Cara Menanam Seledri Dengan Mudah Serta Perawatan dan Panen

Seledri merupakan salah satu tanaman pangan yang sering kita makan sehari - hari . Tanaman ini sangat populer di negara - negara yang ada di Eropa , semua bagian dari Tanaman Seledri ini dapat di manfaatkan sebagai campuran makanan , namun di indonesia tanaman ini lebih banyak di manfaatkan pada bagian daun . Jadi tak heran sebagian penduduk indonesia terbiasa menyebutnya Daun Seledri .

Cara Menanam Seledri di Dalam Polybag


Cara Menanam Seledri


Ada dua varin cara menanam Daun Seledri ini kedua cara yaitu Generatif dan Vegetatif . Apakan sahabat semua paham akan dua mode / farian cara menanam ini ? , jika belum kita akan jelaskan dulu kedua mede tanam ini .

  • Cara Menanam Seledri Metode Generatif Generatif ialah sistem penanaman yang di mulai dari benih / Biji Seledri yang di semai hingga ia siap untuk di Tranplanting ke media tanam lain seperti Pot , Polybag , dll .
  • Sedangkan untuk Cara Menanam Seledri Metode Vegetatif kalian tidak perlu di repokan dengan menyemai Benih Seledri , kalian hanya perlu mengambil anakan seledri dari seledri dewasa atau siap panen . Hal ini di karenakan kebiasaan seledri muda yang biasa tumbuh di bawah seledri dewasa . Intinya cara ini adalah Menanam Seledri Dari Anakan .
Agar semua cara tanam ini dapat di pahami dengan mudah oleh anda semua , di sini Maintanam.com akan memberikan tutorial dengan menggunakan Metode Generatif supaya Cara Menanam Seledri ini dapat juga di terapkan dengan mudah dalam semua metode .

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menanam Seledri ialah membuat bibit dengan benih / biji tanaman Seledri . Benih Tanaman seledri saat ini sudah sangat mudah di jumpai dan dapat kita beli di dalam kemasa saset, jadi anda tidak perlu kerepotan membuatnya sendiri di rumah .  Setelah anda  membelinya silahkan lakukan Langkah - langkah di bawah sini .

Penyemaian Bibit Seledri

Penyemaian Bibit Seledri

  • Rendam bibit kemasan yang ingin kamu tanam di air hangat selama 1 Jam.
  • Buat media semai yang terbuat dari kompos dan juga tanah perbandingan 1 : 2 ( Jangan lupa untuk membuat pelindung dari hewan seperti ayam dan lain sebagainya .
  • Semai Bibit Seledri yang ingin kamu tanam tadi secara tapis (hindarkan dari sinar matahari langsung)
  • Jaga suhu dan kelembapan tanah tempat bibit di semai .
  • Tunggu hingga umur benih mencapai 30 Hari sebelum melakukan tranplanting.

Penanaman Bibit Seledri ( Tranplanting Seledri )

Penanaman Bibit Seledri


Di tahapan ini bagi anda yang ingin melakukan Menanam Seledri Dari Anakan dapat mengikuti tutornya sapai di sini . Namun Pastikan saat anda melakukan pencabutan harus berhati - hati dan jangan sampai merusak akar seledri muda yang sangat rapuh .
  • Siapkan adonan pengisi polybag seperti Tanah Liat , Kompos , dan juga Arang Sekam aduk merata adonan dengan perbandingan 1:1:1 .
  • Maukan adonan tersebut kedalam Polybag yang ingin kamu tanami Seledri ( Main Tanam menyarankan untuk anda memakai Polybag dengan ukuran 40 x 50 ).
  • Buat lubang pada tanah adonan dengan kedalaman 3 Cm .
  • Cabut bibit dari tempat semai dan tanam di lubang adonan ( Tips saat ingin memindah jangan lupa untuk menyiram bibit di media semai supaya tidak merusak akar )
Mudah bukan langkah yang dapat kalian lakukan untuk Menanam Seledri ini . Setelah kalian selesai menanam kalian belum selesai di situ sobat , karena kamu karus tahu bagaimana Cara Merawat Seledri dengan baik .

Cara Mewarat Seledri


Merawat tanaman seledri merupakan hal yang amat sangat mudah karena tidak di perlukan banyak modal hanya cukup dengan air . Hal ini di karenakan di dalam tempat kamu menanam seledri tadi sudah mengandung pupuk kompos yang sangat cukup untuk tumbuh kembang dari seledri .

Kalian kanya perlu mengatasi hama dari tanaman ini , hama tanaman ini adalah serangga seperti ulat , belalang dan serangga penggangu lainnya  . Usahakan jangan memakai pestisida namun jika di rasa serangga tidak mau menghilang gunakan pestisida namun jangan terlalu sering .

Pemanenan Seledri

Pemanenan Seledri


Pemanenan seledri dapat di lakukan dengan cara memotong pangkal dasar batang seledri . Pemanenan dapat di lakukan setelah seledri dirasa sudah memiliki daun yang lebat dan banyak , Selain itu pemanenan seledri dapat di lakukan berulang kali . Biasanya 2 -3 minggu setelah panen seledri sudah siap untuk di panen kembali .

Saat melakukan panen usahakan kalian memperhatikan anakan seledri yang tumbuh di bawah pohon seledri bawah , kalian dapat memanfaatkan anakan tersebut untuk di taman kembali . Ini tentu sangat berharga karena kita dapat menekan pembelian bibit seledri dan otomatis akan menaikan keuntungan ekonomi . 

Nah itulah tadi proses Menanam Seledri yang dapat admin sampaikan kepada anda semua , Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk menanam seledri salah satunya adalah Metode Tanam Hidroponik . semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel