Cara Budidaya Tanaman Buah Jeruk Berkualitas Tinggi

Cara Budidaya Tanaman Buah Jeruk Berkualitas Tinggi - Jeruk merupakan salah satu tanaman buah yang sering di konsumsi oleh banyak orang , bukan hanya di indonesia di luar negeri tanaman jeruk juga menjadi salah satu tanaman terlaris . Pembaca tentu sudah pernah memakan buah dari tanaman jeruk ini bukan , namun apakah pembaca tahu bagaimana proses penanaman jeruk hingga ke panen jeruk . Jika belum silahkan pembaca mengikuti tips dan saran yang akan di berikan maintanam.com di bawah sini.

Cara Budidaya Tanaman Buah Jeruk Berkualitas Tinggi


Cara Budidaya Tanaman Buah Jeruk Berkualitas Tinggi


Untuk memperoleh hasil buah jeruk yang berkualitas harus membutuhan banyak sekali persiapan . Persiapan dari lahan tanam , bibit dan juga Pupuk wajib di perhatikan sebelum menuju ke proses penanaman . Identifikasi terlebih dahulu modal yang kamu butuhkan untuk memulai Budidaya Tanaman Jeruk , hal ini bertujuan supaya pembaca dapat menghitung keuntungan dari menanam jeruk .

Untuk menanam jeruk di perlukan beberapa langkah yang perlu di kerjakan oleh pembaca . Beberapa langkah ini diantaranya adalah :

  • Menyaipkan Lahan
  • Menyiapkan Bibit
  • Penanaman
  • Perawatan
  • dan Pemanenan
Setelah pembaca menetahui poin - poin di atas maka kita akan luas satu persatu dari Poin Menanam Jeruk atau Lemau ini .

Menyiapkan Lahan


Sebelum menyiapkan lahan pembaca wajib mengetahui beberapa kriterian atau sarat untuk tanaman jeruk dapat tumbuh . Jeruk dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 meter dpl ( Diatas Permukaan Laut ) dengan suhu sekitar udara 20 °C – 30 °C . Curah hujan dari tempat menanam jeruk tidak boleh lebih dari 100 mm/bulan atau 1200 mm/tahun . Jeruk harus tumbuh di tempat yang memeiliki asupan cahaya matahari yang cukup dan hindarkan di tanam di bawah pohon besar atau tempat yang teduh .Jika Jeruk ditanam pada dataran tinggi dapat memberikan efek kulit jeruk menjadi tebal dan mengakibatkan rasa jeruk menjadi pahit. Keadaan tanah yang baik untuk ditanami jeruk adalah tanah yang gembur, memiliki kandungan bahan organik yang tinggi, memiliki irigasi dan drainase yang baik, dengan nilai kemasaman (pH) 6-7.

Setelah pembaca mengetahi kriteria terbaik untuk lahan menanam jeruk maka langkah selanjutnya adalah mengolah lahan tanam hingga siap untuk di tanami .
  • Bersihkan lahan tanam dari rumput , ranting , kotoran yang ada di lahan tanam.
  • Setelah lahan menjadi bersih maka buatlah lubang dengan kedalaman 50 Cm dan juga dengan lebar 50 Cm juga.
  • Buat lubangan lagi dengan dalam dan lebar yang sama dengan jarak 5 - 6 M antar lubang , lanjutkan sesuai dengan luas lahan yang ingin pembaca tanami jeruk .
Setelah semua proses ini telah di lakukan maka dapat di katakan bawah persiapan lahan tanam jeruk sudah selesai di kerjakan .

Menyiapkan Bibit


Menyiapkan Bibit


Untuk menyiapkan bibit jeruk pembaca dapat menyemai sendiri biji dari buah jeruk , biji tersebutlah yang nanti akan tumbuh menjadi pohon jeruk . Namun untuk mempermudah kinerja dari menanam jeruk Maintanam.com menyarankan anda untuk membeli bibit jeruk di toko pertanian . Hal ini dikarenakan bibit yang berada di toko pertanian merupakan bibit unggul dan pilihan . Bibit unggul akan sangat berpengaruh untuk menghasilkan buah jeruk yang berkualitas juga .

Penanaman Bibit Jeruk


Penanaman Bibit Jeruk


Penanaman bibit jeruk sangat mudah , cukup melepas polybag yang ada di bagian akar bibit . Lanjutnya letakan bibit di dalam lubang yang ada di lahan tanam yang sudah di kejakan di awal tadi . Pastikan batang jeruk tumbuh tegak ke atas agar proses tumbuh besar dari batang pohon jeruk akan bagus . Selanjutnya timbun kembali menggunakan tanah bekas galian lubang .

Perawatan Tanaman Jeruk


Perawatan Tanaman Jeruk


Perawatan dari tanamaman jeruk yang utama adalah pemberian air . Lakukan penyiraman di setiap sore hari hingga umur tanaman jeruk mencapai 3 Bulan . Setelah 3 bulan pemberian air atau penyiraman dapat di lakukan 3 - 4 hari sekali .

Lakukan juga pembersihan dari tanaman liar atau penyiangan . Selain itu berikan pupuk kandang, dolomit, urea, ZA, TSP, dan ZK . Pemberian pupuk ini menyesuaikan umur dari tanaman jeruk itu sendiri . Pemangkasan ranting juga perlu di lakukan , hal ini bertujuan untuk memaksimalkan ranting atau cabang untama yang produktif , jadi apabila di temukan rating atau cabang yang sudah produktif bahkan kering sebaiknya lakukan pemangkasan . Untuk menghindari batang pohon yang di ranting terinfeksi penyacit tutup bekas luka potongan menggunakan Lilin .

Agar buah di setiap rating tumbuh dengan maksimal lakukan penjarangan buah , semakin sedikit buah dalam setiap ranting maka akan semakin maxsimal buah jeruk yang ada . Selain itu dengan melakukan penjarangan buah ranting tidak akan patah atau rusak akibat menahan beban dari buah jeruk itu sendiri .

Pemanenan


Pemanenan


Pemanenen dapat di lakukan secara bertahap , Buah jeruk yang sudah tua atau mulai menguning dapat di petik . Penen dari buah jeruk tidak dapat langsung di habiskan karena kematangan dari setiap jeruk berbeda - beda . Petik saja buah jeruk yang sudah tua dan tinggalkan yang masih muda untuk di lakukan pemanenan selanjutnya .

Mudah bukan untuk Budidaya Tanaman Buah Jeruk , mungkin itu saja yang dapat Maintanam.com sampaikan kepada anda . Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang dan jangan lupa untuk membagikanya kepada orang di sekitar anda . Sebelumnya terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel