Teknik Mudah Cara Membuat Bonsai Dalam Pot Untuk Pemula

Bonsai merupakan tanaman hias yang istimewa , kenapa maintanam.com mengatakan bahwa Bonsai merupakan tanaman hias istimewa ? hal ini dikarenakan bonsai merupakan teknik tanam yang membuat tanaman menjadi kerdil atau teknik mengkerdilkan tanaman . Teknik Bonsai bertama kali di temukan di negara cina pada dinasti Tsin dan Tang kala itu teknik mengkerdilkan tanaman ini hanya di terapkan pada beberapa jenis janaman saja . Namun seiring berjalanya waktu Tanaman Yang Dapat di Bonsai ini semakin bertambah jumblahnya . Sebelum kamu mengetahui tanaman apa saja yang dapat di bonsai maka di sini Main Tanam akan memberikan Cara Membuat Bonsai Untuk Pemula yang dapat kamu pelajari di bawah sini .


Cara Membuat Bonsai Untuk Pemula



Cara Membuat Bonsai Untuk Pemula


Agar kita semua mudah untuk memahami Teknik Membonsai ini , maintanam.com akan memberkan contoh satu jenis tanaman yang dapat di bonsai yaitu Beringin . Pohon beringin merupakan salah satu tanaman yang memiliki bentuk yang indah dan artistik , selain itu potensi hidup dari beringin ini sangat tinggi sehingga Tanaman Beringin sangat cocok untuk di Bonsai .

Sebelum melakukan Proses Membonsai ada beberapa peralatan yang dapat kamu siapkan terlebih dahulu yaitu :

  • Pot
  • Kawat
  • Tang
  • Bonggol Beringin
  • Tanah
  • Kerikil

Setelah semua alat di atas terkumpul anda dapat melakukan exsekusi , langkah selanjutnya dapat kalian baca di bawah sini .


Penanaman Bonggol Beringi Yang Ingin di Bonsai


Pot yang kamu siapkan tadi harus menyesuaikan dengan Bonggol beringin yang ingin kamu tanam , oleh karena itu admin sarankan untuk anda mencari Bonggol Tanaman yang ingin kamu bonsai terlebih dahulu sebelum membeli Pot wadah membonsai .

Setelah kamu menemukan pot yang sesuai dengan bonggol beringin yang kau tanam , masukan terlebih dahulu media Kerikil kedalam pot . Selanjutnya isi menggunakan tanah liat sedikit saja untuk menutup kerikil di dasar pot . Kemudian masukan bonggol beringin yang ingin kamu tanam untuk di bonsai . Lanjutkan dengan mengisi kembali pot dengan tanah yang subur dan juga sedikit kompos hingga pot penuh .

Baca Juga :



Proses lenjutnya yaitu melakukan pembenukan Tanaman Bonsai , namun sebelum melakukan pebentukan tanaman ini , kalian harus menungu bonggol tadi tumbuh sedikit agak besar supaya memastikan Bonggol beringin hidup dan tubuh dalam pot . Hal ini membutuhkan waktu yang tumayan lama jadi selama proses memastikan bonggol yang kamu tanam hidup kalian dapat menanam beberapa bonggol lagi di dalam pot lain guna berjaga - jaga jika bonggol yang kamu tanam mati .


Pembentukan Tanaman Bonsai

Pembentukan Tanaman Bonsai


Di sini merupakan tahapan inti yang akan menentukan keindahan dan tingginya nilai tanaman bonsai yang kamu tanam . Tidak ada aturan yang berarti untuk membentuk tanaman bonsai ini , kreatifitas dari anda sendiri yang menentukan mau seperti apa bentuk Tanaman Bonsai ini nantinya . Kalian dapat melakukan pembentukan ini dengan menggunakan kawat yang kamu siapkan tadi .

Cara kerjanya adalah dengan melilitkan kawat ke tanaman yang mulai tumbuh . Gunakan kawat yang memiliki tekstur yang keras dan susah untuk di bentuk sehingga nanti tetap mampu untuk menahan tumbuh kembang dari tanaman yang hendak di bonsai . Sebagai sasukan Maintanam.com menyarankan anda untuk menggunakan Kawat Stainless Steel ( Ada juga dapat menggunakan kawat jenis lain ) dan gunakan juga tang agar mudah untuk peroses pembentukan .


Perawatan Tanaman Bonsai


Sama seperti pemeliharaan tanaman pada umunya , Tanaman Bonsai harus di berikan beberapa asupan makanan yang cukup . Makanan untuk tanaman bonsai adalah Popuk , Air dan juga pewatan kecantikan ( Pemangkasan ) .

  • Pemupukan untuk Tanaman Bonsai dapat di lakukan dengan mencampurkan Pupuk Organik kedalam Air . Siramkan air atau kalian dapat menyemprotkanya ke tanaman Bonsai yang anda tanam , pemupukan tidak lah di lakukan setap hari jadi usahakan saat melakukan pemupukan , lakukanlah secara merata .
  • Penyiraman Tanaman Bonsai wajip di lakukan setiap hari tanpa terkecuali . Hal ini memberikan efek kesegaran terhdap tanaman bonsai , hal ini jugalah yang membuat Bonsai tampil lebih indah dan terawat .
  • Pemangkasan dapat anda lakukan supaya tanamn ini tidaklah tumbuh tinggi ke atas . Selain itu pemangkasan jugalah yang mempengaruhi bentuk tanaman bonsai ini nantinya .
  • Penyiangan merupakan kegiatan membersihkan gulma peggangu yang mampu membuat tananam kekurangan gizi . Hal ini di karenakan Taanaman Bonsai harus berbagi makananya dengan tanaman lain yang tumbuh liar dalam pot . Guna mengurangi tingkat tumbuhnya parasit penggangu kalian dapat melakukan penanaman Lumut pada bagian permukaan tanah pada pot . Tumbuhnya lumut di bagian bawah tanaman bonsai juga membuat penampilan bonsai ini menjadi lebih cantik .

Pelepasan Kawat Pada Bonsai


Pelepasan Kawat Pada Bonsai


Kalian dapat melakukan pelepasan kawat pada Tanaman Bonsai setelah kawat ini sudah mulai tenggelam di batang pohon bonsai . Bentuk yang timbul dari kawat yang kamu lilitkan ke batang pohon bonsai ini akan memberikan corak khusus terhadap tanaman bonsai milikmu . Hal ini di karenakan tidak mungkin akan ada corak yang sama dari setiap Pohon Bonsai .

Sedikit tips untuk anda yang ingin Memeliharan Tanaman Bonsai , hindarkan tanaman ini dari sinar matahari langsung . Tanaman bonsai baik adan letakan pada bagain rumah yang memiliki kelembaban yang tinggi seperti di dekat akuarium , kolam dan lain sebagainya .

Baca Juga Jenis - Jenis Bunga Mawar

Itulah tadi Cara Membuat Tanaman Bonsai , cukup mudah bukan untuk di terapkan . Bahkan untuk pemula mungkin cara ini cukup mudah untuk di ikuti . Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua , terimakasih sudah mapir di Maintanam.com dan samipai jumpa di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel