastik yang sudah di siapkan tadi . Caranya masukan tanah kedalam mangkok plastik , Jangan lupa untuk melubangi dasar plastik terlebih dahulu agar air dapat keluar dari mangkok penyemaian dengan mudah .

Selanjutnya taburkan Benih Bunga di dalam mangkok tersebut jangan lupa untuk menimbun tipis kembali jika di rasa benih yang kamu taburkan sudah selesai . Proses penyemaian membutuhkan waktu berhari hari hinga dapat di lakukan pemindahan di Pot Gantung . Selama proses menunggu ini kamu dapat menyiapkan beberapa buah pot yang akan kamu tanamami . Jangan lupa untuk melakukan penyiraman terhadap Bibit Bunga yang sedang di semai , cukup satu kali dalam sehari dan jangan lupa hindarkanlah bibit dari sinar matahari langsung .

Lakukan Penanaman di Pot Gantung


Setelah di rasa Bibit Bunga Petunia cukup besar kalian dapat melakukan pemindahan kedaa Pot gantug . Ini merupakan tempat tinggal terakhir bagi Bunga Bunga Petunia , sebelum melakukan pemindahan kalian dapat mengisi pot dengan menggunakan beberapa unsur seperti Tanah Gembur , Pupuk Kandang / Kompos , Arang Seam . Setelah semua pot terisi pindahkan bibit dengan cara membuat lubang sedalam 3 Cm dan masukan bibit kedalam lubang tersebut . Jangan lupa untuk melakukan penimbunan kembali kedalam lubang tersebut , Lakukan hal yang sama jika anda ingin Menanam Bunga Petunia dalam jumblah yang banyak .

Perawatan Bunga Petunia


Bunga Petunia merupakan tanaman yang banyak membutuhkan air , hal ini di karenakan habitat aslinya yang tumbuh di pegunungan yang sejuk . Lakukan penyiraman kepada tanaman ini minimal 2 kali sehari untuk mencukupi asupan air dari bunga ini . Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kepada tanaman jangan sampai Bunga Petunia Layu karena kekurangan asupan air .

Hindarkan juga Bunga Petunia dari hama penggangu seperti Ulat , siput , belalang dan hama pengganggu lainya . Tempat yang baik untuk Bunga Petunia adalah tempat yang teduh , maka di sini admin menyarankan untuk di gantung pada teras yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung .

Gambar Bunga Petunia


Gambar Bunga Petuina

Gambar Bunga Petuina

Baca Juga

Itulah tadi bagaimana Cara Menanam dan Merawat Bunga Petunia , semoga kalian terbantu dengan artikel yang Maintanam.com bagikan ini . Harga Bunga Petunia yang cukup tinggi juga membuat beberapa kalangan ber inisiatip untuk membuat bisnis tanaman . Semoga hal yang admin bagikan ini bermanfaat untuk banyak orang , Terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel