Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau Panen Melimpah

Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau Panen Melimpah - Kacang hijau merupakan jenis kacang - kacangan yang paling laris di pasaran . Biji Kacang Hijau terkenal dapat di olah menjadi berbagai macam makanan ataupun minuman . Selain itu olahan dari kacang hijau juga memiliki nilai jual yang tinggi , maka tak heran jika banyak sekali petani yang membudidayakan atau menananam tanaman biji - bijian ini .

Bagi pambaca yang ingin Belajar Menanam Kacang Hijau , anda wajib mengetahui habitat yang baik untuk melakukan penanaman terhadap tanaman kacang hijau . Kacang hijau dapat tumbuh dengan baik jika di tanam pada tempat yang ber iklim tropis , selain itu letak strategis penanaman kacang hijau adalah dataran rendah dengan ketinggan berkisar diantara 500 DPL ( Diatas permukaan laut ) .

Kacang hijau menyukai tempat hidup yang ber PH netral berkisar diantara 5 - 6 . Jika Ph tanah mencapai angka di bawah 5 maka Ph tanah tergolong kedalam Ph Asam , jadi untuk menetralkan Ph tanah lakukan pengapuran menggunakan Dolomit . Lakukan hal ini Satu Bulan sebelum peroses penanaman di lakukan .

Baiklah setelah pembaca mengetahui tempat hidup yang baik untuk tanaman kacang hijau maka selanjutnya kita akan membahas Poin - Poin penting yang akan membantu kamu untuk mengetahui Cara Budidaya Kacang Hijau .

Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau


Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau


Tanaman Kacang Hijau dapat di budiayakan dengan melakukan proses sebagai berikut :

  1. Pengolahan Lahan Tanam Kacang Hijau
  2. Penyemaian Biji Kacang Hijau
  3. Penanaman Bibit Kacang Hijau
  4. Perawatan Tanaman
  5. Panen

5 Langkah Praktis Menanam Kacang Hijau ini dapat pembaca terapkan sendiri di lahan tanam pembaca . Untuk lebih jelasnya poin - poin ini dapat pembaca ketahui dengan gamblang setelah membaca sesuatu di bawah sini .

Pengolahan Lahan Tanam


Seperti yang sudah Maintanam katakan di atas bahwa tanaman kacang hijau memiliki tempat dan kriteria yang baik untuk ia hidup . Jika pembaca sudah menemukan tempat hidup yang baik untuk melakukan budidaya kacang hijau maka lakukan hal berikut ini :
  • Bersihkan semua jenis rumput atau tanaman liar dengan cara di obat atau di cabut .
  • Jika tanah memiliki kandungan tanah ( Tanah Bersifat Asam ) Lakukan penetralan ph tanah .
  • Lakukan Pembajakan pada lahan tanam tersebut / Lakukan penggulutan .
  • Lahan Sudah siap Untuk Di tanami .

Penyemaian Biji Kacang Hijau


Penyemaian Biji Kacang Hijau


Penyemai biji dari tanaman kacang hijau dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Beli biji kacang hijau di pasar
  • Cuci biji kacang hijau sampai bersih
  • Rendam menggunakan air
  • Angin Anginkan
Saat proses biji kacang hijau di angin - anginkan ini , akan mucul tunas - tunas dari kacang hijau yang sudah siap di jadikan bibit penanaman dari kacang hijau itu sendiri .

Penanaman Bibit Kacang Hijau


Penanaman Bibit Kacang Hijau


Proses penanaman dari tanaman kacang hijau dapat di lakukan dengan cara membuat lubang sedalam 3 Cm . Selanjutnya masukan 2 butir benih dalam setiap lubangnya , jangan lupa untuk menimbun kebali lubang tersebut . Cara ini sama persis dengan Proses Menanam Jagung , jika pembaca sudah mengetahui proses menanam dari jagung maka anda pasti dapat menangkap apa yang Maintanam.com katakan di atas .

Perawatan Tanaman Kacang Hijau


Perawatan Tanaman Kacang Hijau


Perawatan dari tanaman kacang hijau di bagi menjadi beberapa proses perawatan , dintaranya adalah :
  1. Penyiraman ( Pengairan )
  2. Pemupukan
  3. Penyulaman
  4. Penyiangan

Keterangan :
  • Penyiraman dapat di lakukan seminggu 2 kali (tergantung juga terhadap curah hujan saat penanaman)
  • Pemupukan di berikan 1 bulan sekali ( Idealnya ) .
  • Penyulaman wajib di lakukan untuk memperoleh hasil panen yang maksimal jika di temukan bibit yang tidak tumbuh dengan baik / mati .
  • Penyiangan dapat di lakukan jika di rasa sudah banyak tumbuhan / rumput yang hidup di sekitar lahan tanam .

Panen Kacang Hijau


Masa panen kacang hijau adalah 60 - 80 hari setelah proses penanaman . Pemanenan dapat di lakukan setiap hari secara berahap . Kacang hijau yang sudah siap di panen memiliki ciri sebagai berikut :

  • Polong berwarna coklat
  • Mudah pecah
  • Poling terlihat kering

Setelah polong kacang hijau sudah menunjukan ciri - ciri tersebut segera lakukan pemanenan supaya polong kacang hijau tidak pecah di tangkainya . Hal ini akan membuat Biji Kacang Hijau jatuh dan akhirnya terbuang sia - sia . Selain itu proses , jika pembaca melakukan proses pemanenan secara tepat maka pohon kacang hijau akan secara otomatis melakukan peremajaan ulang sehingga dapat memproduksi bunga dan kacang hijau baru untuk di panen pada bulan berikutnya .

Selesai sudah pembahasan kita kali ini yang mengulas Cara Menanam Kacang Hijau . Jika ada saran dan pertanyaan , silahkan masukan hal tersebut kedalam kolom komentar yang sudah Maintanam.com sediakan dibawah sini . Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk banyak orang dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel