Cara Menanam Jagung Dengan Hasil Berkali - Kali Lipat

Cara Menanam Jagung Dengan Hasil Berkali Lipat - Jagung merupakan makanan pokok pengganti beras . Buah jagung kerap kali menjadi kudapan faorit untuk banyak orang di dunia , bukan hanya di indonesia saja . Produksi pangan jagung juga banyak di kembangkan di luar negeri , Hasil panen dari petani luat negeri sangatlah berbeda jauh dengan di indonesia . Padahal indoensia merupakan negara dengan iklim terbaik untuk pertanian dengan curah hujan dan juga panas yang membuat tanah menjadi subur , harusnya indonesia merupakan negara yang mampu expor makanan ( Hasil Tani ) keluar negeri dan bukan malah sebaliknya .

Untuk petani indonesia , Maintanam.com akan memberikan siasat bagaimana cara yang dapat pembaca lakukan supaya Hasil Panen Jagung Menjadi Berlipat Ganda . Pembaca yang ingin melakukan experimen wajib untuk mengetahui bagaimana proses penanaman jagung sampai panen , jagung sendiri memiliki banyak sekali jenis yang wajib juga anda ketahui . Jenis - jenis jagung yang anda tanam juga akan mempengaruhi hasil dari panen jagung maka pembaca haruslah selektif dalam memilih nenih jagung tersebut .

Jika pembaca sudah menentukan jenis jagung yang ingin pembaca tanam , maka kali ini langsung kita menuju ke proses penanaman jagung tersebut .

Cara Menanam Jagung Dengan Hasil Berlipat Ganda


Cara Menanam Jagung Dengan Hasil Berlipat Ganda


Memilih Bibit Jagung


Sudah di sampaikan di atas bawasanya Pemilihan Bibit Jagung akan menentukan hasil kedepan dari penanaman jagung tersebut .  Berikut adalah list jenis jagung yang dapat pembaca tanam :

  • Jagung manis
  • Jagung baby corn
  • Jagung warna-warni
  • Jagung hibrida
  • Jagung bisi 2
  • Jagung Merah
  • Dll
Semua Bibit Jagung tersebut biasanya sudah tersedia di toko - toko pertanian yang ada di sekitar rumah anda . Kadang Bibit Jagung di siapkan oleh kolompok tani yang di bentuk dan di berikan supsidi oleh pemerintah .

Mengolah Lahan Tanam


Mengolah Lahan Tanam


Lahan yang ingin di tanami jagung biasanya tidak memerlukan olahan yang cukup merumitkan , namun kali ini kita akan menghasilkan untung besar dari penanaman jagung ini bukan . Maka tak ada salahnya jika pembaca melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dengan yang di lakukan petani lainya .
Pengolahan lahan dari lahan tanam jagung dapat pembaca lakukan dengan langkah pertama membasmi gulma dan tanaman pengganggu lainya . Selanjunya pembaca dapat membajak lahan tersebut atau bisa dengan membuat gulutan gulutan yang lurus dan rapi . Untuk melakukanya biasanya di perlukan tenaga ahli dan juga alat yang mendukung .

Penanaman Bibit Jagung & Trik Membuat Hasil Berlipat Ganda


Penanaman Bibit Jagung & Trik Membuat Hasil Berlipat Ganda


Setelah peroses pengolahan lahan selesai maka proses penanaman dapat pembaca lakukan . Proses penanaman ini biasanya membutuhkan banyak tenaga kerja jika lahan tanam dari lahan jagung ini luas maka akan semakin banyak tenaga kerja yang di butuhkan .

Cara penanaman ini di lakukan dengan membuat lubang sedalam 3 - 4 Cm dan dalam satu lubang di masukan 2 benih jagung yang sudah di siapkan sejak awal . Untuk jarak antar lubang tanam biasanya berkisar di 100 Cm dalam setiap gulutanya .

Baca Juga :



Setelah proses penanaman selesai maka di sinilah permainan yang dapat pembaca lakukan , Siklus panen jagung yang sangat singkat membuat celah untuk melakukan experimen dengan menanam juga bongol singkong . Pembaca dapat Menanam Singkong dalam lahan yang sudah di tanami jagung . Dengan melakukan hal tersebut maka pembaca dapat melakukan panen 2 kali yaitu saat 3 bulan pertama dan 6 bulan berikutnya .

Dengan pembaca melakukan hal ini , pembaca akan menghemat pembelian pupuk . Dalam satu kali pemupukan jagung maka tanaman singkong juga akan mendapatkan asupan yang cukup baik untuk pertumbuhanya .

Perawatan Tanaman Jagung


Perawatan Tanaman Jagung


Perawatan tanaman jagung dapat di lakukan dengan cara melakukan penyulaman , pemupukan , dan juga penyiraman air . Untuk curah hujan yang ada di indonesia yang sangat tinggi membuat penyiraman ini tidak perlu di lakukan karena air hujan sudah mencukupi untuk asupan air tanaman .

Namun untuk pemupukan wajib di lakukan oleh penanam , Jika dulu para penanam jangung menggunakan pupuk kandang saja sebagai asupan makanan tanaman . Kini di era yang cukup maju banyak sekali farian pupuk kimia yang akan menunjang keberhasilan tanaman jagung .

Penyulaman , Penyumalam wajib di lakukan ketika Bibit Jagung yang di tanam gagal tumbuh . Jangan sampai membuat lahan menjadi kosong karena pembaca tidak melakukan penyulaman kepada bibit jagung atau tanaman jagung yang mati .

Panen Jagung


Panen Jagung


Panen jagung dapat di lakukan biasanya dalam kurun waktu 3 - 4 Bulan lamanya . Proses ini akan membutuhkan tenaga kerja yang lumayan , apa lagi jika lahan yang pembaca tanami jagung luas . Saat melakukan panen jagung pemanen wajib memakai masker dan pakean yang meutupi semua bagian tubuh kecuali mata . hal ini di karenakan tanaman jagung memiliki bulu - bulu halus yang akan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu pemanen .

Itulah tadi sesuatu yang mampu Maintanam.com sampaikan kepada pembaca sekalian . Jangan lupa untuk shere kepada orang di sekitar anda supaya ilmu ini tidak berhenti di pembaca saja . Terimakasih sudah berkunjung , semoga bermanfaat dan sampai bertemu di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel