Cara Mudah Menanam Kangkung di Lahan Terbatas

Cara Mudah Menanam Kangkung di Lahan Terbatas - Budidaya Kangkung merupakan suatu hal yang mungkin jarang di temukan pada lingungan perdesaan . Hal ini dikarenakan kangkung dapat hidup dengan mudahnya di area persawahan dan bantaran kali desa yang masih asri . Namun bagaiman jika pembaca hidup di lingkungan perkotaan yang dimana persawahan dan juga bantaran kali jarang sekali di temukan tanaman kangkung .

Tentu jalan satu - satu satunya adalah pembaca menanam sendiri kangkung tersebut . Tapi apakah pembaca sudah tahu Bagaimana Cara Menanam Kangkung ? . Budidaya Kangkung merupakan sesuatu yang sangat mudah di bandingkan dengan membudidayakan tanaman lain seperti Budidaya Seledri atau Budidaya Bawang Merah . Hal ini dikarenakan potensi hidup dari Tanaman Kangkung amat - sangat tinggi .

Cara Mudah Menanam Kangkung di Lahan Terbatas


Cara Mudah Menanam Kangkung di Lahan Terbatas


Sebelum menanam kangkung pembaca wajib mengetahui jenis - jenis kangkung yang biasa di konsumsi dan juga di budidayakan . Ada dua jenis kangkung yang biasa di budidayakan , yang pertama Kangkung Darat dan yang kedua Kangkung Air . Kedua jenis kangkung ini memiliki daun dan batang yang sama , tentu di perlukan ketelitian untuk membedakan kedua jenis kangkung tersebut . Beberapa ciri - ciri kangkung darat dan juga kangkung air dapat pembaca lihal di bawah sini .

Ciri Kangkung Darat :

  • Warna batang putih kehijauan
  • Batang lebih kecil dari kangkung air
  • Daunya tipis dan lunak
  • Warna bunga putih
  • Tumbuh di area yang kering
Ciri Kangkung Air
  • Tumbuh di area basah seperti sawah , parit dll
  • Batang lebih besar dari kangkung darat
  • Warna batang kangkung hijau pekat
  • Warna bunga putih kemerahan
  • Daunnya memiliki ukuran yang lebih besar dari kangkung darat
  • memiliki tekstur daun yang lebik keras dari kangkung darat
Dari kedua jenis kangkung ini , pembaca dapat memilih jenis kangkung manakah yang ingin pembaca tanam . Jika sudah terpilih jenisnya pembaca dapat mengikuti langkah - langkah yang maintanam berikan di bawah sini .

Menyiapkan Benih Kangkung


Menyiapkan Benih Kangkung


Benih Kangkung Darat maupun Air di bagi menjadi dua jenis yang pertama bibit generatif dan yang kedua vegetatif . Taukah pembaca apa itu bibit generatif dan juga bibit kangkung vegetatif , Bibit Kangkung generatif adalah bibit yang biasa di tanam dari biji kangkung dan untuk Vegetatif adalah bibit yang di tanam dengan metode stek bisa juga dari Akar Kangkung .

Menyiapkan Lahan Tanam

Menyiapkan Lahan Tanam


Untuk menanam kangkung , pembaca wajib mengetahui seperti apa lahan dari tanaman kangkung ini . Lahan Bertanam kangkung haruslah gembur , jadi sebelum proses penanaman di lakukan hal yang perlu di lakukan adalah membajak lahan tersebut . Namun jika lahan yang anda gunakan tidak terlalu luas , langkah yang perlu di lakukan adalah mencangkul atau menggulut tanah lahan menanam kangkung tersebut supaya lebih gembur .

Jangan lewatkan juga untuk membersihkan lahan yang ingin pembaca tanami kangkung ini dari gulma dan beberapa jenis tanaman pengganggu lainya .

Pemupukan Lahan


Sebelum di lakukan penanaman , lahan wajib di pupuk terlebih dahulu . Pupuk yang di beri pada saat lahan selesai di bajak atau di cangkul adalah pupuk kandang . Pupuk kandang di berian di atas permukanan tanah yang sudah di bajak , usahakan pupuk menutupi seluruh bagian permukaan tanah  secara merata , tidak usah terlalu tebal untuk pemberian pupuk kandangnya .

Untuk menjaga tanah supaya tidak terlalu asam , berikan saja kapur dolomit . Pemberian kapur ini tidak usah terlalu banyak . Dalam satu karung pupuk kandang pemberian kapur dolomit hanyalah satu ember . Fungsi dari dolomit ini sebernarnya adalah membuat ph tanah semnjadi netral tidak terlalu asam dan terlalu basa .

Proses Penanaman Bibit Kangkung


Proses Penanaman Bibit Kangkung


Penanaman bibit kangkung dapat di dikakuan saat musim penghujan . Hal ini dikarenakan kangkung memerlukan asupan air ang cukup banyak saat proses penanaman berlangsung . Buatlah lubang pada tanah lahan yang telah di siapkan tadi , jarak antar lubang adalah 15 Cm sedangkan kedalaman lubang baiknya adalah 5 Cm .

Dalam setiap lubang biasanya di ini dengan  3 benih , masukan ketiga benih tersebut kedalam lubang . Selanjutnya adalah menimbun kembali menggunakan tanah yang telah di campur dengan Pupuk kandang dan NPK .

Lakukan proses penyulaman jika terjadi kegagalan dalam proses penanaman . Kegagalan dalam proses penanaman ini di tandai dengan tidak tumbuh dengan baik bibit yang di tanam pada lahan tanam tadi .

Perawatan Tanaman Kangkung


Perawatan Tanaman Kangkung


Perawatan tanaman kangkung ini di berikan saat tanaman sudah mulai tumbuh di lahan tanam tadi . Dalam setiap meter tanaman kangkung , di perlukan 15 kg pupuk urea . Pemberian pupuk ini idealnya di lakukan setalah 10 hari setelah proses penanaman .

Panen Kangkung


Panen Kangkung


Proses pemanenan kangkun di lakukan setelah batang dan daun kangkung mulai rimbun . Mengingat proses tumbuhnya tanaman kangkung ini sangat cepat jadi dalam waktu 30 hari saja tanaman kangkung sudah siap di lakukan proses pemanenan .

Pemanenan kangkung ini dapat di lakukan dengan dua cara pemanenan . Yang pertama menggunakan proses pencabutan dan yang kedua dengan proses potong . Jika pembaca memanen dengan cara mencabut makan diperlukan penanaman kangkung ini dari awal seperti pembahasan di atas namun dengan metode potong maka pembaca tidak perlu melakukan proses penanaman seperti yang tadi . Pembaca hanya perlu menunggu tumbuhnya kembali tunas muda kangkung .

Itulah tadi proses penanaman kangkung yang dapat maintanam.com sampaikan kepada pembaca sekalian . semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak oorang , jangan lupa untuk shere artikel ini kepada orang terdekat anda dan jangan lupa untuk datang lagi di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel