Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bunga Bangkai ( Rafflesia )

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bunga Bangkai - Aroma busuk yang menusuk hidung kerap kali di jauhi oleh semua orang . Namun dalam wujud bunga yang memiliki aroma yang kuat ini malah sebaliknya . Tanaman Bunga Bangkai merupakan tanaman yang berasal dari Negara Republik Indonesia . Penetapan Bunga ini sebagai Bunga Nasional Indonesia ialah sesuai saat presiden menetapkan Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993 tentang kepemilikan indonesia atas Asal Bunga Bangkai .

Tahukan pemaca bahwa Bunga Bangkai atau Rafflesia arnoldii ini merupakan tanaman Langka yang hanya dapat hidup di beberapa wilayah indonesia saja . Di indonesia Bunga Bangkai memiliki gelar yang cukup istimewa , gelar tersebut adalah Puspa Langka . Bunga bangkai  atau Rafflesia Arnoldii juga kerap di sebut sebagai Pedma Raksa hal ini mungkin di karenakan Bunga Bangkai Merupakan Bunga Terbesar yang ada di Dunia .

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bunga Bangkai


Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bunga Bangkai


Sebagaian orang pasti mengira bahwa Bunga Bangkai dan Juga Rafflesia Arnoldii adalah bunga yang sama . Tak di pungkiri bahwa hampir semua orang pasti setuju atas hal tersebut . Pada dasarnya Bunga Bangkai dan Rafflesia memang sama - sama mengeluarkan aroma busuk dan jika di lihat dengan seksama bentuk dari kedua tumbuhan tersebut maka barulah di ketahui beberapa perbedaan antara Rafflesia dengan Bunga Bangkai .

Bunga Bangkai memiliki nama lain yaitu Amorphopallus titanum atau Titan Arum sedangkan Rafflesia Arnoldii tetap dalam nama latinya . 

Rafflesia Arnoldii merupakan tanaman parasit yang hidup menumpang dari batang tumbuhan lain atau dari beberpa jenis tanaman yang mulai membusuk . Rafflesia tidak memiliki akar , daun , dan batang . Tanaan ini hanya hidup dengan Bunga yang memiliki Lima Mahkota Bunga yang memiliki tekstur kasar .

Jika pekarangan rumah pembaca pernah di hidup tamanan bunga bangkai ataupun rafflesia , coba perhatikan . Apakah Aroma busuk yang timbul dari Bunga Bangkai atau Rafflesia ini akan bertahan lama ?

Pasti jawaban dari pembaca adalah tidak . Hal ini di karenakan siklus hidup atau umur dari bunga rafflesia atau Bunga Bangkai sangatlah pendek . Setelah 4 - 5 hari setelah mekar maka bunga ini akan mengalami kematian . Umur yang pendek untuk sebuah tanaman bukan , Tapi tahukan anda untuk menunggu bunga ini mekar tidak menggunakan waktu yang singkat tersebut .

Baca Juga :



Sebelum mekar Banga Rafflesia Arnoldii sebenarnya sudah hidur dengan waktu yang cukup lama . 9 Bulan lamanya bunga ini hidup namun mungkin pembaca belum menyadari akan kehadiran bunga tersebut . Pembaca hanya akan menyadari akan kehadiran Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldii setelah bunga ini mekar dan mengeluarkan aroma busuk yang sangat kuat .

Rafflesia memiliki beragam jenis yang mungkin pembaca belum mengetahi akan hal tersebut . Pembaca dapat mentahui jensis Bunga Rafflesia dan juga Asal Bunga Rafflesia dengan membaca sesuatu di bawah sini .

Jenis Dan Asal Bunga Rafflesia


  • Rafflesia arnoldii (Sumatera Barat, Bengkulu, dan Aceh)
  • Rafflesia borneensis (Kalimantan)
  • Rafflesia cilliata (kalimantan Timur)
  • Rafflesia horsfilldii (jawa)
  • Rafflesia patma (Nusa Kambangan dan Pangandaran)
  • Rafflesia rochussenii (Jawa Barat)
  • Rafflesia contleyi (Sumatera bagian Timur).
Setelah kita mengulas tentang Bunga Rafflesia maka tak lengkap jika Maintanam.com tidak mengulas prihal Bunga Bangkai juga . Olah karena itu mari kita belajar tentang Bunga Bangkai tersebut .

Ciri -  Ciri Bunga Bangkai


Ciri -  Ciri Bunga Bangkai


Bunga Bangkai memiliki perbedaan yang cukup jelas dari saudaranya yaitu Bunga Rafflesia . Jika Bunga Rafflesia tidak memiliki akar , daun ataupun batang seperti yang sudah di katakan maintanam di atas maka Bunga Bangkai memiliki semuanya . Bunga bangkai memiliki Akar / Umbinya sendiri , Memiliki Batangnya sendiri dan hidupnya mandiri .

Tidak seperti rafflesia , Bunga Bangkai memiliki bentuk bunga yang unik yaitu saat mekar bunga inii akan berbentuk seperti terompet dengan aroma busuk khas tanaman satu ini . Karena Bunga Bangai merupakan bunga yang hidup dari umbinya sendiri maka dapat di katakan bahwa bunga bangkai merupakan tanaman bukan parasit sedangkan Rafflesia Merupakan Tanaman Parasit .

Itulah pengulasan kita akan Tanaman Langka yang keberadanya jarang di temuan , Jika pembaca menemukan bunga tersebut hidup di pekarangan rumah atau di kebun maka Maintanam.com menyarankan anda untuk tidak merusak keberlangsungan hidup tanaman tersebut walaupun kadang mengganggu dengan aroma busuknya .

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang . Terimakasih sudah berkunjung ke Maintanam.com dan sampai bertemu di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel