Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag Dengan Metode Vertikultur ( Hemat Lahan )

Jahe Merah merupakan salah satu rempah yang sangat terkenal di indonesia . Tanaman satu ini memiliki banyak manfaat untuk manusia , beberapa kegunaan Jahe Merah adalah untuk di jadikan minuman penghangat tubuh , Bumbu Masak dan masih banyak kegunaan yang tak mungkin Maintanam.com sebutkan semuanya di sini . Mengingat kegunaan dari tanaman ini yang cukup banyak maka di pertemuan ini kalian akan tahu bagaimana Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag dengan menggunakan metode tanam Vertikultur . Sebelumnya kalian sudah paham belum dengan metode Vertikultur ini ?

Metode Vertikultur merupakan tehnik menanam memanfaatkan lahan sempit dengan di jadikanya rak - rak bertumpuk . Jika di ibaratkan rumah , dengan metode Menanam Jahe Merah Vertikultur ini adalah apartemen yang dalam lahan yang tak terlalu luas namun menampung banyak penghuni . Selain dapat di terapkan kepada Jahe , kalian juga bisa menggunakan metode ini untuk Menanam Bunga Mawar . Tentu sangat menghemat lahan dan meningkatkan hasil panen dengan lahan yang seadanya .

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag dengan Metode Vertikultur selain menghemat lahan , dengan merode ini kalian juga dapat memanfaatkan bahan - bahan bekas yang tak terpakai seperti kaleng , karung semen , dan alat pengganti polybag lainya . Namun agar lebih efisien dan Maintanam.com menyarankan anda untuk menggunakan media polybag sebagai wadah pengganti pot penanaman .

Menanam Jahe Merah Dengan Metode Vertikultur


Menanam Jahe Merah Dengan Metode Vertikultur


Sebelum melakukan penanaman tentu anda perlu menyiapkan bibit Jahe Merah yang bisa kamu beli di pasar . Bibit Jahe Merah yang baik memiliki ciri - ciri yang harus dapat kamu ketahui , Beberapa ciri tersebut dapat kamu baca di bawah sini .

  • Memiliki umur tua
  • Bebas dari penyakit , Flag dll
  • Berwarna merah cerah
  • Tidak mengelupas / Luka
Empat ciri -ciri bibit terbaik untuk di tanam ini harus kamu perhatikan jika ingin memiliki bibit unggulan . Selain itu kamu juga bisa menambahkan beberapa resep yang akan menambah kualitas bibit unggulan menjadi lebih baik .

Sama seperti yang kemarin sudah Main Tanam bagikan kepada anda tentang Cara Menanam Jahe Gajah . Kalian juga perlu merendam bibit kedalam obat / larutan fungsida selama 15 Menit lamanya  supaya bibit terbebas dari jamur dan penyakit yang ingin merusak kualitas bibit anda .

Penyemaian Bibit Jahe Merah

Penyemaian Bibit Jahe Merah


Setelah melakukan perendaman kedalam fungsida kalian hanya perlu mengeringkan nya dengan cara di angin - anginkan . Setelah itu buat gulutan secukupnya dan lakukan penyemaian terhadapap bibit jahe merah , atau sebagai alternatifnya kalian dapat mengisi Bak dengan komposisi tanah dan juga kompos 2 : 1 tunggu sampai muncul tunas dan biarkan tunas tumbuh agak tinggi sebelum melakukan transplanting atau pemindahan kedalam polybag .

Selama proses penyemaian di lakukan ada baiknya jika anda menjaga kelembaban tanah . Jika kalian melakukan penyemaian di dalam Bak , ada baiknya kalau anda memindahkannya kedalam rumah karena penyemaian akan baik jika terhindar dari sinar matahari langsung . Apabila kalian melakukan penyemaian di gulutan tanah maka admin menyarakankan untuk anda membuat tempat penyemaian menjadi teduh dengan membuatkan atap dari dahan kelapa atau lain sebagainya . Selain itu jagan lupa untuk melakukan penyiraman rutin supaya tanah penyemaian tidak kering namun juga jangan terlalu banyak karena dapat membuat bibit menjadi busuk .

Penyiapan Media Tanam

Penyiapan Media Tanam


Ada beberapa media yang perlu kamu siapakan untuk Menanam Jahe Merah Dalam Polybag menggunakan Metode Vertikultur . Sambil menunggu tunas tumbuh kalian dapat menyiapkan benda - benda seprti Rak tempat menyusun tanaman jahe dan juga kalian harus mengisi Polybag menggunakan menggunakan beberapa elemen seperti Tanah , Pasir dan Pupuk Kompos . Untuk perbandinganya kalian dapat megisi Polybag dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dalam setiap Polybag yang hendak kalian tanami .

Penanaman Jahe Merah Dalam Polybag ( Transplanting )

  • Gali lubang pada media polybag sedalam 3 - 5 Cm 
  • Pindahkan 3 - 5 tunas muda Jahe Merah kedalam lubang yang kamu buat tadi
  • Timbun kembali lubang yang kamu gali di dalam Polybag / Karung Bekas
Catatan : 
  • Pastikan Tunas berdiri dengan tegak ke atas
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung sampai tunas berubah menjadi daun

Perawatan Jahe Merah


Perawatan Jahe Merah


Hasil panen yang baik tentu tak lepas dari perawatan yang baik pula , oleh karena itu di sini admin akan membagikan tips merawat jahe merah ini .
  • Lakukan penyiraman rutin di sore hari selama umur jahe di bawah 3 bulan penyiraman ini memiliki fungsi yang sangat peting . 
  • Selain menyiram degan air kalian juga harus melakukan pembersihan tanaman liar dengan cara mecabutinya ( Penyiangan ) hal inibertujuan untuk mengurangi Gulma Pengganggu yang menyerap nutrisi di dalam tanah yang harusnya di makan oleh tanaman jahe merah yang kamu tanam .
  • Pemupukan , walau dalam polybag sudah anda berikan pupuk kompos kalian juga harus memberikan pupuk tambahan , hal ini bertujuan supaya tanah dalam polybag lebih bagus dan tentunya akan menunjang tumbuh kembang jahe merah anda . Pemupukan di lakukan 2 bulan sekali dan di lakukan minimal 3 kali sebelum masuk ke musim panen .

Pemanenan Jahe Merah

Pemanenan Jahe Merah


Pemanenan Jahe Merah dapat di lakukan saat jahe menginjak usia 10 - 12 Bulan . Waktu yang di sarankan oleh maintanam.com adalah 1 tahun , hal ini di karenakan saat menginjak satu tahun jahe merah akan semakin tua dan tentu semain tua jahe maka akan semakin baik mutunya .

Pemanenan di dalam media tanam polybag ini terbilang sangat mudah . Kalian hanya perlu merobek polybag dan menghancurkan tanah yang ada dalam polybag , setelah itu cuci bersih jahe merah yang kamu tanam tadi . Dalam 1 polybag biasanya mendapatkan hasil panen 5 - 8 Kilogram , tak jarang dalam 1 polybag bisa menghasilkan 10 Kilogram tergantung perawatan sobat dalam menanam jahe merah ini .

Bagaimana tertarik untu mencobanya di rumah ...? semoga Cara Menanam Jahe Merah ini bermanfaat untuk banyak orang . Jangan lupa untuk pantengin Maintanam.com karena akan ada banyak tuturial yang akan admin bagikan di sini . Sampai jumpa di pertemuan yang akan datang dan selamat menanam .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel