Cara Budidaya Cabe Rawit Dari Biji Dalam Polybag

Cara Budidaya Cabe Rawit Dari Biji Dalam Polybag - Cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada di setiap masakan . Bayangkan saja seperti apa rasa makanan jika tidak menggunakan cabe sebagai bumbu penambah rasa di dalam masakan tersebut , pasti sangat aneh bukan . Jenis cabe ini sendiri juga sangat beragam , ada cabe merah , cabe kriting , cabe rawit dan banyak lagi jenis cabe - cabean lainya .

Cara Budidaya Cabe juga sangat beragam , di era yang sudah sangat modern ini teknik - teknik penanaman sudah sangat maju dengan adanya metode penanaman seperti Menanam Cabe Secara Organik ( tanpa menggunakan bahan kimia ) , Cabe Hidronik ( memanfaatkan lahan yang minim ) dan masih banyak lagi metode - metode terbaru lainya .

Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag


Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag


Menanam Cabe Rawit merupakan sesuatu yang susah - susah gampang . Hal ini di karenakan cabe sangat mudah sekali hidup namun hal yang agak sulit ada di cara perawatan cabe rawit itu sendiri . Cabe Rawit yang salah kaprah dalam perawatanya dapat megakibatkan kritingnya daun - daun dari tanaman cabe ini sendiri . Efek terburuk yang di timbulkan dari kritingnya daun cabe ini adalah berhentinya produksi buah cabe yang tentunya sangat merugikan penanam atau petani .

Oleh karena itu di pertemuan ini Maintanam.com akan menyajikan kepada pembaca sekalian tentang Analisa Budidaya Cabe Rawit Dari Biji ( Dari Awal ) . Langkah pertama yang perlu ada siapkan sebelum memulai menanam cabe ini adalah menyiapkan alat dan juga bahan untuk menanam cabe . Alat dan bahan ini diantaranya adalah :

  • Bibit Cabe Rawit
  • Polybag
  • Pot
  • Cangkul
  • Kompos / Pupuk Kandang
Setelah beberapa kebutuhan di atas terpenuhi , pembaca dapat langsung melakukan langkah awal Menanam Cabe Rawit ini . Langkah pertama yang perlu pembaca lakukan adalah :


Menyemai Bibit Cabe Rawit


Menyemai Bibit Cabe Rawit


Sebelum melakukan penyemaian terhadap Benih Cabe , pastikan terlebih dahulu bahwa bibit tersebut merupakan Benih Cabe Rawit Terbaik . Benih Cabe Rawit Unggul dapat kamu beli di toko pertanian terdekat .

Setelah di rasa bibit sudah benar , langkah selanjutnya adalah mengolah lahan tempat menyemai bibit . Caranya dengan mencampurkan Pupuk kandang dengan tanah , perbandingan percampuran ini adalah 1 : 3 . Setelah kedua metrial tempat menyemai cabe ini sudah tercampur rata , masukan kedalam pot tempat penyemaian .

Taburkan benih di dalam pot yang sudah terisi dengan matrial tadi secara merata . Jika sudah merata timbun secara tapis dan jangan terlalu dalam saat menimbun benih ini , cukup asal tertutup dengan tanah saja . Lakukan penyiraman satu kali dalam sehari di setiap sorenya , supaya benih dapat segera memunculkan tunas yang bakal menjadi bibit cabe muda .

Menyiapkan Lahan Menanam Cabe


Menyiapkan Lahan Menanam Cabe


Karena kita akan melakukan penanaman di dalam polybag , maka sambil menunggu bibit yang di semai tadi tumbuh dan siap di transplanting ( di lakukan pemindahan ) , alangkah baiknya jika pembaca siapkan lahan yang ingin pembaca tanami cabe .

Caranya hampir sama dengan saat kita membuat matrial pengisi media semai tadi , namun perbandingan dan komposisinya yag agak sedikit berbeda . Tanah yang baik saat ingin di tanami oleh Cabe Rawit adalah tanah yang sudah di oleh . Sebelum memasukan tanah kedalam polybag ada baiknya jika tanah tersebut di taburi dengan dolomite dan diamkan terlebih dahulu selama 1 minggu lamanya . Setelah satu minggu campurkan tanah , sekam dengan pupuk kandang supaya tanah menjadi subur . perbandingan dari ketiga matrial ini adalah 1 : 1 : 1 , setelah tercampur merata masukan matrial tersebut kedalam polybag yang sudah kamu siapkan tadi .

Baca Juga :



Proses Menanam Cabe Rawit


Proses Menanam Cabe Rawit


Buatlah lubang pada matrial tanah pengisi polybag sedalam 3 - 4 Cm . Masukan bibit cabe rawit kedalam lubang tersebut dan timbun kembali menggunakan tanah . Dalam setaip polybag hanya dapat di tanami oleh satu bibit cabe . Jika semua polybag sudah terisi maka langkah selanjutnya adalah mengatur jarak dari setiap tanaman cabe . Jarak antara tanaman cabe rawit satu dengan lainya idiealnya adalah 50 - 60 Cm .

Perawatan Cabe Rawit


Perawatan dari cabe rawit ini cukup mudah dan sederhana . Penyiraman dan penyulaman dan juga penyiaman wajib di lakukan supaya tanaman tetap terjaga dari hama dan juga gulma pengganggu . Pemupukan juga di perlukan minimal 1 kali dalam sebulan supaya hasil buah cabe lebih maxsimal .

Panen Cabe Rawit


Panen Cabe Rawit


Dua sampai dengan tiga bulan setelah di lakukan penanaman biasanya Cabe Rawit sudah mampu menghasikan buah . Saat buah cabe sudah mulai tua maka tibalah masa panen dari cabe rawit itu sendiri . Panen Cabe Rawit dapat di lakukan 1 kali dalam 2 - 3 hari terus menerus selama buah cabe masih berproduksi . Gunakan gunting panen saat melakukan pemetikan buah cabe untuk menghindari kerusakan tangkai cabe rawit . 

Itulah tadi Analisa Budidaya Cabe Rawit yang dapat maintanam.com bagikan kepada pembaca . Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang , seperti biasa jika artikel ini di rasa bermanfaat jangan lupa untuk shere kepada orang terdekat anda supaya ilmu yang ada dapat menular kebanyak orang di sekitar anda . Terimakasih dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel