Cara Budidaya Pare Belut Bebas Hama dan Penyakit

Cara Budidaya Pare Belut Bebas Hama dan Penyakit - Tanaman sayuran ini memang belum banyak yang tahu . Pare Belut merupakan tanaman rambat yang tumbuh dengan cara merambat , jenis tanaman ini berbeda dengan pare yang biasa kita konsumsi . Rasa pahit yang biasa di suguhkan di dalam pare tidak akan di temukan dalam Pare Belut ini . Bagi anda yang ingin mengetahui cara menanam pare belut silahkan ikuti tutorial di bawah sini .

Cara Budidaya Pare Belut Bebas Hama


Cara Budidaya Pare Belut Bebas Hama


Sebelum menanam Pare Belut pembaca wajib tahu di mana lokasi dan waktu yang pas untuk menanam tanaman ini . Waktu yang tepat untuk memulai menanam pare belut adalah saat masuk kedalam musim penghujan . Hal ini di karenakan pare belut membutuhkan asuan air yang cukup untuk proses pertumbuhan dan juga peroses untuk pare belut berbuah .

Pare Belut sangat cocok di tanaman di daerah yang memiliki iklim tropis , Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis jadi indonesia adalah negara yang cocok untuk di tanami sayuran ini . Namun untuk anda yang tinggal di tempat yang kurang subur atau tandus sayuran ini tidak cocok untuk di budidayakan di daerah tersebut . Namun anda tidak perlu khawatir , Maintanam akan memberikan solusi untuk anda yang tinggal di daerah yang kurang subur . Daerah yang memiliki curah hujan yang tidak terlalu besar dan juga tanah yang kurang subur dapat Menanam Jagung atau mencoba hal baru dengan Budidaya Buah Naga .

Kembali ke Pare Belut , untuk pembudidayaan pare belut akan di bagi menjadi beberapa proses yang akan kita bahas secara rinci . Beberapa proses penanaman ini di bagi menjadi :

  1. Persiapan Bibit
  2. Pengolahan Lahan
  3. Penanaman
  4. Perawatan
Untuk penjelasan dari setiap prosesnya , kalian dapat membaca sesuatu di bawah sini .

Persiapan Bibit Pare Belut


Bibit dari pare belut dapat di buat sendiri oleh pembaca dengan cara mengeringkan biji pare belut yang matang di pohon . Buah pare belut yang matang di pohon akan menjadi bibit yang baik karena biji dari pare belut akan menjadi keras dan juga berisi . Caranya petik buah pare yang matang di pohon dan jemur pare belut tersebut hingga kering .

Saat kering daging dan kulit dari pare belut akan mulai membusuk atau bahkan akan mengelupas dengan sendirinya , saat semua bagian dari pare belut mengering maka pisahkan biji pare belut dengan kulit dan juga daging buahnya . Kemudian jemur kembali sampai biji pare belut ini menjadi benar - benar kering . Biji dari pare belut yang sudah mengering inilah yang nanti akan menjadi bibit untuk menanam pare belut .

Untuk membuat bibit dari pare belut ini memang membutuhkan waktu yang lumanan lama , berkisar diantara 10 - 15 hari . Jika anda merasa tidak sabar untuk melalui proses ini , kalian dapat membeli bibit pare belut di toko pertanian terdekat . Hal ini dikarenakan sudah banyak di temukan bibit pare belut dengan kualitas baik di jual dalam bentuk kemasan .

Pengolahan Lahan Tanam Pare Belut


Sudah di katakan di atas bahwa Pare Belut merupakan tanaman yang tumbuh secara merambat , Agar buah pare belut dapat tumbuh dengan baik maka pengolahan lahan tanam sangat di perlukan . Lahkah - langkah pengolahan lahan tanam pare belut ini diantaranya adalah :
  • Bersikan rumput - rumput atau tumbuhan liar yang ada pada lahan yang akan di jadikan tempat menanam pare belut ini .
  • Buat Gulutan - gulutan yang lurus dan rapi
  • Buat juga tiang tempat merambat untuk tanaman ini .pada bagain atas Media Rambat di buat seperti membuat atap pada rumah / gubuk . Untuk lebih jelasnya pembaca dapat melihat gambar di awah sini .

Pengolahan Lahan Tanam Pare Belut


Penanaman Pare Belut


Untuk proses penanaman pare belut cukup mudah , Buat lubang sedalam 3 Cm dan timbun kembali menggunakan tanah / kompos . Pastikan pembaca melakukan penanaman di di bawah tiang rambatan , supaya pohon dari pare belut dapat menemukan rambatanya saat ia mulai tumbuh . Setelah di tanam jangan lupa untuk menyirami tanaman ini setiap sorenya .

Perawatan Pare Belut


Perawatan Pare Belut


Perawatan yang perlu di berikan kepada tanaman ini adalah dengan memberikan pupuk kandang 1 bulan sekali sepanjang hidup dari tanaman ini . Pare Belut meruapakan tanaman yang pertumbuhanya cukup pesat , dalam waktu 1 - 2 Bulan saja tanaman ini sudah dapat rajin berbuah . dan untuk memperoleh hasil buah pare belut yang panjang dan lurus Maintanam.com akan bagikan tipsnya untuk kamu . Trik ini cukup mudah , saat pare belut mulai tumbuh agak membengkok pada bagian unjungnya , segera beri tali dan talikan bebean di ujung tali tersebut . Biarkan beban itu menggelantung di bawah buah pare belut . Dengan pembaca menerapkan trik ini di jamin buah pare belut akan tumbuh dengan panjang dan lurus .

Untuk perawatan lain dari pare belut ini adalah dengan menyemprotkan obat pengusir serangga khusus tanaman . Buah Pare Belut merupakan sesuatu yang di sukai serangga , saat tanaman ini mulai berbuah biasanya akan ada banyak sekali serangga yang mencoba merusak buah pare belut , jadi diperlukan penyemprotan obat anti serangga untuk tanaman pare belut ini .

Mudah bukan Budidaya Pare Belut ini , silahkan lakukan cara - cara yang sudah Maintanam.com bagikan di atas . Jika ada pertanyaan dari Cara Menanam Pare Belut ini jangan ragu untuk menuangkanya di kolom komentar . Semoga sesuatu yang maintanam bagikan ini bermanfaat untuk banyak orang , sebelumnya terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel