Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Menanam Cabe Hidroponik merupakan salah satu pilihan tepat untuk anda yang ingin bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang luas . Selain itu menanam menggunakan teknik ini dapat membuat membuat tanaman lebih mudah terawat dan menghasilkan buah bagus karena tumbuh kembangnya yang maxsimal . Cabe ini sendiri sangat berpengaruh penting mengingat hampir semua orang membutuhkanya untuk bahan masak - memasak .

Beberapa langkah wajib anda ketahui untuk menanam Cabe Hidroponik salah satunya adalah pemilihan Bibit dan Media yang ingin di pakai untuk Menanam cabe ini .

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik


Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik


Seperti yang sudah Maintanam.com katakan di atas bahwa Pemilihan benih sangat berpengaruh dalam penanaman ini . Ada dua jenis bibit cabe yang dapat anda pilih yaitu Cabe Lokal atau Cabe Hybrida , Cabai lokal termasuk jenis cabe yang mudah di tanam mengingat memang cabe jenis ini dapat tumbuh dengan mudah di Iklim dan tanah indonesia . Sedangkan untuk Cabe Hybrida memiliki potensi hidup yang lumayan sulit namun kelebihan lain Cabe jenis ini adalah buahnya yang lebat dan tentu lebih unggul di banding dengan Cabe Lokal .

Langkah - Langkah yang dapat kamu lakukan untuk Menanam Cabe Hidroponik ini , dapat kamu terapkan setelah menyiapkan beberapa bahan seperti :

  • Botol Bekas
  • Sumbu Kompor
  • Bibit Cabai
  • Karter / Pisau
  • Cocopeat 
  • Arang sekam
Setelah semua alat yang kamu butuhkan sudah siap maka kita akan menuju ke bagaimana cara menanam cabe secara hidroponik ini .

Penyemaian Benih Cabe

Penyemaian Benih Cabe


Sama seperti Tanaman Padi kita harus melakukan Penyemaian . Ada banyak sekali farian cabe yang dapat kamu tanam dari cabe keriting , rawit , Merah dan lain sebaginya . Sebelum menanam kita harus membuat benih ini mejadi tanaman Cabe muda yang carana cukup sederhana :
  1. Kita hanya perlu membuat benih cabe berkecambah terlebih dahulu , dengan cara membungkus benih / Biji Cabe kedalam kain basah . Waktu untuk membuat benih ini berkecambah tidak lama sobat biasanya satu - dua hari benih ini sudah mulai berkecambah .
  2. Setelah berkecambah pidah kecambah cabe ini ke media tanam hidroponik yaitu Arang sekam yang sudah anda siapkan tadi . ( Kalian dapat memindahkan kedalam polybag kecil )
  3. Timbun tapis permukaan tanah yang sudah di taburi oleh kecabah cabe tadi .
  4. Lakukan Penyiraman setiap pagi dan jangan berlebihan saat melakukan penyiraman ( Jangan Sampai Air Menggenang di karenakan bibit dapat busuk )
  5. Hindarkan benih tadi dari paparan sinar matahari langsung .
Pemindahan Benih Cabe Tranplanting

Setelah di rasa Bibit cabe sudah agak besar kalian dapat melakukan pemindahan kedalam media Hidroponik dan di sinilah proses yang sangat penting karena disini adalah wadah terahir untuk Cabe Hidroponik tumbuh besar . Agar kalian lebih jelas dan mudah memahami caranya kalian dapat melihat gambar di bawah ini yang akan menunjukan bagaimana membuat media tanam hidroponik ini .


Keterangan :
  1. Siapkan Botol Bekas
  2. Potong Botol menjadi dua bagian
  3. Buat Lubang seperti pada di gambar
  4. Lubangi Tutup Botol
  5. masukan Sumbu Kopor Seperti di gambar
  6. Isikan air
  7. Isi Potongan atas botol dengan Arang Sekam , Cocopant
  8. Tanam Benih Cabe dibotol bagian atas
Catatan :
  • Bibit Cabe yang baik saat di pindah kemedia tanam ini saat usia bibit mencapai 25 - 30 hari

Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Cabe Hidroponik

Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Cabe Hidroponik


Pemberian nutrisi ini di berikan ke tanaman dikarenakan media tanah yang ada sangat berbeda di alam langsung oleh sebab itu kita akan memanipulasi hal tersebut dengan memberikan beberapa nutrisi agar tumbuh kembang cabe dapat berjalan dengan baik .

  1. 5 ml nutrisi A ditambah dengan 5 ml nutrisi B dan dicampurkan dengan 1 liter air ( Di berikan setalah 1 Minggu setelah Tranplanting .
  2. Berikan juga pupuk Growmore, Babyfolan, POC Nasa ataupun Supergrow untuk menjaga unsur hara pada media tanam .
Panen Cabe Hidroponik

Panen Cabe


Cabai hidroponik umumnya di umur 90 Hari sudah masuk ke fase panen . Hal ini di tandai denagan buah cabai yang sudah berubah warna dari hijau ke warna merah . Panen ini dapat anda lakukan saat Buah cabe tidak terlalu tua karena hal ini dapat membuat cabai awet walau sudah di petik dari Pohon Cabe .

Perawatan Cabe

Perawatan cabe ini cukup sederhana , Kalian hanya perlu menghindari beberapa hama yang dapat menyerang cabe seperti Ulat dan serangga serangga pengganggu lainya , Jika dikira jumblah hama yang menyerang sangat banyak kalian dapat menggunakan pestisida untuk membasmi hama tersebut . Namun ingat penggunaan Pestisida yang berlebihan dapat membuat kualitas cabai menurun drastis .

Itulah tadi sedikit pembahasan yang dapat Maintanam berikan kepada anda semua , jangan lupa untuk shere artikel ini jika ingin berbagi ilmu dengan banyak orang di sekitar anda . Semoga bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel