Cara Menanam Padi Dengan Hasil Panen Berkualitas dan Menguntungkan

Indonesia merupakan negara yang hampir sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani . Hal ini tentu sangat wajar mengingat negara indonesia merupakan negara yang subur tanahnya bahkan dalam sebuah sajak indah di katakan bahwa di indonesia kayu dan Batu jadi tanaman . Bicara soal petani indonesia tentu sangat identik dengan makanan pokok orang indonesia yaitu beras yang berasal dari tanaman padi , oleh karena itu di pertemuan kali ini Maintanam.com akan membahas tentang bagaimana Cara Menanam Padi Dengan Hasil Panen Berkualitas dan Menguntungkan .

Tani ... profesi yang sebenarnya amat sangat menjanjikan . Kenapa demikian ? seorang petani memiliki potensi yang sangat besar untuk merauk untung dari setiap panennya . Jika di skalakan hasil petani dalam satu kali panen raya biasanya dapat berkali - kali lipat keuntungan yang di raih di banding dengan modal yang di keluarkan . Namun sobat hal ini dapat terjadi jika sang petani mengalami Panen Raya , bukan hal mudah juga untuk petani membuat tanamanya berkualitas dan menguntungkan bahkan tak jarang petani juga mengalami kerugian atau Gagal Panen .

Sedikit ilmu yang dapat Maintanam.com bagikan ini akan mengulas Proses Penanaman Padi hingga Panen raya .

Cara Menanam Padi Dengan Baik dan Menguntungkan


Cara Menanam Padi

Sebelum menuju ke penanaman Padi kesawah petani yang baik biasanya menyiapkan segala sesuatu dari awal sebelum masuk ke musim tanam . Barang - barang peting seperti persiapan bibit , Pupuk , dan tentu Lahan yang ingin di Garap / di Tanami Padi .

Tips Pemilihan Bibit
Saat ini ada banyak sekali Bibit Padi Unggulan yang dapat di pilih dan di jadikan aset oleh para petani . Beberapa bibibit ini diantaranya adalah  :

  • Bibit Padi Ciherang
  • Bibit Padi Inbrida Setani
  • Bibit Padi Inbrida mp07
  • Bibit Padi Padindo
  • Bibit Padi Inbrida Sembada
  • Dan masih banyak lagi yang lainya .
Bibit kemasan tentu sangat baik dan juga lebih praktis . Hal ini di karenaan kita tidak perlu untuk melakukan pembuatan benih yang sangat rumit dan banyak memakan waktu . Ada bainya di zaman modern ini para petani melakukan revolusi yang mana membuat petani padi mengalami banyak kemudahan saat ingin menanam padi dengan salah satunya memilih benih padi kemasan pabrik yang lebih terjamin mutunya .

Menanam Padi di bagi menjadi beberapa langkah yang wajib di lakukan oleh petani dan kita akan mengulanya satu persatu di sini .

Menanam Bibit Padi
Uritan Padi


Sebelum menanam padi petani biasanya terlebih dahulu menanam bibit , dalam bahasa Jawa menanam bibit ini di katakan sebagai Ngurit dan padi muda yang siap di tanam di sawah di sebut dengan Uritan . Apa naman bibit padi dalam bahasa daerah milik anda sobat ? Apakah sama dengan para petani jawa ..? Apapun itu tentu para petani khusunya penanam padi memiliki langkah yang sama dengan Petani Jawa hanya saja mungkin nama - nama nya beda seperti " Uritan" yang sudah maintanam.com katakan di atas .

Persiapan Lahan Sawah
Persiapan Lahan Tanaman Padi


Lahan sawah yang ingin di tanami padi haruslah memiliki tanah yang subur dan juga bersih dari rumput - rumput liar yang dapat membuat tumbuh kembang dari padi menadi tidak maksimal . Persiapan Lahan ini biasanya di lakukan oleh petani di saat Uritan Padi sudah memiliki umur yang cukup ( Usahakan Bibit masih Muda ) untuk di tanam pada tanah sawah yang sudah di bajak .

Penanaman Uritan Padi di Sawah

Penanaman Uritan Padi di Sawah


Tanam benih padi ( Uritan ) kedalam sawah yang sudah di bajak tadi . Uritan yang baik saat di tanam di Sawah adalan Uritan yang Berumur 2 Minggu atau bainya 13 Hari . Cara penanamanya  juga sangat sederhana dan mudah mengiat sawah sudah di bajak sebelum di tanami .

Tips : 
  1. Untuk satu lubang tanam usahakan memiliki 2 - 3 helai uritan padi , Usahakan saat melakukan penanaman ini jumblah air yang menggenang tidak terlalu tinggi bahkan menanam padi ini baik jika lumpur tidak tergenang air .
  2. Usahakan juga saat menaman padi para petani harus kompak , hal ini untuk mengurangi potensi hama yang menyerang dan meminimalisir kerugian .
Pemberian Pupuk Tanaman Padi

Pemberian Pupuk Tanaman Padi


Pupuk di berikan supaya padi tumbuh subur dan memiliki hasil panen yang baik . Pemupukan padi di lakukan secara berkala yaitu :
  • Saat usia 1 - 2 Minggu berikan Pupuk Urea 
  • Saat usia 1 Bulan ( 25 - 30 Hari usia tanam ) berikan Pupuk Urea dan Phonska
  • Saat usia 40 - 45 Hari berikan Pupuk Urea dan juga Pupuk Za ( Mahkota )
Mengantisipasi Hama

Mengantisipasi Hama


Hama merupakan musuh petani yang sangat perlu di waspadai . Hama adari tanaman padi ini sendiri juga cukup banyak . Ada Tikus , Burung , Serangga seperto orong " , walang sangit , keong dan yang sempat buming yaitu Wereng .

Untuk hama seperti tikus mungkin dapat di atasi dengan cara alami yaitu dengan jangan membunuh hewan seperi Ular Sawah yang memang memiliki peranan yang penting sebaga pemangsa Tikus . Hama burung memang tak bisa di hindari namun dapat di minimalisir dengan cara mengawasi padi saat nanti mulai terserang hama burung . Untuk hama serangga petani dapat melakukan tindakan penyemprotan pestisida ( Tentunya di gunakan seperlunya dan tidak berlebihan .

Panen Raya Padi

Panen Raya Padi


Setelah padi mulai berisi dan menguning maka tibalah masa panen raya . Tentu hari panen merupakan hari yang di nanti nanti oleh para petani . Banyak Metode yang dapat kamu lakukan untuk memanen namun di sini admin menyarankan untuk menggunakan mesin panen modern yaitu Kombet Padi , Hal ini di karenakan lebih cepat dan efesien .

Itulah tadi Step - Step yang dapat kamu lakukan supaya Hasil Panen Padi Berkualitas dan Menguntungkan yang sedikit ini semoga bermanfaat untuk kita semua , Sampai bertemu lagi di pertemuan Maintanam.com yang akan datang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel