Cara Budidaya Tanaman Singkong Racun ( Ketela )

Cara Budidaya Tanaman Singkong Racun - Ketela merupakan tanaman yang paling banyak di tanam oleh petani saat ini , Hal ini dikarenakan perawatan dan juga resikonya dalam kegagalan saat menanam hampir 0% . Untung dari menanam singkong inipun sangat besar , apa lagi saat harga umbi singkong sedang naik - naiknya . Tentu Keuntungan akan di raup sangat banyak oleh petani . Selain itu , lahan bekas tanam singkong sangat baik jika di gunakan untuk menanam aneka sayuran lainya . Hal ini di karenakan saat panen singkong banyak sekali tanah yang akan di cangkul atau yang mengakibatkan tanah menjadi gembur dan subur.

Lahan yang sedang ditanami singkog juga dapat di tanami oleh tanaman lainya , sebelunya Maintanam.com juga sudah membahasnya di Menanam Jagung Dengan Hasil Panen Berlipat Ganda . Di Tautan di atas kamu dapat mengetahui bagaimana cara menanam jagung yang di kolaborasikan dengan tanaman singkong ini . Tak perlu menunggu lama , mari kita belajar bagaimana cara menanam singkong racun / Singkong Kasesa / Singkong Thailad ini .


Cara Budidaya Tanaman Singkong Racun



Cara Budidaya Tanaman Singkong Racun


Menanam Singkong ini di perlukan beberapa tahapan / proses yang wajib di lalui sebelum menuju ke Panen Singkong . Tahapan tahapan ini di bagi menjadi 5 Tahapan , Tahapan yang pertama adalah Mempersiapkan Lahan , Yang kedua Menyiapkan Bibit , Yang ketiga adalah proses penanaman , Ke empat proses perawatan dan yang terakhir proses panen . Langsung saja kita mulai prosesnya .


Persiapan Lahan



Persiapan Lahan


Lahan yang ingin di tanami singkong dapat di buat dengan banyak metode , Yang jelas roses ini intinya adalah membuat lahan tanam menjadi gembur sehingga proses penanaman dapat di lakukan dengan mudah . Pembaca dapat melakukan pembajakan terhadapat lahan tersebut , Selain pembajakan metode lain adalah membuat gulutan - gulutan lurus dan teratur metode ini akan mengurangi biaya saat mengolah ladang menjadi lahan tanam singkong jika di lakukan secara manual menggunakan cangkul . Ada Juga cara yang sangat simpel yaitu dengan cara mencanguli tempat - tempat yang ingin di tanami singkong saja dan di buat menjadi gundukan - gundukan tanah yang gembur .


Penyiapan Bibit Singkong



Penyiapan Bibit Singkong


Bibit tanama singkong merupakan batang dari puhon itu sendiri , Bibit ini dapat di beli pada petani singkong yang baru saja panen . Batang pohon singkong yang baik di jadikan bibit adalah batang yang sudah mengeras atau tua . Batang yang masih muda dan biasanya berwarna hijau terang kurang baik untuk di jadikan bibit karena proses muculnya akar singkog akan membutuhkan waktu yang cukup lama . Jika pembaca membeli bibit dari petani singkong biasanya akan di beri batang singkong yang masih dalam ukuran panjang . Oleh karena itu pembaca harus memotong batang singkong yang pajang tersebut dengan panjang satu jengkal tangan atau berkisar di antara 20 - 25 Cm . Setelah di lakukan pemotongan pembaca dapat menaruh bibit tersebut di tanah langsung dengan posisi berdiri . Perhatikan juga posisi dari benih , jangan sampai terbalik saat menaruh , taruh bagian pangkal dari benih di bawah supaya timbul akar - akar serabut yang akan membedakan mana bagian atas dan mana bagian bawah .


Proses Penanaman Singkong Di Lahan Tanam



Proses Penanaman Singkong Di Lahan Tanam


Pada proses penanaman dari tanaman singkong cukup mudah dan simpel . Penanam hanya perlu menancapkan bibit pada lahan tanam yang sudah di buat tadi . Saat menacapkan bibit jangan terlalu dalam dan jangan terlalu dangkal , jika penanam menancapkan bibit terlalu dalam pada lahan tanam proses pemanenanya akan sangat sulit nantinya karena umbi singkong akan tertanam cukup dalam di dalam tanah . Dan jika penanam menacapkan bibit terlalu dangkal maka bbibit akan mudah ambruk dan mengakibatkan pertumbuhan singkong tidak normal . Oleh karena itu proses penancapan bibit ada baiknya di lakukan yang sedang - sedang saja tidak terlalu dalam namun tidak mudah ambruk juga .


Perawatan Tanaman Singkong



Perawatan Tanaman Singkong


Saat pembaca menanam singkong , perawatan yang perlu di lakukan cukup mudah dan sederhana . Perawatan ini di bagi menjadi beberapa bagian yaitu pemupukan , penyulaman , dan penyiangan . Pemupukan singkong dapat di lakukan setelah 1 bulan setelah penanaman , setelah satu bulan biasanya akan di ketahui mana saja bibit singkong yang tumbuh dan hidup . Pupuk yang di berikan kepada tanaman singkong ini biasanya adalah pupuk mutiara , Saat melakukan pemupukan penanam juga dapat mengamati mana saja bibit yang tidak berkembang atau mati . Saat penanam melihat bibit yang di tanam tidak tumbuh dengan baik maka ada baiknya lakukan peyulaman atau mengganti bibit yang mati dengan bibit singkong yang baru .

Setelah dirasa banyak sekali rumput liar atau gulma pengganggu maka pembaca dapat melakukan penyiangan , Penyiangan ini berfungsi untuk membersihkan lahan tanan supaya tanaman singkong akan tumbuh dengan leluasa dan sangat baik . Penyiangan dapat di lakukan seminggu sekali sekaligus mengecek barangkali di temukan tanaman singkog yang mati . Jika penanam menemukan bibit yang mati segera lakukan saja penyulaman .


Panen Singkong



Panen Singkong


Proses panen tanaman singkong biasanya di lakukan pada saat usia singkong mencapai 8 - 12 Bulan . Pada proses ini biasanya di perlukan banyak tenaga kerja , banyaknya tenaga kerja akan mempersingkat waktu panen , selain itu panen akan sangat sulit di lakukan jika di kerjakan secara mandiri . Oleh karena itu ada baiknya penanam merangkul beberapa tenaga kerja yang akan membantu penanam dalam proses pemanen .

lakukan juga pengasakan pada bagian yang sudah di panen . Proses pengasakan akan menunjang hasil panen dari penanam . Pengasakan di lakukan karena menurut pengalam dan surfey lapangan membuktikan sekitar 10 persen hasil panen akan di dapatkan dalam proses pengasakan . Bukankah sesuatu yang di sayangkan apabila penanam singkong tidak melakukan proses pengasakan setelah proses panen di lakukan . Dalam satu ton hasil panen basanya di temukan 1 Kuwintal singking yang tertinggal , jadi jangan sampai melewatkan proses yang satu ini .

Pembaca sekalian , jika anda sukses dengan tehnik budidaya singkong racun ini maka jika anda ingin mengetahui tips terbaik dari budidaya umbi - umbian anda dapat mempelajarinya disini . Tehnik terbaru dari Budidaya Talas merupakan salah satu tips yang dapat kamu pelajari disini dan jika anda ingin memperoleh omset yang lebih besar mungkin anda juga patut mencoba untuk budidaya kentang mengingat saat ini harga dari kumuditi pangan tersebut sedang baik - baiknya .

Itulah tadi Proses dan juga tutorial yang bisa Maintanam.com bagikan kepada pembaca sekalian sebagai alat belajan dan alat banding dengan pengalaman pembaca . Semoga pembahasan Maintanam yang mengulas Cara Menanam Singkong Racun ini bermanfaat untuk banyak orang . Bila ada saran dan juga pengalam pembaca dalam menanam singkong jangan ragu untuk menurahkan hal tersebut didalam kolom komentar . Sebelumnya terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel