Cara Budidaya Kangkung Darat Hasil Memuaskan dan Untung Banyak

Cara Budidaya Kangkung Darat Hasil Memuaskan dan Untung Banyak - Seperti yang sudah kita bahas kemarin bawahwa Tanaman Kangkung adalah tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang lumayan . Hal ini di karenakan larisnya sayuran ini di pasar , sualayan dan toko sayur - mayur lainya . Hampir semua kalangan , dari ekonomi menengah ke atas dan menengah kebawah hampir semua nya pernah mengkonsumsi sayur kangkung . Jadi bisa di katakan kangkung merupakan sayur yang laku keras di pasaran .

Walaupun harga kangkung tak semahal Cabe Rawit , Bawang Merah ataupun Bawang Putih tapi tanaman ini juga mampu bersaing di pasaran . Hal ini terbukti dengan selalu tersedianya stok sayur kangkung dimana saja . Dari pedagang kaki lima hingga ruko - ruko besar tepat berdagang sayur - mayur .

Tanaman Kangkung di bagi menjadi Dua Jenis , yang pertama kangkung air dan yang kedua kangkung darat . Dari kedua jenis kangkung , kangkung daratlah yang selalu menjadi incaran pembeli di pasar . Bukan tanpa alasan , Kangkung darat memiliki ukuran yang ideal dan tekstur yang lebih lunak atau lembut dari pada kangkung air . Pembaca tentu sudah paham akan hal itu bukan ? , tapi apakan pembaca tahu bagaimana Cara Menanam Kangkung ini . Jika pembaca ingin tahu caranya silahkan pembaca bergeser kebawah .

Cara Budidaya Kangkung Darat


Cara Budidaya Kangkung Darat


Untuk menanam Kangkung Darat pembaca memerlukan beberapa tahapan yang harus di lewati . Tahapan - tahapan ini akan mengajarkan pembaca tentang Menanam Kangkung Darat ini . Dimulai dari Pengolahan Lahan , Penanaman , Perawatan / Pemupukan hingga menuju masa panen kangkung .

Pengolahan Lahan Tanam Kangkung


Pengolahan Lahan Tanam Kangkung


  • Bajak lahan yang ingin pembaca tanami kangkung dengan Lebar 1 Meter , dan untuk panjang kahan tergantung selara dari pembaca .
  • Lakukan Hal yang sama namun dengan mememberi jarak sekitar 30 - 50 Cm yang bertujuan untuk siring / Drainase .
  • Setelah semua lahan di lakukan pembajakan dan terbentuk menjadi gulutan - gulutan selebar 1 M , maka lakukanlah penyuburan lahan dengan memberikan pupuk kandang .
  • Tunggu hingga pupuk kandang terurai . Proses ini biasanya memakan waktu 2 - 3 hari setelah pemberian pupuk .

Penanaman Kangkun Kadarat


Penanaman Kangkun Kadarat


Penanaman kangkung darat di bagi menjadi dua cara , yaitu dengan cara di tabur langsung Benih Unggulan Kangkung , atau dengan cara menyemai terlebih dahulu Benih tersebut . Dari dua cara ini ada kelebihan dan kekuranganya masing - masing .

Ketika pembaca memilih dengan cara menabur langsung benih pada lahan maka akan menyingkat proses karena tidak perlu menyemai benih di tempat semai , namun kelemahan dari metode ini adalah penanam tidak dapat mengatur secara rapi jarak antar satu benih dengan benih lainya . Untuk pembaca yang ingin mengunakan metode ini silahkan ikuti petunjuk di bawah sini :
  • Beli benih kangkung di toko pertanian terdekat
  • Taburkan benih langsung ke lahan tanam kangkung
  • Dalam setiap 1 hektar lahan tanam biasanya membutuhkan 5 - 10 Kg Benih
  • Usahakan benih di tabur secara merata untuk menekan penumpukan benih yang mengakibatkan pemborosan benih

Sedangankan dengan merode yang kedua , yaitu dengan menyemai terlebih dahulu Benih Kangkung Darat maka penanam akan lebih mudah dalam menatur jarak antar tanaman kangkung . Namun dalam metode ini , penanam kangkung memerlukan waktu dan pekerjaan yang lebih karena harus menyemai serta memindahkan bibit yang di semai kedalam lahan tanam . Dalam proses pengerjaannya pembaca dapat mengikuti petunjuk di bawah sini .

  • Semai Benih Kangkung di dalam pot atau wadah lainya. Hingga benih sudah berubah menjadi bibit kangkung muda .
  • Buatlah lubang sedalam 3 - 5 Cm dengan jarak 5 x 10 Cm
  • Masukan 1 -2 Bibit Kangkung dalam setiap lubang .
  • Timbun kembali menggunakan tanah
  • Lakukan hal yang sama dalam setiap lubang yang pembaca buat tadi .

Perawatan Tanaman Kangkung Darat

  • Lakukan penyiraman tanaman kangkung di pagi dan sore hari
  • Karena di awal pembuatan lahan sudah terdapat pupuk kandang makan pemberian pupuk selanjutnya adalah 20 Hari setelah proses penanaman .
  • Saat masuk di musim penghujan tanaman kangkung darat sangat sensitif terhadap genangan air maka pehatikan Siring yang di buat tadi , jangan sampai terdapat genangan air yang lebih karena dapat memicu pembusukan akar .

Panen Kangkung Darat


Panen Kangkung Darat


Masa panen kangkug darat dapat di lakukan setelah usia tanaman mencapai 35 - 40 Hari . Cara panen dapat di kalukan dengan 2 cara , yaitu dengan memotong atau mencabut tanaman kangkung . Cara yang paling sering di lakukan adalah dengan cara mencabut tanaman kangkung . Bukan tanpa alasan , dengan mencabut akar kangkung maka nilai jual kangkung akan sedikit lebih tinggi dan kangkung yang sudah di panen akan lebih terjaga kesegaranya karena akar kangkung masih bisa di rendam di dalam air .

Itulah tadi proses Budidaya Tanaman Kangkung Darat , semoga yang sedikit ini dapat membantu pembaca belajar bagimana menanam sayuran yang menjadi santapan semua kalangan ini . Jangan lupa untuk membagi ilmu ini  kepada orang sekitar anda karena ilmu yang bermanfaat akan memberikan amal yang baik untuk semua orang . Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di pembahasan Maintanam.com lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel