Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang Yang Memiliki Harga Mahal

Bonsai merupakan tanaman hias yang pertama di perkenalkan di cina , Tanaman Hias Bonsai ini sebernarnya merupakan tanaman yang di cacatkan , kenapa demikian ? karena tanaman bonsai adalah tanaman yang tidak tumbuh normal dalam perkembanganya . Tanaman Bonsai selalu memiliki ukuran yang kerdil , namun di sinilah daya tarik tanaman bonsai ini . Kita sebelumnya sudah membahas Bagaimana Cara Dasar Membuat Bonsai yang baik dan benar kan sobat , namun ada beberapa jenis tanaman di perlukan perlakukan khusus supaya Bonsai memiliki nilai seni maupun nilai jual yang tinggi .

Kelapa merupakan tumbuhan yang dapat di jadikan salah satu tanaman hias dengan cara di bonsai . Tehnik Menanam Bonsai Kelapa ini juga sangat beragam tergantung dengan selera masing masing . tahukan kamu bahwa Bonsai Kelapa yang baik merupakan Bonsai Kelapa Bercabang dan Berbuah namun untuk membuatnya bukan perkara yang mudah sobat .

Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang


Bonsai Kelapa


Sebelum kalian melakukan tehnik bonsai kelapa , kalian harus memilih terlebih dahulu jenis kelapa apa yang anda ingin jadikan tanaman bonsai . Sebagai referensi Maintanam.com akan memberikan list Pohon Kelapa yang dapat di kerdilkan ( Bonsai ) .

Kelapa yang dapat di Bonsai :
  • Pohon Kelapa Gading Merah
  • Pohon Kelapa Albino
  • Pohon Kelapa Gading Susu

Dari ketiga list jenis kelapa ini kalian dapat memilih jenis kelapa mana yang ingin kalian tanam dan jadikan tanaman hias .

Sebelum kalian memilih jenis kelapa apa yang ingin anda tanam , kami akan memberikan keterangan tentang kekurangan dan kelebihan bibit yang ada di dalam list kelapa yang dapat di bonsai di atas .

Pohon Kelapa Gading Merah , jika anda memilih bibit dari pohon kelapa jenis ini , anda akan mendapati warna yang menarik . Namun dalam perawatanya anda akan sangat di repotkan karena warna merah dari pohon kelapa jenis ini memerlukan perlakuan khusus seperti penambahan zat dalam pupuk Bonsai Kelapa .

Pohon Kelapa Albino kalian dapat memilih Bibit Kelapa Bonsai ini sebagai salah satu rujukan . Hal ini karena perawatan yang mudah dan juga bentuknya yang menarik .

Pohon Kelapa Gading Susu jika kalian memilih bibit dari jenis pohon kelapa ini , ada hal yang perlu anda ketahui yaitu warna Bonsai Kelapa Gading Susu ini nantinya akan memiliki warna putih seperti halnya warna susu .

Bibit Kelapa Bonsai Yang Baik


Bibit Kelapa Bonsai Yang Baik


Setelah kalian menentukan ingin melakukan bonsai dengan menggunakan beberapa farian Kelapa di atas . anda wajib tahu seperti apa bibit yang baik untuk di tanam dan di bonsai . Perhatikan dalam memilih bibit ini , karena bibit yang baik akan mentukan seperti apa nanti pohon kelapa bonsai ini kedepanya .

Bibit kelapa yang baik merupakan buah kelapa yang Sudah Tua . Alasanya sangat mudah untuk kalian pahami , buah kelapa yang tua akan lebih cepat dalam pertumbuhan tunas pohon kelapa .

Pastikan memetik sendiri buah kelapa yang akan di jadikan Bibit Kelapa Bonsai . Jangan menggunakan kelapa yang jatuh ketanah . Kenapa demikian ?? karena kelapa yang sudah jatuh di tanah biasanya akan mengalami benturan yang keras . Hal ini biasanya merusak bagian tempurung kelapa . Meskipun tidak rusak tempurung / Batok kelapa , pertumbuhan kelapa yang sudah jatuh biasanya mengalami banyak ke-cacatan .

Jadi alangkah baiknya kita tidak mengambil resiko dalam memilih Bibit Bonsai Kelapa ini , Gunakan bibit yang baik yaitu bibit yang tidak mengalami kecacatan dalam pengambilanya .

Penyemaian Bibit Pohon Kelapa


Penyemaian Bibit Pohon Kelapa


Lakukan penyemaian terhadap buah kelapa dengan cara meletakan Buah Kelapa di tanah yang memiliki kandungan air yang cukup . Tunggu proses ini selama 1 sampai dengan 2 Minggu hingga tunah muncul dari sabut kelapa .

Saat meletakan Buah Kelapa ini pastikan posisinya dalam posisi Horizontal supaya bentuk bonsai akan seperti rumah siput .

Jika buah kelapa sudah bertunas langkah selanjutnya yang perlu kamu ambil adalah melakukan pembersihan sabut kelapa , Lakukan dengan menggunakan alat seperti golok dll , namun dalam melakukanya kamu harus berhati - hati ya guys .

Penyiapan Lahan Tanam Bonsai


Setelah kalian membersikan selabut kelapa , langkah selanjutnya ialah menyiapkan tempat untuk pohon kelapa tumbuh . Siapkan Pot dan ini menggunakan Tanah , Air , Pupuk kandang . Perbandinganya adalah 2 : 1 : 1 .

Penanaman Bibit Kelapa Bonsai


Penanaman Bibit Kelapa Bonsai


Kubur sebagian dari Bibit Kelapa yang kamu semai tadi , dan jangan lupa untuk menyiapkan botol bekas air mineral . Bekas botol ini berfungsi sebagai tutup tunas pohon kelapa , hal ini di lakukan supaya pertumbuhan tunas lebih cepat .

Proses Pembonsaian Kelapa


Proses Pembonsaian Kelapa


Di sinilah merupakan inti dari proses pembonsaian , caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan penyayatan terhadap tunas kelapa . Tunas yang sudah pantas di lakukan penyayatan adalah tunas yang memiliki ukuran 20 Cm . Penyayatan di lakukan pada bagian dasar tunas , ingat jangan sampai menyenai bagian tunas yang masih muda karena dapat membuat pembusukan dan akhirnya bibit menjadi mati . Penyayatan dapat anda lakukan setiap hari guna menekan pertumbuhan kelapa .

Perawatan Bonsai supaya Bercabang dan Berbuah


Perawatan Bonsai supaya Bercabang dan Berbuah


Cara merawat Bonsai Kelapa cukup sederhanya , Lakukan saja penyiraman terhadapat bonsai setiap hari di pagi dan sore . Di jamin bonsai akan terus hidup dan semakin cantik bentuknya , selain itu Bonsai Kelapa juga membutuhkan asupan gizi . Caranya dengan memberikan pupuk 2 kali dalam 1 bulan .

Mudah bukan dalam Membuat Bonsai Kelapa , lakukan cara yang sudah Maintanam.com berikan di atas . Jika anda rasa artikel ini membantu anda dapat lakukan shere artikel ini supaya banya orang akan memiliki wawasan yang luas tentang Tanaman Hias . Terimakasi sudah berkunjung ke sini dan sampai bertemu di pembahasan selanjutnya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel