Cara Budidaya Tanaman Kedelai Hasil Panen Melimpah

Cara Budidaya Tanaman Kedelai Hasil Panen Melimpah - Tanaman yang tergolong kedalam jenis kacang - kacangan ini memang sangat sering di konsumsi oleh lidah orang indonesia . Kedelai atau yang lebih akrap di sapa dengan nama Dele , merupakan tanaman yang dapat di olah menjadi makanan atau minuman yang bernilai gizi tinggi . Beberapa makanan atau minuman seperti Tahu , Tempe dan Sule merupakan bentuk jadi dari olahan bahan dasar dele / kedelai .

Maraknya olahan - olahan dari kedelai membuat permintaan pasar akan kacang kedelai meningkat pesat . Hal ini tentu membuat celah bisnis tersendiri untuk para petani , namun sayang jarang sekali petani yang mengetahui bagaimana cara menanam dele ini . Oleh karena itu di perteuan kali ini , Maintanam.com akan mengulas Proses Menanam Kedelai dari awal hingga akhir .

Cara Budidaya Tanaman Kacang Kedelai


Cara Budidaya Tanaman Kacang Kedelai


Sebelum memulai proses penanaman dari kacang kedelai , pembaca akan di suguhakan terlebih dahulu habitat hidup yang baik untuk memulai budidaya kacang kedelai . Kacang kedelai dapat di tanam pada wilayah yang cukup panas dengan suhu maksimal mencapai 35 Derajat Celcius dan dengan curah hujan 200 MM/ Bulan .

Tanaman Kacang Kedelai sangat menyukai Ph tanah di atas 6 . Kebanyakan dengan curah hujan 200 MM/ Bulan dan dengan suhu optimal 35 C , Ph tanah adalah netral berkisar diantara 5 - 6 untuk meningkatkan ph tanah pembaca dapat melakukan pengapuran lahan tanam dengan memberikan dolomit atau bahan lainnya yang mampu meningkatkan Ph tanah .

Baik jika pembaca sudah mengetahui lahan yang baik untuk melakukan budidaya kacang kedelai , maka langkah selanjutnya adalah Belajar Menanam Kacang Kedelai . Sebelum memulai belajar , anda wajib tahu untuk menanam kedelai di bagi menjadi beberapa proses . Beberapa proses ini diantaranya adalah :

  1. Pemilihan Benih Kedelai
  2. Pengolahan Lahan
  3. Penanaman
  4. Perawatan
  5. Panen Kedelai

5 Poin di atas akan mengajarkan kamu bagaimana cara menanam kedelai dengan baik dan benar . Agar tidak membuang banyak waktu mari kita bahas secara detail poin - poin tersebut .

Pemilihan Benih Kedelai


Pemilihan dari bibit kacang kedelai sangat berpengaruh besar dengan pertumbuhan dari tanaman kacang kedelai ini nantinya . Pilihlah bibit kacang kedelai yang berasal dari hasil panen terbaik , selian itu gunakan bibit yang tidak cacat atau rusak sehingga saat di tanam bibit akan mengeluarkan tunas baru dan bukan malah membusuk di dalam tanah .

Pengolahan Lahan Tanam Kacang Kedelai


Kacang kedelai merupakan tanaman yang suka hidup di tempat kering , jadi pembaca dapat menanam kacang kedelai di ladang - ladang yang memiliki asupan cahaya matahari yang cukup ( kacang kedelai tidak bisa di tanam pada tempat yang teduh ) . Jika pembaca ingin menanam kacang kedelai di lahan sawah ushakan proses penanaman ini di lakukan saat musim kemarau sedang berlangsung . Hal ini tentu sangat berguna untuk petani mengingat Menanam Padi tidak bisa dilakukan saat musim kemarau datang .

Buatlah petakan - perakan dengan lebar 4 - 8 Meter sesuai dengan keinginan anda , untuk panjang petakan tersebut dapat di buat sesuai dengan luas lahan yang ingin di tanami . Beri jarak antara petakan satu dengan petakan lainya dengan membuat parit di antara petakan tersebut . Luas parit yang ideal untuk membuat lahan tanam kacang kedelai adalah 25 Cm dengan kedalaman parit mencapai 30 Cm . Agar lahan tanam mudah di tanami saat proses penanaman di lakukan , ada baiknya untuk melakukan penggemburan lahan tersebuh dahulu . Caranya dengan mecangkul /dan membalik tanah sehingga tanah yang basah berada pada bagian luar dan tanah yang kering berada di bagian dalam tanah .

Belum selesai di sini pengolahan lahan dari kacang kedelai , sebelum di lakukan proses penanaman lahan haruslah subur dan memiliki kandungan makanan yang melimpah untuk bibit kacang kedelai nantinya . Oleh karena itu lahan wajib di beri pupuk dasar yang memiliki komposis sebagai berikut :
  • TSP sebanyak 75 kg – 200 kg/hektar .
  • KCl 50 kg – 100 kg/hektar .
  • Urea 50 kg/hektar.
Taburkan pupuk - pupuk tersebut secara merata sehingga tanah akan mampu merangsang pertumbuhan dari tanaman kacang kedelai nantinya .

Penanaman Bibit Kacang Kedelai Pada Lahan Tanam


Penanaman Bibit Kacang Kedelai Pada Lahan Tanam


Penanaman dari kacang kedelai dapat di lakukan dengan bantuan alat seperti alu / kayu yang di runcingkan bagian bawahnya . hantamkan kayu / alu yang di runcikan tersebut pada petak - petak lahan tanam . Dengan pembaca menghantamkan kayu yang sudah di runcingkan tadi maka akan di dapatkan lubang sedalam 3 - 5 Cm . Masukan 2 - 3 butir kacang kedelai dan kubur bibit kacang kedelai secara tapis agar tunas muda dari bibit kacang kedelai mudah untuk menembus tanah .

Cara Menanam Kacang Kedelai ini dapat di praktekan juga di saat pembaca Menanam Kacang Hijau , Menanam Jagung dan aneke jenis kacang - kacangan lainya .

Perawatan Tanaman Kacang Kedelai


Perawatan Tanaman Kacang Kedelai


Perawatan dari tanaman kedelai di bagi menjadi beberapa tahap , tahapan yang pertama adalah peberian Mulsa ( Pelindung ) . Untuk mengurangi penguapan tanah , pembaca dapat mengambil jerami ataupun pelepah kelapa dan tutupkanlah pada bagin petakan yang sudah di tanami oleh bibit kacang kedelai tadi .

Yang kedua adalah Penyulaman , Setelah satu minggu setelah proses penanaman di lakukan . Pembaca dapat melihat munculnya tunas - tunas muda yang mulai mucul ke permukaan tanah . Jika dalam kurun waktu tersebut tunas muda dari kacang kedelai tidak mucul maka mungkin bibit kacang tidak tumbuh dengan sempurna atau bahkan mati . Oleh karena itu lakukan penyulaman jika pembaca mendapati hal tersebut terjadi di lahan tanam anda .

Yang ketiga , Lakukan penyiraman tanaman . Penyiraman dapat di lakukan 1 - 2 kali dalam sehari , dapat di lakukan saat sore hari ataupun di pagi hari . Penyiraman di lakukan dengan secukupnya saja tidak usah terlalu basah saat melakukan penyiraman .

Yang ke empat , Pemberian pupuk susulan . Pemberian pupuk susulan ini di berikan supaya tanaman kacang kedelai dapat tumbuh dengan baik dan tahan terhadapat beberapa hama dan penyakit . Pemberian pupuk susulan ini ideal di lakuakn setelah masuk ke 20 - 30 Hari setelah proses penanamana di lakukan . Adapun jenis pupuk yang di berikan antara lain :
  • Pupuk Urea 50 Kg / Hektar
  • Zpt ( Dosis mengikuti Anjuran )
  • Ppc ( Dosis mengikuti Anjuran )

Masa Penen Kacang Kedelai


Masa Penen Kacang Kedelai


Kedelai / Dele memasuki masa panen yang berbeda - beda . Namun untuk mempermudah anda pengetahui Tanaman Kacang Kedelai yang sudah siap di panen , Maintanam.com akan memberikan ciri - cirinya . Ciri dari tanaman kacang kedelai yang sudah siap di panen diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Daun Kacang Polog sudah banyak yang kering dan berguguran .
  • Warna Polong yang dulu hijau kini terlihat menjadi warna coklat
  • Pohon / Batang Kacang mulai mengering

Saat tanaman kacang kedelai anda sudah menunjukan ciri - ciri tersebut . Itu tandanya tanaman kacang kedelai anda sudah siap atau masuk kedalam musim panen .

Itulah tadi Proses Penanaman Kacang Kedelai yang dapat di sampaikan kepada anda semua . Semoga pembelajaran yang sedikit ini memberi manfaat yang banyak untuk orang yang mau belajar . Terimakasih sudah berkunjung ke Maintanam.com , jika ada pertanyaan silahkan tuangkan di kolom komentar di bawah sini dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel