Cara Menanam Selada Hidroponik Menggunakan Media Semai Rockwool

Cara Menanam Selada Hidroponik Menggunakan Media Semai Rockwool - Menanam sayuran selada merupakan sebuah kegiatan yang biasa di lakukan petani . Di era yang sangat maju ini generasi milenial wajib tahu bagaimana proses penanaman dari selada tersebut . Jika dulu petani menanam sayur jenis ini di ladang atau pun lahan sekitar rumah , kini menanam selada dapat di lakukan di dalam ruangan menggunakan sistem tanam hidroponik .

Tahukah pembaca menanam selada secara hidroponik ini cukup mudah , namun ini mungkin berlaku bagi mereka yang mengetahuinya . Bagi pembaca yang belum mengetahui caranya silahkan ikuti langkah atau cara yang sudah Maintanam.com sediakan di bawah sini .

Menanam Selada Hidroponik Menggunakan Rockwool


Menanam Selada Hidroponik Menggunakan Rockwool


Untuk menanam Selada Hidroponik pembaca wajib menyediakan alat dan bahan untuk memulai prosesnya . Alat dan bahan dari Menanam Selada Hidroponi ini antara lain :

  • Rockwool
  • Benih
  • Gergaji Besi
  • Alat Semprot
  • Pinset
  • Sistem Hidroponik
Setelah semua alat terkumpul maka pembaca dapat mengikuti langkah - langkah di bawah sini .

Penyemaian Benih


Penyemaian Benih


Benih Selada dapat di beli di toko pertanian terdekat , benih yang di beli di toko pertanian biasanya berbentuk kemasan / shaset . Rendam benih tersebut kedalam air bersih selama satu agar benih menjadi hidup dan mampu memunculkan tunas selada muda .

Selanjutnya iris media Rockwol dengan ketebalan 3 Cm . di media rockwol inilah selada muda akan tumbuh dan besar sebelum di pindahkan kedalam media / sistem hidroponik .

Selanjutnya masukan benih selada yang sudah di rendam kedalam media media semai rockwol menggunakan pingset .

Lakukan perawatan benih dengan menyirami benih menggunakan alat semprot , proses ini memerlukan waktu yang cukup lama karena proses ini di lakukan sampai umur bibit selada mencukupi untuk di pindah ke sistem hidroponik .

Pemindahan Selada pada Lahan Tanam Hidroponik


Pemindahan Lahan Tanam


Setelah bibit di rasa sudah cukup besar untuk di pindah kedalam sistem hidroponik pembaca dapat mengikuti langkah di bawah sini . Maintanam.com akan memberikan contoh gambarnya yang dapat kalian lihat di bawah sini .

Perawatan Selada Pada Sistem Hidroponik


Perawatan Selada Pada Sistem Hidroponik


Perawatan yang di berikan setelah Selada di masukan kedalam media hidroponik adalah memberikan nutrisi untuk tanaman .  Pemberian nutrisi ini akan bertambah dengan bertambahnya umur dan juga tumbuh kembang dari tanaman selada ini . 

  • Di awal pemindahan berikan Nutrisi Hidroponik dengan kandungan 600 PPM .
  • Setelah umur Selada Hidroponik mencapai umur 10 hari seelah pemindahan tambahkan kadar nutrisi di dalam media hidroponik menjadi 800 PPM . 
  • Setelah Umur 15 hari kandungan nutisi di naikan menjadi 100 PPM .
  • Jika umur mencapai 20 Hari maka dosis kembali di naikan menjadi 1200 PPM .
Perhatikan kandungan air yang ada dalam mendia tanam hidroponik . Jangan biarkan air menjadi keruh . Jika air menjadi keruh segera ganti menggunakan air yang baru namun tetap memberikan dosis nutrisi yang sesuai dengan umur .

Pemanenan Selada


Selada dapat di panen setelah umur mencapai 30 hari . Usia yang cukup ideal untuk melakukan panen adalah 30 - 40 hari karena daun selada tidak menjadi tua dan akan nampak segar . Setelah melakukan pemanenan cuci seluruh bagian selada supaya nampak segar dan bersih .

Mungkin itu saja yang dapat Maintanam bagikan kepada pembaca tentang menanam Selada Hidroponik . Semoga ilmu yang sedikit ini dapat membantu anda untuk mengetahui cara menanam selada menggunakan sistem hidroponik , sebelumnya admin ucapkan terimakasih kepada Widhi Nugroho yang membagikan ilmunya kepada Maintanam.com semoga ilmu ini bermanfaat untuk banyak orang dan kepada pembaca terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pembahasan lainya . 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel