Mudahnya Cara Menanam Bawang Putih Sendiri di Rumah

Mudahnya Cara Menanam Bawang Putih Sendiri di Rumah - Siapa yang tak tahu dengan Rempah - Rempah satu ini . Hampir di gunakan pada semua masakan yang ada di dunia , Bawang Putih tentu memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi . Nilai ekonomi yang lumayan tinggi ini membuat Budidaya Bawang Putih menjadi salah satu ajang bisnis para petani dan juga pedagang di pasar .

Bawang putih di bagi menjadi beberapa jenis , ada Bawang Putih Jantan , Bawang Putih Tunggal dan masih banyak lagi yang lainya . Untuk pembaca yang ingin belajar Bagaimana Cara Menanam Bawang Putih ? , silahkan simak tutorialnya yang ada di bawah sini .

Mudahnya Cara Menanam Bawang Putih Sendiri di Rumah


Mudahnya Cara Menanam Bawang Putih Sendiri di Rumah


Untuk menanam Bawang Putih di bagi menjadi beberapa tahap , tahap yang pertama adalah menyiapkan lahan , yang ke-Dua adalah exsekusi penanaman Bibit Bawang Putih Unggul , dan tahapan - tahapan lainya . Sedikit tips yang dapat Maintanam.com bagikan kepada pembaca tentang waktu yang baik saat menanam bawang putih , waktu yang tepat di gunakan saat menanam bawang putih ini adalah saat memasuki musim kemarau / tidak saat musim penghujan .

Budidaya Lainya :



Untuk menyingkat waktu pembaca dapat memuainya dengan menyiapkan lahan untuk menanam bawang putih ini .

Menyiapkan Lahan Tanam Bawang Putih


Bawang putih memiliki habitat hidup yang tidak terlalu basah , namun ada baiknya jika lahan tanam dari bawang putih ini tidak terlalu kering juga . Untuk menyiapkan lahan Menanam Bawang Putih di perlukan beberapa matrial sepeti :

  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk Kandang
Ketiga metrial ini adalah bahan pokok untuk menyiapkan tempat / lahan tanam dari bawang putih .
Campurlah ketiga matrial ini dengan perbandingan 3 : 1 : 2 itu merupakan perbandingan ideal dari media tanam bawag putih .

Setelah semua matrial tercampur rata , pembaca dapat memasukan campuran ketiga matrial tadi kedalam sebuah wadah . Wadah yang dapat digunakan antara lain adalah Pot , Polybag , Ember Bekas dll . Setelah semua matrial tadi masuk kedalam wadah , yang pembaca dapat melakukan penyiraman terhadapat lahan . Penyiraman di lakukan secukupnya saja , tidak usah terlalu becek untuk lahan yang ingin di tanami bawang putih ini .

Persiapan Bibit Bawang Putih


Persiapan Bibit Bawang Putih


Bibit bawang putih dapat pembaca cari sendiri di dapur . Kupas bawang putih seperti pembaca ingin mengolahnya menjadi bumbu masakan . Setelah di kupas hal yang perlu pembaca lakukan adalah menunggu munculnya tunas muda dari bawang putih yang pembaca kupas tadi .

Tumbuhnya tunas bawang putih setelah di kupas tadi biasanya memakan waktu 1 - 2 minggu . Setelah dua minggu barulah Bibit Bawang Putih siap untuk di lakukan penanaman .

Penanaman Bibit Bawang Putih


Penanaman Bibit Bawang Putih


Untuk menanam bawang putih di perlukan beberapa langkah . Langkah - langkah tersebut dapat pembaca lihat di bawah bawah sisi :

  • Buatlah lubang sedalam 2 -3 Cm pada lahan tanam yang sudah pembaca siapkan tadi .
  • Masukan bibit bawang putih yang sudah bertunas kedalam lubang tersebut .
  • Timbun kembali menggunakan tanah yang ada dalam lahan tanam bawang putih .
  • Pastian tunas bawang putih berada pada permukanan tanah lahan tanam .

Dalam satu wadah lahan tanam baik pot maupun polybag dapat pembaca tanami lebih dari satu bibit bawang putih . Hal ini tergantung besarnya wadah dari lahan tanam tersebut .

Perawatan Tanaman Bawang Putih


Perawatan Tanaman Bawang Putih


Perawatan bawang putih dapat di lakukan dengan banyak hal . Beberapa hal tersebut antara lain adalah :
  • Penyiraman
  • Pemupukan
  • Menyiaman
Penerapan :
  1. Penyiraman dapat di lakukan 1 X dalam 2 hari
  2. Pemupukan di berikan 1 X dalam 15 Hari
  3. Penyiaman dalat di lakukan 1 X dalam sebulan tergantung dengan pertumbuhan gulma dalah lahan tanam

Panen Bawang Putih


Panen Bawang Putih


Masa panen bawang putih biasanya saat usia bawang putih mencapai 100 hari setelah hari penanaman . Hasil penen dari bawang putih yang pembaca tanam sendiri ini , dapat langsung di oleh menjadi bumbu masakan . Namun jika pembaca ingin membuat hasil panen ini lebih awat , pembaca dapat menjemur terlebih dahulu hasil panen bawang putih ini di bawah sinar matahari langsung . Cara ini sama persis dengan cara mengawetkan Bawang Merah setelah proses pemanenan .

Itulah tadi Cara Budidaya Bawang Putih Secara Mandiri , semoga pembaca dapat mendapat ilmu dari yang sudah maintanam.com sajikan di atas . Jangan lupa untuk shere ilmu ini kepada orang sekitr anda supaya bermanfaat ilmu ini untuk banyak orang . Terimakasih dan sampai bertemu lagi di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel