Cara Menanam Bayam Merah Secara Mandiri di Rumah

Cara Menanam Bayam Merah Secara Mandiri di Rumah - Budidaya tanaman sayur bayam merah merupakan sesuatu yang gampang - gampang susah . Sayur yang kaya akan zat besi ini merupakan makanan yang sangat di sukai oleh banyak orang . Selain karna rasanya yang nikmat , Sayuran Bayam Merah memiliki warna yang mencolok dan menambah nafsu makan .

Warna merah yang mencolok membuat anak - anak yang biasanya malas untuk memakan sayur kini mulai menjadi penggemar sayur . Jika anda memiliki anak atau adik kecil yang memang menyukai Bayam Merah , kalian dapat belajar menanam sendiri sayuran jenis ini . Jika belum tahu caranya , silahkan ikuti saja tutorial di bawah sini .

Cara Menanam Bayam Merah di Rumah


Cara Menanam Bayam Merah di Rumah


Sebelum menanam bayam merah , pembaca wajib mengetahui lokasi yang pas untuk membudidayakan tanaman ini . Bayam merah biasa hidup di daerah yang lembab dan memiliki curah hujan sedang . Selain itu lahan tempat hidup dari bayam haruslah subur , bayam juga mendapat asupan cahaya matahari yang cukup untuk proses pertumbuhanya .

Untuk menanam Bayam Merah di perlukan beberapa fase yang dapat pembaca kerjakan sendiri di rumah . Beberapa fase ini adalah :

  1. Penyiapan Lahan Bayam Merah
  2. Penyemaian Benih Bayam Merah
  3. Penanaman Bayam Merah
  4. Perawatan Bayam Merah
  5. Pemanenan Bayam Merah


Semua fase di atas akan kita bahas satu - persatu di sini .

Persiapan Lahan Tanam Bayam


Persiapan Lahan Tanam Bayam


Persiapan lahan tanam bayam merah cenderung sama dengan saat pembaca Belajar Menanam Kangkung . Pembaca dapat membuat gulutan - gulutan yang memiliki lebar 1 Meter dengan panjang tergantung lahan yang ingin di tanami . Gulutan satu dengan yang lain dapat di beri jarak sejauh 50 Cm , Banyaknya gulutan dapat pembaca buat sesuai dengan luas lahan tanam tersebut .

Penyemaian Benih Bayam Merah


Penyemaian Benih Bayam Merah


Penyemaian benih bayam boleh di lakukan atau tidak . Jika pembaca tidak melakukan penyemaian maka pembaca dapat langsung menaburkan bibit di lahan tanam yang sudah pembaca siapkan tadi . Namun pembaca harus tahu , banyak sekali keuntungan dari menyemai benih bayam sebelum memutuskan untuk menanamnya pada media tanam .

Jika pembaca memilih menyemai terlebih dahulu benih bayam merah , maka nanti saat proses penanaman pembaca dapat menyusun rapi tempat tumbuhnya bayam merah . Selain itu dengan melakukan proses penyemaian bayam merah terlebih dahulu , potesi hidup dari Bayam Merah menjadi meningkat 60 % .

Penanaman Bayam Merah


Penanaman Bayam Merah


Lahan tanam yang sudah di buat menjadi gulutan - gulutan , maka proses penanaman akan semakin mudah , hal ini dikarenakan tekstur tanah menjadi lebih gembur dan subur . Proses penanaman hanya perlu menancapkan akar bayam kira kira sedalam 3 - 5 Cm . Berilah jarak tanaman bayam satu dengan yang lain sejauh 20 Cm persegi . Lakukan proses ini hingga semua bibit tertanam dan perhatikanlah posisi bayam yang di tanam , bayam yang di tanam harus berada dalam posisi berdiri tegak lurus keatas .

Sedikit tips saat melakukan proses penanaman . Sebelum proses penanaman , siramilah lahan tanam supaya tanah menjadi lebih basah dan agar bibit bayam langsung mendapat asupan air sehingga bibit bayam tidak mudah kering .

Tips selanjutnya adalah , lakukan proses penanaman saat sore hari . Di sore hari cahaya matahari akan tidak telalu lama membakar bibit yang baru di tanam sehingga potensi hidupnya akan bertambah .

Perawatan Tanaman Bayam Merah


Perawatan dari bayam merah cukup mudah dan sederhana , pembaca hanya perlu melakukan penyiraman setiap sore harinya . perawatan lain adalah melakukan peyiaman jika di temukan tanaman lain di lahan tanam bayam merah .

Jika hama seperti walang sangit , ulat dan siput mencoba untuk menyerang tanaman bayam merah anda . Lakukanlah penyemprotan pestisida supaya hama serangga yang menyerah berlari menghindari tanaman anda .

Panen Bayam Merah


Panen Bayam Merah


Proses pemanenan dari bayam merah di bagi menjadi dua cara . Cara yang pertama adalah dengan melakukan pencabutan akar bayam merah . Bayam merah yang di panen dengan cara cabut akar maka nilai jualnya akan menjadi lebih tinggi di banding dengan cara yang kedua . Cara yang kedua adalah dengan panen potong , pohon bayam merah dapat di potong pada bagian batang utamanya . dengan melakukan tehnik ini maka pembaca tidak perlu melakukan penanaman ulang karena akar dari bayam masih hidup dan akan mucul cabang - cabang baru dari batang utama bayam merah ini yang dapat di panen pada bulan berikutnya . Bayam merah selain dapat di konsumsi , tanaman ini juga bisa di jadikan tanaman hias . tanaman bayam merah biasa di jadikan Tanaman Hias Outdoor seperti di taman atau halaman rumah .

Selesai sudah pembahasan kita pada pertemuan kali ini yang membahas tentang Cara Menanam Bayam Merah . Semoga yang sedikit ini dapat membantu anda untuk belajat tehnik budidaya tanaman ini . Jika ada pertanyaan seputan budidaya bayam merah , jangan ragu untuk memberikan komentar anda di bawah sini . Sebelumnya terimakasih sudah berkunjung di Maintanam.com dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel