Untung Ganda Dengan Budidaya Ikan Mina Padi

Untung Ganda Dengan Budidaya Ikan Mina Padi - Siapa yang tidak mau meraih keuntungan berlipat ganda , Tentu pembaca semua menginginkan hal tersebut . Beberapa tahun belakangan di temukan metode baru menanam padi yang efesien yang mampu menghasilkan untuk berkali - kali lipat . Metode ini dinamakan dengan Metode Minapadi , metote tersebut merupakan gabungan dari budidaya ikan dan juga budidaya padi . Sudah banyak sekali bukti dari kesuksesan metode ini , dalam lahan tanam binapadi 1000 M dapat di raup keuntungan mencapai 100 sampai dengan 120 Juta . Angka yang sangat besar bila di bandingkan dengan budidaya padi konvensional .

Pembaca yang ingin mendapat untung besar dengan Budidaya Padi dengan metode Minapadi dapat belajar cara tersebut dengan membaca sesuatu yang sudah Maintanam.com suguhkan kepada pembaca sekalian di bawah sini .

Budidaya Ikan Mina Padi


Budidaya Ikan Mina Padi


Ada beberapa tahapan yang perlu pembaca ketahui sebelum menerapkan metode tanam Minapadi ini . Beberapa tahapan ini diantaranya adalah Persiapan Lahan , Persapan Bibit , Proses Penanaman , Penebaran Benih Ikan , Panen Padi & Panen Ikan . Untuk menyingkat waktu pembicaraan kita , langsungsaja kita menuju katahapan berikut ini .

Persiapan Lahan


Persiapan Lahan


Lahan tanam Minapadi sedikit berbeda dengan lahan tanam padi konviensional . Hal ini di karenakan di perlukanya lahan yang sedikit di sisihkan sebagai lahan budidaya dari ikan Mas atau Nila . Untuk lebih detail pembaca dapat mengikuti langkah - langkah di bawah sini :


  • Aliri Sawah dengan air
  • Bajak lahan yang ingin di tanam dengan metode minapadi
  • Buat Galengan / Gulutan yang Kokoh dan Tinggi , ini berfungsi sebagai tahanan air supaya tidak keluar dari lahan tanam .
  • Jika lahan sudah siap biarkan air menggenang lahan tersebut.


Persiapan Bibit


Dengan menggunakan metode tanam Minapadi maka pembaca memerlukan dua jenis bibit , yang pertama adalah bibit padi dan yang kedua adaah bibit ikan yang ingin di bididayakan . Jika pembaca belum tahu bagaimana cara melakukan pembibitan terhadap tanaman padi , anda dapat menikuti tutorial = > Cara Menanam Padi <= . Di situ pembaca dapat mengetahui bagaimana cara mengolah lahan tanam , tehnik melakukan pembibitan dan lain - sebagainya sebagaimana menanam padi secara konvensional .

Sedangkan untuk bibit yang kedua yaitu Bibit Ikan , pebaca dapat membeli di toko ikan terdekat . Bibit yang biasa di jadikan sebagai peliharaan dari budidaya Minapadi adalah Ikan Mas atau ikan Nila . Pembaca dapat memilih jenis mana yang ingin di budidayakan .

Jika bibit ikan dan juga bibit padi sudah siap maka maintanam.com akan mengajak anda menuju proses selanjutnya yaitu proses penanaman dan penyebaran benih ikan .

Proses Penanaman dan Penyebaran Benih


Proses Penanaman dan Penyebaran Benih


Setelah Umur dari bibit padi sudam siap untuk di tanam maka lahan tanam yang tadi tergenang air sekarang wajib di lakukan penurasa dengan cara menjebol sedikt bendungan / galengan supaya proses pernanaman akan menjadi mudah . Lakukan proses penanaman padi , proses ini sebaiknya di lakukan oleh para tenaga ahli supaya lebih mudah cepat dan rapi . Saat melakukan proses penanaman sisakan sedikit lahan yang tidak di tanami padi sebagai tempat pemberian pakan ikan nantinya .

Jika umur tanam dari padi sudah mencapai 20 Hari biasanya sudah dapat di lihat adakah bibit padi yang tidak tumbuh dengan baik atau mati , Jika di temukan hal tersebut maka lakukan penyulaman . Setalah proses penyulaman selesai di lakukan maka langkah selanjutnya adalah mengisi kembali air hingga ketinggian  30 - 50 Cm , setelah air sudah terisi maka sukan bibit ikan yang sudah di bei tadi kedalam lahah tersebut .

Perawatan Tanaman Minapadi


Perawatan Tanaman Minapadi


Perawatan dari tanaman minapadi dapat di kalukan dengan memberi jaring pada bagian atas dari tanaman tersebut , hal ini berfungsi sebagai antisipasi dari hama yang akan menyerang ikan yang berada dalam lahan minapadi . Selain itu perawatan lain adalah pemberian pakan dari ikan . Lakukan pemberian setiap hari dan lakukan pengontrolan terhadap air yang ada dalam lahan minapadi .

Pemanenan Minapadi


Pemanenan Minapadi


Proses pemanenan dari Minapadi di lakukan setelah padi mulai menguning , saat padi mulai memasuki musim panen makan proses panen dari ikan juga bisa di lakukan . proses pemanenan dari ikan mina padi di lakukan setelah padi selesai di lakukan pemanenan . Sedikit tips , proses pemanenan ikan minapadi dapat di lakukan dengan mudaha jika air  yang ada di dalam lahan mina padi di kuras habis .

Keuntungan dari Minapadi


Keuntungan dari minapadi ialah penanam tidak memerlukan pupuk kimia yang biasa di gunakan saat menanam padi secara konvensional . Hama seperti weren dan walang sangit dapat di basmi secara alami oleh ikan yang ada di dalam lahan tanam minapadi . Selain itu pupuk yang di berikan untuk padi tidak perlu di berikan , hal ini dikarenakan pupuk alami yang di hasilkan dari kotoran ikan sudah mencukupi asupan makanan dari tanaman padi . Dengan Begitu biaya untuk perawatan dari tanaman padi akan sedikit berkurang , dengan modal yang sedikit bebanding terbalik dengan untungnya yang berlipat ganda .

Ketahui Juga :



Mungkin ini saja yang mampu Maintanam.com sampaikan kepada pembaca sekalian , semoga yang sedikit ini dapat memberi manfaat untuk banyak orang . Jika ada pertanyaan dan juga saran dari pembaca , kalian dapat menuangkanya di dalam kolom komentar yang ada di bawah sini . Sebelumnya terimakasih sudha berkunjung dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel