Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Tumbuh Besar dan Baik

Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Tumbuh Besar dan Baik bukanlah perkara mudah jika kita tidak mengetahui teori - teori yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang dari tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) .Tanaman ini sendiri populer di indonesia sebagai salah satu Tanaman Hias yang biasa di temukan di depan rumah sebagai penghias dari muka rumah . Tak sedikit pula yang tau tantang Manfaat Lidah Buaya yang sangat banyak di gunakan di produk - produk kecantikan .

Macam Macam Cara Menanam Lidah Buaya


Macam Macam Cara Menanam Lidah Buaya


Selain Produk Kecantikan tanaman ini juga di ketahui dapat menjadi obat penyembuh luka yang cukup mujarab . Banyak manfaat dari Tanaman Lidah Buaya membuat banyak orang ingin tahu dan mulai bertanya " Bagaimana sih cara menanam lidah buaya ? " . Oleh karena itu di sini Main Tanam akan berikan Dua Metode Menanam Lidah Buaya yang cukup mudah untuk di tiru di rumah .

Metode menanam lidah buaya menggunakan daun memang tak sepopuler mengguanakan anakan tanaman lidah buaya , hal ini di karenakan potensi untuk hidup dengan baik tanaman ini terbilang 60 : 40 dengan potensi keggagalannya . Namun tak ada salahnya jika anda mengetahui bagaimana cara menanam dengan metode ini . Beberapa hal yang perlu anda sipkan sebelum melakukan exsekusi untuk menanam Lidah Buaya ini diantaranya adalah :

  • Pisau
  • Pot Bunga
  • Tanah Kaktus / Tanah Pot dan Pasir
  • Dolomit
  • Krikil
  • Daun Kaktus
  • Hormon Penumbuh akar / Madu / Kayu manis
Setelah semua bahan yang sudah di sebutkan diatas sudah terkumpul , kalian dapat langsung mengaplikasikan cara di bawah sini .

Cara Menanam Lidah Buaya Dari Daun


Cara Menanam Lidah Buaya Dari Daun


Siapkan Lahan


Isi pot dengan Krikil di dasar pot , pastikan pula bahwa di bawah pot terdapat lubang - lubang kecil yang berfungsi untuk pembuangan . Selanjutnya kalian dapat mengisi pot dengan Tanah Kaktus , jika anda tidak memilikinya kalian hanya perlu memanipulasi hal tersebut dengan cara mencapur pasir dengan tanah yang ada dalam pot makan akan tercipta Tanah Kaktus . Masukan tanah tersebut kedalam pot , dan untuk menjaga agar Ph tanah tetap baik kalian dapat menambahkan Dolomit kedalam tanah yang ada dalam pot .

Siapkan Bibit Daun Lidah Buaya


Bibit daun yang baik memiliki ciri daun lidah buaya yang memiliki panjang minimal 8 Centimeter , Memiliki Daun yang Tebal dan tidak cacat . Setelah menemukanya kalain dapat memotong bagian pangkal daun , usahakan pemotongan menggunakan pisau yang bersih agar bibit tidak ter infeksi . Bibit yang dipotong menggunakan pisau yang berkarat dan kotor memiliki potensi hidup yang kecil . Oleh karena itu pastikan kalian menjaga kebersihan pisau tersebut yang ingin kalian gunakan untuk memotong Daun Lidah Buaya .

Setelah Terpotong , kalian tidak dapat langsung menanam daun tersebut karena di perlukan beberapa proses yang cukup memakan waktu hingga daun dapat di tanam . Setelah  terpotog daun lidah buaya dapat kalian simpan di tepat yang hangat hingga kurun waktu 2 Minggu . Hal ini bertujuan supaya bibit tersebut membentuk lapisan - lapisan yang menjaga dari kebusukan bibit daun saat Bibit Daun Lidah Buaya bersentuhan langsung dengan tanah .

Penanaman Bibit Daun Lidah Buaya


2 Minggu setelah kalian memotong bibit daun kalian dapat melakukan penanaman caranya dengan membuat lubang sedalam 3 Cm . Masukan bibit kedalam lubang tersebut , timbun kembali menggunakan tanah yang kamu gali dalam pot . Sedikit tips jitu sebelum melakukan penanaman ada baiknya jika pangkal daun lidah buaya kamu celupkan ke dalam hormon penumbuh akar atau oleskan madu atau olehkan bubut kayu masin . Hal ini berfungsi agar bibit ini tidak mengalami kebusukan .

Nah itulah tadi cara menanam lidah buaya menggunakan daun sebagai bibit penanaman , lanjutnya kita akan menuju ke cara Menanam Lidah Buaya menggunakan bibit anakan lidah buaya ( tunas muda ) .

Info Seputar Mawar

Menanam Lidah Buaya Dari Tunas Muda ( Anakan )


Menanam Lidah Buaya Dari Tunas Muda ( Anakan )


Bibit Lidah Buaya Anakan


Bibit lidah buaya yang baik yang dapat kamu tananam dapat kamu temukan di bawah Lidah Buaya Dewasa / yang sudah besar . Biasanya anakan lidah buya memiliki warna yang cerah dan tentu memiliki akar yang terpisah dari Kaktus dewasa . Bibit anakan yang baik untuk di tanam minimal memiliki tinggi 3 - 5 Cm semakin besar bibit ini makan akan semakin besar pula potensi hidup dari lidah buaya tersebut .

Penrsiapkan Lahan Menanam


Setelah kalian menemukan bibit tersebut kalian dapat membuat media untuk menanam / tempat menanamnya . Tempat menanam ini pembuatnya sama persis dengan cara menyiapkan lahan dengan menggunakan bibit daun di atas . Jadi kalian dapat langsung menga aplikasikanya di rumah .

Penanaman Bibit Tunas Lidah Buaya


Gali lubang pada pot sedalam akar bibit , masukan bibit tunas muda yang ingin kamu tanam kedalam lubang yang kamu buat tadi . Salanjutnya kalian timbun kembali akar bibit menggunakan tanah untuk kaktus . Siram tanah menggunakan air biasa namun jangan sampai air menggenang cukup tanah dalam pot basah saja .

Pada dasarnya Lidah Buaya merupakan tanaman gurun yang tidak membutuhkan banyak air , penyiraman dapat di lakukan setelah satu minggu kemudian .

Perawatan Lidah Buaya Yang Tepat


Tanaman Lidah Buaya merupakan tanaman gurun yang dapat tumbuh di indonesia dengan baik , Namun anda harus memastikan tanaman ini menerima banyak asupan cahaya matahari . Lidah Buaya minimal menerima sinar matahari 11 Jam dalam satu hari .

Seperti tanaman gurun lainya , Lidah Buaya juga tidak terlalu banyak membutuhkan asupan air . Kalian dapat melakukan penyiraman terhadap tanaman lidah buaya saat di rasa tanaman lidah buaya ini benar benar kering . Penyiraman ini wajib anda lakukan di dalam tanah tempat kamu menanam hingga tanah benar - benar basah semua namun jangan sampai air yang kamu siram tergenang . Jika kamu menanam di dalam Pot pastikan air dapat keluar dengan baik pada lubang pembuangan .

Sangat mudah bukan merawat tanaman yang satu ini . Mungkin itu saja yang dapat di sampaikan maintanam.com kepada kamu . Semoga bermanfaat untuk kita semua dan sampai bertemu di artikel selanjutnya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel