Cara Menanam Bunga Lavender Di Dalam Media Pot

Cara Menanam Bunga Lavender Di Dalam Media Pot - Tahukan anda bunga lavender lain memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk , tanaman ini juga memiliki tampilan yang elegan . Bunga Lavender kerap kali menjadi tanaman hias yang di letakan pada cendela , kamar tidur , dan kerap kali di letakan pada meja ruang tamu .

Lavender memiliki banyak sekali spesies , spesies levender di ketahui berkisar di 25 lebih . Spesies Lavender bisa di identivikasi dari warna bunga , bentuk daun , dan banyak lagi yang lainya . Bunga Lavender Ungu merupakan jenis bunga lavender yang paling sering di budidayakan , hal ini karena warna bunga ungu lebih banyak di minati oleh kalangan pecinta Tanaman Hias .

Sebelum menuju ke Cara Menanam Bunga Lavender , pembaca juga dapat mengetahui apa saja manfaat daru bunga lavender ini . Macam - macam manfaat dari bunga ini dapat pembaca lihat di bawah sini .

Manafaat Bunga Lavender

  • Antibakteri dan antivirus
  • Aroma dari Bunga Lavender dapat menimbulkan perasaan nyaman hingga dapat Mengatasi insomnia
  • Mengendalikan Mood / Perasaan
  • Mengatasi rambut rontok
  • Mencegah atau mengusir nyamuk ( Tanaman Lavender Merupakan Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Ampuh )
  • Mengatasi sakit perut karena iritasi
  • Dapat merelaksasi otot yang tegang
Selain cantik , bunga lavender memiliki segudang manfaat . Tak heran kini pembudidayaanya cukup banyak di temukan di indonesia . Jika anda tertarik untuk memiliki Tanaman Bunga Levender , ada baiknya pembaca tahu bagaimana menanam bunga ini secara mandiri .

Cara Menanam Bunga Lavender Di Dalam Media Pot


Cara Menanam Bunga Lavender Di Dalam Media Pot


Menanam bunga lavender di bagi menjadi beberapa proses . Proses yang pertama di lakukan adalah persiapan benih dari bunga lavender , yang kedua menyiapakan lahan tanam untuk bunga lavender hidup , yang ketiga proses penyemaian benih , ke-empat proses transplanting ( pemindahan ) , dan yang terakhir perawatan .

Untulah proses penanaman bunga lavender yang akan Maintanam.com bahas . Pembaca dapat bergeser kebawah untuk melihat proses secara lengkap Menanam Bunga Lavender ini .

Persiapan Benih Bunga Lavender


Persiapan Benih Bunga Lavender


Sudah kita bahas di atas bahwa bunga levender memiliki beraneka macam jenis dari lavender yang memiliki bunga berwarna ungu , kuning , biru dan masih banyak jenis lainya . Tentukan terlebih dahulu jenis manakah yang ingin pembaca tanam . Jika pembaca sudah mentukan pilihan , saatnya melakukan pemesanan terhadap bibit tersebut . Jika di toko bunga atau di toko pertanian pembaca tidak mendapatkan benih tersebut maka Maintanam.com menyarankan anda untuk membelinya di toko online .

Persiapan Lahan Tanam


Persiapan Lahan Tanam


Bunga Lavender dapat hidup di media pot , polybag ataupun langsung di tanah . Namun khusus untuk Bunga Lavender yang ingin di jadikan tanaman hias maka alangkah baiknya jika Bunga Lavender di tanam pada media pot . Media Tanam Pot yang ingin pembaca gunakan haruslah memiliki lubang pada bagian bawah pot yang berfungsi sebagai pembuangan air yang berlebih dari bekas penyiraman tanaman lavender .

Untuk matrial pengisi dari pot yang ingin pembaca gunakan sebagai media tanam , anatara lain adalah :

  • Tanah Gembur
  • Sekam / Pupuk Kompos 
  • Kerikil
  • Batu Bata 
Campurkan tanah yang gembur dengan popuk kompos atau sekam dengan perbandingan 3 : 1 , selanjutnya masukan bata yang di pecah menjadi kecil kecil kedalam dasar pot . lanjutnya masukan campuran tanah dan juga sekam kedalam pot hingga pot penuh . Batu kerikil yang sudah pembaca siapkan tadi jangan di buang . Kerikil ini akan di letakan pada bagian atas pot setelah penanaman di lakukan , Selian memberi manfaat untuk tahanan tanah , batu kerikil ini juga akan mempercantik tanaman yang akan di tanam di dalam pot tersebut .

Penyemaian Bibit Bunga Lavender


Penyemaian Bibit Bunga Lavender


Penyemaian dari Benih Bunga Lavender ini cukup mudah . Pada dasarnya proses penyemaian dari bunga lavender ini sama dengan proses penyemaian pada Penanaman Cabe rawit . Jika kalian sudah pernanah nananam cabe maka pembaca dapat bergeser ke proses penanaman . Namun bagian pembaca yang belum memiliki pengalaman menanam , maka ada baiknya pembaca melihat tutorialnya di bawah sini .

Tutorial Penyemaian Bibit Lavender
  • Siapkan Polybag
  • Isi polybag menggunakan Tanah , sekam padi dan juga pasir denan perbagingan 1 : 1 : 1 .
  • taburkan benih secara merata dan tapis ke bagian muka tanah / permukaan tanah .
  • Timbun kebali menggunakan tanah ( Timbun secara tipis ) .
  • Sirami benih yang di tabur tadi setap sore hari .
  • Tunggu hingga benih menjadi besar dan siap untuk di lakukan pemindahan kedalam pot .

Penanaman Bibit Bunga Lavender


Penanaman Bibit Bunga Lavender


Setelah benih bunga lavender tumbuh menjadi bibit yang baik untuk di tanam , maka langkah selanjutnya adalah proses pemindahan bibit kedalam pot . Proses ini dapat di lakukan pada pagi atau sore hari . Hindari melakukan proses pemindahan pada siang hari saat cuaca terik agar bibit bunga lavender tidak mudah layu .

Berikut tutorial nya :
  • Cabut Bibit dari tempat semai ( Jangan sampai akar rusak )
  • Buat lubang sedalam 3 Cm
  • Masukan bibit kedalam lubang
  • Timbun kembali menggunakan tanah
  • Setelah tertumbun tambahkan beberapa kerikil di permukaan tanah .

Perawatan Tanaman Lavender


Perawatan Tanaman Lavender


Perawatan Bunga Lavender dapat di lakukan dengan cara melakukan penyiraman setiap hari , Komposisi penyiraman tidak usah terlalu banyak . Sedikit saja asal rutin di lakukan akan lebih baik untuk pertumbuhan tanaman satu ini . Perawatan lain yang di berikan kepada tanaman bunga lavender adalah dengan melakukan penyiangan . Hal ini berguna untuk membasmi gulma pengganggu yang dapat mengambil asupan makanan yang ada di dalam pot .

Dalam kurun waktu tertentu perlu juga di lakukan pemupukan , hal ini bertujuan untuk memberikan asupan makanan untuk Tanaman Bunga Lavender agar tidak mudah layu dan pertumbuhanya melambat . Pemberian cahaya matahari juga penting , Taruh saja pot bunga dari tanaman satu ini di cendela . Selain memberikan asupan matahari , maka dengan begitu akan mencegah nyamuk untuk masuk kedalam rumah .

Itulah tadi pembelajaran yang dapat Maintanam.com berikan kepada pembaca sekalian , Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang . Jangan lupa untuk membagikan ilmu Menanam Bunga Lavender ini kepada orang di sekitar anda . Terimakasih sudah berkunjung ke sini dan sampai jumpa di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel