Cara Menanam Terong Ungu Di Dalam Polybag

Cara Menanam Terong Ungu Di Dalam Polybag - Terong merupakan tanaman yang tergolong kedalam jenis sayur - sayuran . Hampir semua orang khususnya di indoensia pernah mengkonsumsi terong . Testur sayur terong yang lembek membuat beberapa orang mungkin tidak menyukai jenis sayur yang satu ini , namun tak sedikit juga yang sangat menggemari Sayur Terong . Di pembahasan kali ini Maintanam.com akan membahas tentang Cara Menanam Terong Ungu , cara ini dapat kamu praktekan sendiri di rumah yang akan memberi manfaat menekan uang belanja Istri untuk membeli sayur terong ini .

Selain mengurangi uang belanja , dengan pembaca mengetahui Cara Menanam Terong maka akan bertambahlah ilmu yang pembaca miliki . Mungkin di suatu saat ilmu ini akan sangat bermanfaat untuk orang di sekitar anda , jadi memang taka ada salahnya orang yang mau belajar bukan ?? . Untuk memudahkan pembaca untuk belajar langsung saja kita kuwak bagaimana cara menanam tanaman terong .

Cara Menanam Terong Ungu Di Dalam Polybag


Cara Menanam Terong Ungu Di Dalam Polybag


Dalam menanam terong di dalam polybag ada beberapa proses yang perlu di lakukan . Beberapa proses ini diantaranya adalah :

  1. Persiapan Lahan
  2. Penyemaian
  3. Penanaman
  4. Perawatan
  5. Panen Terong


Lima tahapan di atas akan mengajarkan pembaca tentang bagaimana Cara Menanam Terong Ungu , Tak usah lama menunggu langsung saja kita bahas satu - persatunya .

Persiapan Lahan


Persiapan Lahan


Sesuai dengan judul , karena kita akan Menanam Terong Dalam Polybag maka lahan yang kita gunakan adalah pelastik - pelastik yang berisi polybag . Selain media polybag cara menanam terong ini dapat kamu terapkan pada media tanah langsung dengan cara membuat gulutan - gulutan seperti saat pembaca ingin Menanam Cabe Rawit . kembali ke media polybag , Matrial pengisi polybag terdiri dari beberapa jenis material . Bebebrapa matrial ini diantaranya adalah :

  • Tanah Liat
  • Pupuk Kompos / kandang
  • Arang sekam


Campurkan ketiga material tersebut dengan perbandingan 2 : 1 : 1 . Setelah tercampur rata silahkan masukan matrial tersebut kedalam media Polybag . Jika semua polybag sudah terisi maka pembaca dapat melanjutkan tahapan yang kedua yaitu menyemai benih terong ungu .

Penyemaian Benih Terong Ungu


Penyemaian Benih Terong Ungu


Penyemaian berfungsi sebagai proses pembuatan bibit terong yang nanti akan di tanam pada media polybag . Benih terong ungu dapat pembaca dapatkan dengan menunggu terong menjadi matang di atas pohonya . seiring dengan berjalanya waktu buah terong yang matang akan busuk , saat busuk biasanya terong akan secara alami jatuh ke tanah . Di terong yang mulai busuk ini lah bibit terong yang baik dapat pembaca dapatkan , caranya dengan memungut terong yang sudah jatuh ketanah dan di jemur . Kemudian pembaca ambil bagian biji terong yang sudah kering , biji terong tersebutlah yang dapat di jadikan benih yang dapat pembaca semai .

Namun biasanya proses ini tak banyak orang yang mau mengerjakanya , Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk mengambil jalan pintas untuk membeli benih terong di toko pertanian terdekat . Mungkin cara ini juga yang maintanam.com anjurakn untuk pembaca karena anda sudah tidak perlu repot - repot lagi memproses benih terog ungu .

Setelah pembaca melakukan pembelian benih terong ungu , silahkan lakukan penyemaian dengan cara menaburkan benih terong di dalam polybag yang sudah pembaca siapkan tadi . Jangan lupa untuk menaburkanya dengan tapis , lalu timbun kembali secara tapis juga . Tidak usah terlalu tebal saat melakukan penimbunan , dan setelah di timbun secara tapis maka jangan lupa untuk menyirami benih terong tersebut . Lakukan penyiraman , lakukan penyiraman dengan meida seprot supaya benih tidak berantakan karena penimbunan tadi di lakukan secara tapis jika penyiraman di lakukan dengan aliran air yang besar di takutkan benih menjadi berhamburan dan benih tidak berada di bawah tanah . Supaya bibit mudah di pindahkan , semai saja dalam satu wadah polybag untuk setiap saset benih terong yang pembaca beli di toko pertanian .

Penanaman Sayur Terong


Penanaman Sayur Terong


Setelah umur bebit terong sudah mencapai 10 Hari biasanya bibit sudah siap untuk di lakukan pemindahan , Bibit terong yang baik biasanya sudah memiliki tangkai dan juga daunya minimal 3 - 5 helai daun . Buat lubang pada polybag - polybag yang pembaca siapkan sebagai lahan tanam dengan kedalaman 3- 5 Cm , Kemudian cabut bibit pada media semai . Masukan kedalam lubang bibit yang sudah di cabut tadi dan timbun kembali menggunakan tanah galian dalam polybag . Lakukan hal yang sama dalam setiap polybagnya .

Perawatan


Perawatan

Perawatan tanaman terong yang di tanam pada media polybag sangatlah mudah dan simpel , Lakukan saja penyiraman setiap 2 hari sekali di bagian dalam polybag . Saat melakukan penyiraman tidak usah terlalu basah , media tanam yang terlalu basah dalam polybag dapat membuat pembusukan akar , apa lagi pada saat bibit terong belum menyesuaikan diri pada tempat tinggalnya yang baru .

Setelah diarasa bibit terong sudah benar benar hidup lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang . Perkiraan ini biasanya dalam waktu 1 minggu sudah nampak , bibit terong yang hidup dengan baik ataupun mati . Lakukan penyulaman jika ada terong yang mati atau tidak tumbuh dengan baik untuk memperoleh hasil panen maxsimal . Selain pemupukan dalam 1 minggu pertama pembaca juga dapat melihat pertumbuhan tanaman lain di dalam polybag . tanaman lain seperti rumput liar dan gulma pengganggu lainya dapat pembaca basmi dengan cara mencabut sampai ke akar gulma pengganggu tersebut .

Panen Terong


Panen Terong


Terong ungu dalam jangkan waktu sekitar 2 bulan biasanya sudah mualai berbuah , buah terong dapat pembaca panen saat sudah mencapai bentuk yang sempurna yaitu besar dan panjang . Saat melakukan pemanenan gunakanlah gunting panen , hal ini dilakukan supaya tidak merusak tangkai dari tanaman terong tersebut . Hindari juga saat memetik buah terong menggunakan pakaian yang tidak menutupi tubuh . Hal ini di anjurkan supaya pemanen tidak merasa gatal saat memanen tanaman terong ini . Cara panen ini juga berlaku jika pembaca Menanam Jagung , karena jangung juga memberikan efek gatal pada tubuh jika tidak menggunakan pakaian yang tertutup .

Itulah tadi pembahasan tentang Cara Menanam Terong Ungu di dalam polybag , Semoga bermanfaat untuk banyak orang . Jika pembaca memiliki pengalaman pribadi saat Menanam Terong jangan sungkan untuk membagikanya di kolom komentar . Mungkin ini saja yang dapat Maintanam.com sampaikan kepada pembaca , sebelumnya maintanam ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai jumpa pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel