Cara Menanam Bonsai Santigi Secara Mudah

Cara Menanam Bonsai Santigi Secara Mudah - Bonsai merupakan tehnik mengkerdilkan tanaman , tehnik ini dapat di terapkan ke beberapa jenis tanaman yang memang ingin di olah menjadi tanaman hias bonsai . Santigi merupakan jenis tanaman yang dapat dikerdilkan atau di bonsai . Untuk pembaca yang ingin belajar melakukan tehnik bonsai terhadap tanaman santigi dapat mengikuti trik yang di bagikan Maintanam.com di bawah sini .

Bonsai santigi memiliki nilai jual yang lumayan tinggi . Hal ini di karenakan proses dari membuat bonsai santigi ini cukup memakan waktu yang lumayan lama . Beberapa proses yang perlu di lakukan untuk membuat bonsai santigi adalah Penanaman Santigi dan kemudian berlanjut ke proses pembuatan bonsai ( Pengkerdilan ) .

Cara Menanam Santigi Secara


Cara Menanam Santigi Secara


Penanaman santigi di bagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah :

  • Mempersiapkan Benih / Biji Santigi .
  • Penyemaian Benih .
  • Pembuatan Media Tanam
  • Penanaman
Untuk mempersingkat durasi pembahasan kita , langsung saja kita ulas satu - persatu materi di atas .

Mempersiapkan Benih


Benih santigi merupakan biji dari bunga santigi , anda yang sebelumnya sudah memiliki tanaman ini dapat mengambil biji dari bunga santigi . Namun bagi anda yang belum memiliki benih tersebut , kalian dapat membelinya di toko online atau di toko bunga terdekat .

Penyemaian Benih


Benih dapat di semai melalui media rockwol atau dengan mencoba membuat media semai seperti arang sekam , pupuk kompos dan juga tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 2 . Taburkan benih di atas permukaan media semai dan timbun secara tapis menggunakan tanah . Lakukan perawatan benih dengan menyiraminya secara rutin di sore hari dengan menggunakan semprotan . Hidari menyiram menggunakan selang karna dapat membuat benih bertaburan tidak tertutup dengan tanah lagi .

Membuat Media Tanam


Siapkan pot hias yang sesuai dengan selera anda , Pot yang baik untuk di tanamai bonsai santigi adalah pot yang biasa di gunakan pembonsai saat Membuat Bonsai Beringin . Namun kembali lagi kepada selara masing - masing dari setiap penanam .

Isi pot dengan menggunakan matrial tanah yang sudah di campur dengan Pupuk Bonsai dengan perbandingan 3 : 1 . Isikan pot dengan padat bahkan jika di perlukan buat seperti gundukan tanah supaya akan terkesan media tanam seperti perbukitan / gunung .

Menanam Santigi Pada Media Pot


Menanam Santigi Pada Media Pot


Saat bibit santigi sudah memuculkan tunasnya dengan ketinggian berkisar diantara 10 - 20 Cm , kalian dapat melakukan penanaman di media tanam . Caranya dengan membuat lubang sedalam 3 - 5 Cm kemudian masukan bibit kedalam lubang tersebut ,  jangan lupa untuk melakukan menimbun kembali meggunakan tanah .

Rawatlah tanaman santigi ini layaknya merawat tanaman hias lainya , lakukan pemupukan sebulan sekali , beri asupan air yang cukup dengan cara menyirami secara rutin dan pemangkasan batang yang tumbuh tidak wajar .

Proses Pembonsaian Tanaman Santigi


Proses Pembonsaian Tanaman Santigi
Proses Pembonsaian / Pelilitan Santigi


Saat tanaman santigi sudah tumbuh dan memiliki batang yang kuat maka proses pembonsaian sudah dapat di lakukan . Ada beberapa tahapan yang dapat anda kerjakan supaya proses pembonsaian dapat di lakukan dengan mudah . Cara tersebut adalah dengan melakukan Stek Tanaman Santigi , namun jika pembaca merasa malas untuk melakukan proses stek ini tidak masalah , karena jika kalian tidak tanpa melakukan proses stek pun masih dapat di lakukan pembonsaian pada tanaman santigi .

Stek Santigi
Stek Santigi / Bahan Bonsai Santigi


Cara membonsai tanaman santigi adalah dengan menghambat pertumbuhanya . Cara Menghambat Pertubuhan Santigi adalah dengan rajin memangkas cabang - cabang tanaman , selain itu lakukan pelilitan pada bagian batang tanaman santinggi .

Pelilitan ini selain memiliki fungi untuk menghambat pertumbuhan satigi , juga dapat di gunakan sebagai mengatur pola dari bonsai santigi . Pelilitan ini dapat dengan menggunakan media seperti kawat dengan ukuran 1 / 3 . Namun ingat saat melakukan pelilitan dan pembentukan pola bonsai santigi , jangan sampai kemiringan lekung pola melebihi sudut 50 Derajat karena mampu membuat batang menjadi patah .

Sedikit tips untuk anda yang ingin melakukan pembonsaian terhadap tanaman ini , jangan sampai anda melakukan pembentukan ke batang pohon yang sudah tua . Idealnya pembentukan ini di lakukan pada bagian batang atau ranting yang masih muda dikarenakan batang mudah lebih mudah di tentuk dan masih lentur .

Itulah tadi beberapa tips dan trik yang dapat Maintanam.com bagikan kepada anda semua tentang bagaimana Cara Menanam dan Membuat Bonsai Santigi . Jika ada pertanyaan tentang tips - tips di atas , jangan ragu menyanyakanya menggunakan kolom komentar yang ada di bawah sini . Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan sampai bertemua lagi di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel