Cara Menanam Jahe Gajah di Lahan Sempit Hasil Maxsimal ( Budidaya )

Kini bercocok tanam dengan lahan yang terbatas bukan lagi menjadi masalah yang sangat besar . Hal ini di karenakan banyak inofasi - inofasi terbaru dan bermanfaat dari Cara Menanam Jahe Gajah di Lahan Sempit . Dengan menggunakan media Polybag ataupun Pot anda tidak perlu lagi membutuhkan lahan yang sangat luas , cukup dengan lahan kosong se adanya kini anda dapat meraup untung degan Membudidayakan Tanaman Umbi Jahe Gajah .

Selain bermanfaat Jahe Gajah juga memiliki nilai ekonomi yang lumayan tinggi , untuk setiap kilo gram dari Jahe ini berkisar diantara 25 -  30 Ribu Rupiah . Nilai jual yang di katakan cukup menjajikan jika anda ingin berbisnis Budidaya Jahe Gajah ini . Segudang manfaat juga terkandung di dalam Tanaman Jahe ini maka tak heran jika jahe ini sangat laris di pasaran . Anda tertarik untuk tahu bagaimana cara Menanam Jahe Gajah ? yuk sama sama kita caritahu bagaimana cara menanamnya di bawah ini .

Cara Menanam Jahe Gajah di Lahan Sempit


Cara Menanam Jahe Gajah di Lahan Sempit


Menanam Jahe Gajah merupakan hal yang amat sangat mudah sobat . Kenapa demikian ? hal ini di karenakan jahe merupakan tanaman yang sangat mudah hidup dan di iklim tropis seperti indonesia tanaman jahe ini sangat menjamur hal ini dikarenakan kualitas tanah indonesia yang subur dengan curah hujan yang terbilang sangat cukup untuk tumbuh kembang Jahe .

Jahe mrupakan tanaman Umbi - Umbian yang mana buah dari tanaman ini ada di akarnya ( akar yang menggelembung ) . Ada banyak sekali jenis - jenis jahe , dari Jahe Merah , Jahe Emprit , Jahe Gajah dan jahe jenis lainya . Semua jahe ini dapat di tanam dengan cara yang akan Main Tanam  bagikan ini jadi silahkan kalian simak dengan baik tutorialnya .

Pembibitan Jahe Gajah


Pembibitan Jahe Gajah


Bibit jahe dapat kamu dapatan dengan membelinya di pasar , Jahe itu sendiri lah bibit dari tanaman jahe . Dalam 1 Kg Jahe Gajah dapat di jadikan 20 Bibit Jahe yang dapat langsung kamu tanam , Kamu hanya perlu memotong jahe dengan potongan standar tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil . Selain itu kamu juga dapat melakukan pembibitan dengan mengambil Tunas Muda Jahe Sebagai Bibit , Tunas muda biasanya tumbuh banyak di bawah jahe dewasa yang sudah tumbuh dengan rimbun .

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk  menghasilkan Bibit Jahe Gajah Unggulan , caranya dengan mencapurkan beberapa bahan tambahan seperti di bawah sini .

Step 1 Gunakan PHEFOC
  • Larutkan Gula pasir 2 sendok makan serta 1 tutup botol PHEFOC ke dalam 15 liter air
  • Tunggu selema 15 Menit
  • Rendam Bibit Jahe Gajah selam 15 menit
  • Keringkan
Step 2 Gunakan SOT BINAGRO
  • Larutkan 3 sendok Gula Pasir serta 5 tutup botol SOT BINAGRO dalam 15 liter air
  • Tunggu selema 15 Menit
  • Rendam Bibit tadi yang sudah anda keringkan selama 6 Jam
  • Selanjutnya kalian angkat dan keringkan bibit
Bibit yang sudah kamu rendam menggunakan Step 1 dan Step 2 memiliki kelebihan yaitu:
  • Jahe yang kamu tanam akan semakin kuat ( tidak mudah patah waktu di panen )
  • Lebih tahan Penyakit
  • Meningkatkan Hasil Panen Jahe sebesar 80 %
  • Pertumbuhan Jahe semakin cepat
  • Tunas Jahe makin melimpah
  • dll

Penanaman Jahe Gajah

Penanaman Jahe Gajah

  1. Isi Polybag menggunakan tanah
  2. Buat lubang pada tanah dalam polybag sedalam 3 -5 Cm
  3. Masukan bibit jahe kedalam dan timbun kembali .

Tips : 
  • Jangan taruh Jahe yang kamu tanam tadi ke alam terbuka ( Hindarkan Jahe dari sinar matahari langsung sampai umur jahe di bawah 2 bulan )
  • Setelah umur jahe lebih dari 2 bulan setelah penanaman kalian dapat menaruhnya di alam terbuka agar dapat melakukan fotosintesis dengan baik .

Perawatan Jahe Gajah

Perawatan Jahe Gajah


Perawatan darri jahe terbilang cukup mudah yaitu dengan melakukan penyiraman rutin 1 kali dalam 2 hari . Selain itu agar tanah tempat kamu menanam jahe menjadi lebih subur kalian dapat melakukan pemupukan menggunakan pupuk kompos / kandang dll dalam kurun waktu 2 bulan sekali .

Panen Jahe Gajah


Panen Jahe Gajah


Panen dari Jahe Gajah dapat di lakukan saat umur jahe menginjak 8 Bulan setelah penanaman . Di usia ini akar jahe sudah cukup banyak yang menjadi umbi dan berarti sudah siap untuk di panen . Semakin lama masa tanam Jahe Gajah tentu akan semakin banyak hasil panen yang kamu dapatkan . Maintanam.com menyarankan untuk kalian yang ingin menanam jahe gajah supaya memanennya dengan umur maxsimal 1 Tahun .

Ketahui Peluang Menjajikan Bercocok Tanam

Dalam satu rumpun jahe biasanya di dapati 25 Kilogram Jahe yang dapat kamu panen , kalikan saja harga jahe dengan beberapa kilogram jahe yang dapat kamu panen . Bukankah dengan Budidaya Jahe Gajah ini memiliki nilai ekonomi yang lumayan tinggi sobat . Bagi anda yang menyimak tutorial ini semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah , Jangan ragu untuk membagikan ilmu ini ke teman terdekatmu agar ilmu ini semakin luas dan menciptakan peluang usaha yang baik untuk indonesia .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel