Cara Menanam Duku Supaya Rajin Berbuah

Cara Menanam Duku Supaya Rajin Berbuah -  Duku merupakan tanaman buah yang cukup mudah dalam pembudidayaanya . Hal ini di buktikan dengan riset dan juga membludaknya buah duku saat tiba masa musim panen dari buah duku . Saat musim panen duku tiba harga duku menjadi sedikit menurun ketimbang saat hari - hari biasa . Ini semua di karenakan stok duku yang membludak sehingga pedagang menjual murah buah duku supaya cepat laku dan stok duku habis .

Namun harga duku menjadi melejit ketika stoknya terbatas . Survey pasar mengatakan saat stok membludak maka harga naik namun saat stok duku terbatas harga duku menjadi tinggi . Di kesempatan kali ini kita akan mensiasati bagaimana Cara Menanam Duku Supaya Rajin Berbuah .


Cara Menanam Duku Supaya Rajin Berbuah



Cara Menanam Duku Supaya Rajin Beruah


Duku merupakan tanaman buah yang masih berkeluarga dekat dengan Tanaman Buah Kelengkeng . Cara menanam kedua tanaman ini cenderung sama saat anda belajar Cara Menanam Kelengkeng , untuk anda yang mau belajar cara menanam buah duku ini , anda dapat mengikuti tips yang Maintanam.com katakan di bawah sini .

Untuk menanam buah duku , di perlukan beberapa step yang anda harus pahami . Beberapa langkah ini dapat kalian baca di bawah sini :

  1. Lahan Yang Baik Untuk Di Tanami Duku
  2. Mencari Bibit Unggul
  3. Perawatan Tanaman Duku
  4. Mengatasi Hama Duku 

Dari setiap poin di atas , maintanam.com akan mengulas satu - persatu dari setiap poin di atas .

Lahan Tanam Buah Duku


Tempat tumbuh buah duku yang baik adalah lahan yang berada di ketinggian 600 Dpl ( Di Atas permukaan laut ) . Selain itu tanah yang baik untuk tanaman duku supaya rajin berbuah adalah jenis tanah latosol, podsolik kuning .

Tanaman duku merupakan tanaman yang istimewa , saat tanaman lain tidak mampu tumbuh di bawah tanaman lain ataupun harus memiliki lahan terbuka . Tanaman Buah Duku dapat hidup dan tubuh dengan baik di sekitar tanaman lain walau ia tidak mendapat asupan sinar matahari secara penuh .

Jadi tanaman duku dapat di katakan merupakan tanaman yang mampu hidup menyesuaikan tempat ia tumbuh atau di tanam dengan kata lain , duku merupakan tanaman yang toleran terhadap lahan se-adanya .

Untuk mengolah lahan agar siap di tanami duku , kalian hanya perlu membuat lubang sedalam 50 Cm dan di beri jarak antar lubang lainya sejauh 7 - 10 Meter .

Mencari Bibit Unggulan Duku


Mencari Bibit Unggulan Duku


Ada banyak sekali farian jenis duku yang baik untuk di budidayakan . Beberapa farian duku ini dapat ada ketahui pringkatnya di bawah sini .

  1. Duku Palembang ( Rasuan )
  2. Duku Condet
  3. Duku Karang Anyar
Anda dapat memilih jenis mana yang ingin di budidayakan . Maintanam.com menyarankan untuk anda Menanam Duku Palembang karena duku jenis ini merupakan duku terbaik menurut riset kementrian , petani duku dll .

Perawatan Tanaman Duku


Supaya duku dapat tumbuh dengan baik , maka di perlukan perawatan yang baik dan benar . Perawatan yang baik dan benar ini akan menunjang tanaman duku supaya rajin berbuah . Untuk awal perawatan anda dapat memberikan pupuk kandang atau kompos supaya tanah lahan tanam duku menjadi subur .

Setelah 3 Bulan setelah proses penanaman bibit duku di berikan maka perawatan selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk sususlan yang berupa pupuk kimia . Pupuk kimia yang di berikan sebagai pupuk susulan adalah Pupuk Urea , Pupuk KCL dan P2O5 . Untuk komposisi percampuran pupuk ini adalah 100 : 50 : 50 Satuan gram .

Ketahui Hama Duku


Hama dari tanaman duku tidaklah banyak seperi anda Belajar Menanam Cabe , namun hama ini kerap kali menyerang tanaman duku . Anda harus mewaspadai beberapa hama yang dapat menyerang tanaman duku .

Hama Kutu Putih , hama ini biasa menyerang tanaman duku saat duku mulai berbuah . Hama ini akan memberikan efek yang kurang baik yaitu buah akan rontok sebelum tua . Jadi wapadalah saat hama ini menyerang karena dapat membuat anda gagal panen .

Adapaun untuk hama yang lain yang cukup ganas dapat di timulkan dari serangan hewan seperti serangga (Helopeltis sp.) saat serangga ini menyerang tanaman duku anda maka dapat di pastikan akan timbul beberapa penyakit seperti tumbuh tunas pendek, rapat, bergerombol, dan membengkok . 

Untuk mengatasi hama - hama di atas kalian dapat memberikan obat seperti Insektisida Tamaron dan jika tanaman anda sudah terserang olah hama tersebut , maka alangkah lebih baik jika anda melakukan perantingan / peremajaan tanaman .

Itulah tadi tips yang dapat Maintanam.com bagikan kepada anda tentang Cara Menanam Duku Supaya Rajin Berbuah . Saat anda mengetahui perawatan dan juga cara mengatasi penyakit dari tanaman duku , maka dapat di pastikan bawah tanaman duku akan rajin berbuah . Sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke Maintanam.com dan samapai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel