Cara Mudah Menanam Bawang Merah Dengan Hasil Memuaskan

Cara Mudah Menanam Bawang Merah Dengan Hasil Memuaskan -  Bawang merang merukan salah satu bumbu dapur yang selalu di gunakan leh para ibu - ibu di dapur . peran serta tanaman ini sangatlah penting dalam kehidupan sehari hari . Bawang Merah merupakan tanaman yang tergolong kedalam keluarga Umbi - Umbian , hal ini di karenakan akar bawang merupakan tempat tanaman ini menyimpan sarinya atau bisa dikatakan buah dari bawang ini ada pada akarnya .

Tanaman Bawang Merah merupakan tanaman yang berasal dari daerah iran yang memiliki nama latin Allium cepa var ascalonicum (L) back . Banyak sekali manfaat dari tanaman Bawang Merah Kecil ini , di langsing dari sumber terpercaya bahwa Bawang Merah memiliki manfaat diantaranya adalah :

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Mengobati penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus
  3. Menurunkan kadar gula dalam darah
  4. Mengobati maag
  5. Dll
Di indonesia taman sering kali mengalami kenaikan harga , dengan kata lain Bawang Merah kerap kali memiliki harga yang mahal . Oleh karena itu ada baiknya jika pembaca mengetahui bagaimana Cara Menanam Bawang Merah supaya dapat menanam sendiri di rumah dan mengurangi dana yang perlu di keluarkan setiap harinya .

Cara Mudah Menanam Bawang Merah

Cara Mudah Menanam Bawang Merah


Bawang merah dapat di tanam menggunakan banyak sekali metode , dari Hidroponik , Di lahan terbuka , atau di dalam Polybag / Pot . Sebagai contoh sederhana di sini Pembaca akan di suguhkan dengan Cara Menanam Bawang Merah di dalam Polybag .

Pemilihan Tempat Menanam


Langkah pertama yang perlu pembaca siapkan sebelum Menanam Bawang Merah adalah menyiapak wadah seperti Pot / Polybag . Jika memilih menanam bawang merah menggunakan media pot , maka pastikan pot yang anda pilih memiliki lubang pada bagian bawah pot . Hal ini bertujuan supaya pot dapat membuang air yang berlebihan di dalam tanah dan mencegah terjadinya pembusukan .

Media Pengisi Pot / Polybag


Beberapa bahan yang perlu anda padu padankan supaya media tempat menanam dalam pot/polybag tetap baik sampai masa panen tiba . Beberapa bahan ini adalah :
  • Tanah
  • Kompos
  • Arang Sekam
Perbandingan dari campuran bahan pengisi pot / polybag ini adalah 2 : 1 : 1 . Campurkan dahulu bahan bahan ini sebelum di masukan kedalam pot / polybag .

Pemilihan Bibit Bawang Merah

Pemilihan Bibit Bawang Merah


Untuk memilih Bibit Bawang Merah Unggulan di perlukan kecermatan pembaca untuk memilihnya . Pembaca dapat membeli bibit bawang ini di toko pertanian terdekat atau juga dapat menggunakan bawang sisa daput .

Bibit Bawang Merah ada dua jenis yang pertama Bibit Bawang Merah Kecil dan yang kedua Bibit Bawang Merah Besar . Pembaca dapat memilih sesuai selera mana kah yang ingin pembaca tanam , Namun dalam pemilihan ini pastikan pembaca memilih bibit terbaik . Bibit Bawang Merah yang baik memiliki beberapa kriteria sebagai berikut :
  • Tua ( Bawang Merah yang tua memiliki warna yang lebih tua dari bawang merah muda )
  • Bawang Merah yang tunasnya sudah muncul
  • Tunggal ( Tidak memiliki anakan )
  • Tidak dalam kondisi busuk
  • Penampilan bawang tidak keriput
Itulah beberapa kriteria Bibit Bawang Merah yang bagus untuk di tanam .

Penanaman Bawang Merah


Penanaman Bawang Merah


Penanaman bawang merah dapat di lakukan secara bergerombol maksudnya dalam satu wadah pot / Polybag dapat di tanami dengan 5 - 6 bibit bawang merah . Hal ini tergantung dengan besarnya pot / polybag yang pembaca gunakan .

Cara penanaman bawang ini cukup mudah , pembaca hanya perlu mengubur bawang merah dan menyisakan tunasnya di permukaan . Hindari menanam dengan mengubur semua bagian dari bawang karena kurang baik dalam perkembangannya .

Perawatan Bawang Meah


Perawatan bawang merah ini cukup mudah di kerjakan , langkah paling mudah di kerjakan oleh pembaca adalah menyirami bawang merah minimal 1 kali dalam sehari . Pembaca juga dapat menggunakan Alat Penyiram Bawang Merah supaya hasil penyiraman lebih merata dan tidak berlebihan .

Langkah kedua adalah membersikan rumput - rumput pengganggu yang dapat mengurangi asupan makanan Tanaman Bawang Merah di dalam tanah .

Pemberian Pupuk , pemberian pupuk tanaman bawang merah di bagi menjadi 2 jenis .
  • Pupuk Daun
  • Pupuk Buah
Pupuk daun tentu saja untuk membuat daun menjadi lebih lebat . Daun yang lebat akan mempermudah tanaman untuk proses fotosintesisnya . Sedangkan pupuk buah berfungsi untuk produktifitas tanaman supaya buah yang di hasilkan lebih banyak dan juga berisi .

Panen Bawang Merah

Panen Bawang Merah


Bawang merah memiliki masa panen saat bawang merah berusia 70 hari atau sekitar 2 Bulan setelah hari penanaman . Namun waktu ini bukanla satuan baku untuk panen dari bawang merah ini , bawang merah yang sudah siap di panen biasanya menunjukan ciri merunduknya daun bawang . sama seperti Menanam Padi , saat bawang merah ini sudah siap di panen maka daun dari bawang merah mulai menunjukan ciri tersebut .

Sedikit tips jika anda ingin bawang merah lebih awat setelah di panen , lankah mudah yang perlu anda lakukan adalah menjemur bawang merah . Hal ini bertujuan supaya kandungan air dalam bawang merah menjadi lebih menyusut dan mengurangi resiko pembusukan .

Itulah langkah - langkah Cara Menanam Bawang Merah , semoga yang sedikit ini dapat membantu anda dalam belajar bagaimana membudidayakan bawang merah ini secara mandiri di rumah . Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika di rasa bermanfaat untuk banyak orang dan sampai jumpa di pertemuan selanjutnya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel