Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar dan Praktis

Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar dan Praktis - Bunga anggrek merupakan sebuah tanaman hias bunga dan hias daun yang banyak di gemari oleh penggiat tanaman hias . Aneka warna yang ada di berbagai jenis bunga anggrek ini menambah keunikan dan juga kecantikan warna dari Tanaman Bunga Anggrek . Di indonesia permintaan atau pemesanan bunga anggrek sangat besar , dengan permintaan yang besar ini membuat banyak pembudidaya tanaman belajar Bagaimana Menanam Bunga Anggrek ini .

Dari riset para ahli , sudah di ketahui bagaimana cara menanam bunga anggrek yang benar . Tahukan pembaca , ada banyak cara untuk menanam bunga angrek ini supaya dapat hidup dan berkembang dengan baik . Ada yang menggunakan cara menanam langsung di media tanah , ada juga yang menempelkanya pada media pohon , dan ada juga yang menggunakan media pot sebagai lahan menanam bunga anggrek ini .

Menanam Bunga Anggrek di Dalam Pot kerap kali mengalami kegagalan , ini merupakan fakta lapangan yang biasa di temukan oleh para peneliti . Pada dasarnya Menanam Anggrek Dalam Pot sangat praktik dan lebih sederhanya . Bukan tanpa alasan , dengan mengunakna pot sebagai media tanam , penanam bunga anggrek dapat memindahkan posisi atau tempat bunga anggrek berada dari tempat satu ke tempat yang lain sesuai dari selera penanam tanpa merusak akar dan pertumbuhan bunga nggrek .

Kegagalan yang di alami oleh penanam bunga anggrek adalah karena kuranya pengalaman dan juga ilmu tentang Menanam Bunga Anggrek . Oleh karena itu di sini Maintanam.com akan mempelajari bagaimana cara menanam bunga anggrek dengan mudah , pembaca dapat menyimaknya dibawah sini .


Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar dan Praktis



Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar dan Praktis


Sebelum menanam bunga anggrek , penanam wajib belajar tentang Jenis - Jenis Bunga Anggrek . Jenis yang akan di tanam oleh pembaca akan menentukan bentuk dan juga corak warna yang akan timbul dari bunga anggrek ini . Pembaca dapat mengetahui jenis bunga anggrek dengan bergeser kebawah .

Jenis - Jenis Bunga Anggrek

  1. Anggrek Dendrobium
  2. Anggrek Grammathopilum
  3. Anggrek Phalaenopsis
  4. Anggrek Vanda
  5. Anggrek Cattleya
  6. Anggrek Oncidium
  7. Anggrek Spathiphyllum

Dari ke-tujuh jenis bunga anggrek di atas dapat di pilih jenis manakah yang ingin pembaca tanam sebagai Bibit Bunga Anggrek . Setelah pembaca dapat menentukan jenis mana yang ingin di tanam , maka langkah selanjutnya adalah mempelajari Cara Menanam Bunga Anggrek ini .

Untuk Menanam Bunga Anggrek di perlukan beberapa tahapan yang perlu di lewati oleh penanam . Beberapa tahapan ini diantaranya adalah : 
  • Menyiapkan Media Tanam
  • Proses Penanaman Bunga
  • dan Perawatan Bunga Anggrek
Ketiga Poses atau langkah langkahnya dapat pembaca ketahui di bawah sini .

Menyiapkan Media Tanam


Menyiapkan Media Tanam


Media tanam yang akan di jadikan contoh kali ini adalah dengan menggunakan media Pot sebagai tempat hidup Bunga Anggrek . Pilihlah pot yang memiliki ukuran sedang untuk menanam bunga anggrek ini . Pastikan juga media pot yang kamu gunakan memiliki lubang pada bagian bawah pot , hal ini bertujuan supaya adanya tempat pembuangan pada media tanam .

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan isi dari dari pot tersebut . Matrial pengisi pot merupakan campuran dari Tanah Liat , pupuk kandang , Batu bata yang sudah di pacah keci - kecil , Subut kelapa , dan batok kelapa yang sudah di pecah kecil - kecil .

Untuk susunan dari media pengis ini adalah :
  • Batu bata yang sudah di pacah keci - kecil sebagai bagian dasar pot
  • Batok kelapa yang sudah di pecah kecil - kecil
  • Subut kelapa
  • Popuk kandang yang sudah di capurkan dengan tanah liat , perbandinganya adalah 1 : 2 .
Setelah selesai melakukan pengisian matrial kedalam media tanam , langkah selanjutnya adalah proses penanaman bunga anggrek .

Penanaman Bunga Anggrek


Penanaman Bunga Anggrek


Setelah Bibit Bunga Anggrek yang sudah kamu pilih untuk di tanam sudah di dapatkan , maka langkah selanjutnya adalah menanam . Buatlah lubang pada media tanam yang sudah kamu siapkan tadi dengan kedalaman 3 - 5 Cm . Kedalaman ini tergantung dari bibit yang pembaca gunakan , semakin besar bibit maka akan semakin dalam juga lubang yang perlu di gali .

Setelah selesai melakukan penggalian , maka langkah selanjutnya adalah memasukan bibit kedalam lubang tersebut . Setelah itu timbun kembali menggunakan tanah yang sudah di campur dengan pupuk kandang tadi . Berikan juga arang pada bagian atas media tanam sebagai resapan air dan juga sebagai penjaga kelembapan tanah .

Lakukan proses penanaman saat pagi hari untuk menghindari teriknya sinar matahari yang dapat membuat tanaman cepat layu . Jangan lupa untuk melakukan penyiraman langsung terhadap tanaman yang baru saja di tanam supaya tidak segera layu . Jangan berikan terlalu banyak air karena dapat membuat pembusukan terhadap akar bunga anggrek .

Perawatan Bunga Anggrek


Perawatan Bunga Anggrek


Perawatan bunga anggrek sangat mudah dan sederhana . Apa lagi penanaman di lakukan pada media pot . Perawatan yang dapat pembaca berikan adalah dengan melakukan penyiraman rutin 1 kali dalam sehari . Salain itu lakukan penyiaman , penyiaman hanya di lakukan ketikan munculnya gulma - gulma pengganggu yang dapat mengurang asupan makanan untuk tanaman anggrek yang pembaca tanam .

Baca Juga :

Itulah tadi pembelajaran yang dapat maintanam.com berikan kepada pembaca tentang Menanam Bunga Anggrek . Semoga yang sedikit ini dapat membantu pembaca untuk mengetahui cara menanam tersebut . Jangan lupa untuk membagikan ilmu ini kepada orang di sekitar anda , terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel