Budidaya Buah Naga dan Cara Perawatan Supaya Cepat Berbuah

Budidaya Buah Naga dan Cara Perawatan Supaya Cepat Berbuah - Buah naga merupakan tanaman buah yang pupuler di jadikan salah satu bahan dalam minuman segar . Asal Buah Naga adalah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan , namun kini pembudidayaan buah satu ini sangat ramai di banyak negara , termasuk Indonesia .

Para petani kini mulai melirik Buah Naga dikarenakan nilai ekonominya yang cukup tinggi . Hal ini tentu memicu para petani untuk mencoba hal baru dengan mulai Membudidayakan Tanaman Buah Naga . Tahukah kamu bahwa buah naga ini merupakan tanaman yang masih berkeluarga dekat dengan kaktus atau bisa dikatakan bahwa Tanaman Buah Naga merupakan jenis Kaktus yang memiliki nilai jual yang tinggi .


Budidaya Buah Naga Supaya Cepat Berbuah



Budidaya Buah Naga Supaya Cepat Berbuah


Berapa Lama Buah Naga Berbuah ?? jawabanya cukup mudah tergantung dari pemilihan bibit buah naga itu sendiri . Bibit buah naga yang baik adalah bibit batang yang sudah tua dan memiliki ukuran yang besar . Jika pembaca ingin menanam buah naga , hindari memilih batang buah naga yang muda karena perlu proses yang lama hingga munculnya tunas baru . Hal ini tentu akan membuat Tanaman Buah Naga memerlukan waktu yang lebih lama untuk berbuah .

Agar pembaca tahu mengenai Bibit Buah Naga lebih detail , pembaca dapat bergeser kabawah sini .


Bibit Buah Naga



Ada banyak sekali jenis Buah Naga yang dapat pembaca tanam , beberapa varian bibit ini diantaranya :

  • Bibit Buah Naga Merah
  • Bibit Buah Naga Kuning
  • Bibit Buah Naga Hitam
Pembibitan dapat di lakukan dengan 2 cara , yang pertama melalui biji dan yang kedua melalui batang tanaman buah naga itu sendiri . Agar buah naga tumbuh dan menghasilkan buah dengan cepat , Maintanam.com menyarankan pembaca untuk memilih Bibit dari Batang Pohon Buah Naga . Hal ini dikarenakan lebih sederhana dan simpel karena lewat bibit biji buah naga proses pertumbuhan batang pohon akan sangat lama .

Tempat Menanam Buah Naga

Tempat Menanam Buah Naga


Karena buah naga merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara merambat maka di perlukan tiang - tiang yang berfungsi sebagai tiang rambatan . Setelah anda menyiapkan batang buah naga anda tentu memerlukan tiang yang berfungsi sebagai rambatan pohon buah naga ini , maka anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti :
  • Semen
  • Pasir
  • Besi Cor
  • Cetakan Cor
  • Cangkul
  • Ban Motor Bekas
  • Dll

Langkah - Langkah Pembuatan Tiang Rambatan

  • Campur Pasir dan Semen menggunakan cangkul hingga merata ( Adonan dapat anda kira - kira sendiri )
  • Mal besi cor hingga membentuk seperti tiang
  • Masukan besi kedalam cetakan cor
  • Timbun  besi yang sudah di mal hingga membentuk seperti tiang
  • Jangan lupa untuk menyisakan sekitar 10 cm besi di bagian atas cor .
  • Tunggu Hingga Kering dan siap di tanam di tanah

Penanaman Buah Naga


Setelah tiang - tiang tempat perambatan buah naga berdiri , langkah selanjutnya adalah membuat gulutan di bawah tiang tempat rambatan buah naga . Setelah semua tanah di bawah tiang menjadi gembut dengan di buatnya gulutan , pembaca dapat menancapkan bibit batang buah naga di bawah tiang . Setiap tiang idealnya di tanami oleh 2 - 3 Batang Bibit Buah Naga .

Pemupukan Buah Naga


Pemupukan buah naga di berikan menyesuaikan umur dan kondisi buah naga . Di awa penanaman Tanaman Buah Naga memerlukan banyak sekali Nitrogen dan saat buah naga memproduksi buah , Tanaman ini memerlukan Kalsium dan Fosfor .

Main tanam menyarankan untuk pembaca menggunakan Pupuk Jenis Kompos atau Pupuk Kandang , Perhatikan juga terhadap hama , jangan sampai batang pohon buah naga terserang serangga pengganggu yang mampu merusak batang buah . Tambahan pupuk NPK dan ZK dengan dosis 50 dan 20 gram per tiang tanaman buah naga.

Hindari juga penggunaan pupuk urea , hal ini dikarenakan pupuk urea mempu membuat batang menjadi busuk dan akhirnya membuat tanaman mati .

Perawatan Buah Naga


Perawatan Buah Naga


Buah naga memerlukan perawatan yang sangat mudah , selain di lakukan penyiraman tanaman dan juga pemupukan . Tanaman buah naga juga membutuhkan perawatan seperti Pemangkasan . Pemangkasan ini berfungsi untuk membuat batang buah naga menjadi bercabang . Pembaca dapat memotong bagian dari batang buah naga yang sudah tidak produktif .

Bagaimana pembaca mengetahui batang yang sudah tidak produktif  ..? batang yang sudha tidak produktif adalah batang yang sudah mengalami buah sebanyak 3 - 4 Kali . Batang yang sudha berbuah sebanyak 3 - 4 kali ini perlu di lakukan peremajaan dengan cara di pangkas , hal ini bertujuan untuk membuat tunas muda baru yang lebih produktif .

Baca Juga :

Mungkin dengan menerapkan tips yang di berikan Maintanam.com di atas mampu membuat Tanaman Buah Naga menjadi lebih produktif dan cepat berbuah . Sangat sederhana bukan , jika dirasa artikel ini bermanfaat untuk anda semua jangan lupa untuk shere kepada orang terdekat anda supaya banyak ilmu yang dapat Maintanam.com bagikan kepada banyak orang . Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan sampai jumpa di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel