Cara Menanam Kelengkeng Supaya Cepat Berbuah

Cara Menanam Kelengkeng Supaya Cepat Berbuah - Tanaman kelengkeng merupakan tanaman yang tergolong ke jenis tanaman buah . Kelengkeng merupakan buah yang sering sekali di konsumsi oleh penduduk indonesia , rasa dari buah kelengkeng ini cukup khas dan berbeda dengan buah - buah lainya . Jika di lihat dari kulit luar Buah Kelengkeg mirip sekali dengan buah duku / langsap , namun jika di buka daging buah lebih mirip dengan buah rambutan .


Cara Menanam Kelengkeng Supaya Cepat Berbuah



Cara Menanam Kelengkeng Supaya Cepat Beruah


Bicara soal Buah Kelengkeng di pertemuan kali ini Maintanam.com akan membagikan kepada pembaca sekalian Cara Menanam Kelengkeng dari awal hingga panen . Cara yang di pakai ini cukup efesien dan di gemari oleh para pembudidaya tanaman kelengkeng . Hal ini di karenakan Kelengkeng Cepat Sekali Berbuah , pembaca yang sudah tidak sabar mengikuti cara tersebut silahkan bergeser kebawah sini .

Untuk memulai prosesnya di sini Maintanam.com akan membagi Cara Menanam Buah Kelengkeng menjadi beberapa poin . Beberapa poin ini diantaranya adalah :

  • Pembibitan
  • Penanaman
  • Perawatan
  • Pamanenan


Untuk mempersingkat durasi pembahasan kita kali ini mari kita mulai meulas satu persatu poin - poin di atas .


Pemilihan Bibit Kelengkeng



Pemilihan Bibit Kelengkeng


Bibit kelengkeng dapat pembaca beli di toko pertanian terdekat atau jika pembaca malas untuk membelinya di toko pertanian , anda dapat membuat sendiri bibit kelengkeng yang berasal dari biji buah kelengkeng . Biji kelengkeng yang baik untuk di jadikan bibit merupakan biji yang memiliki warna yang mengkilap dan berukuran besar .

Tanaman Buah Kelengkeng memiliki cukup banyak jenis , namun ada 2 jenis kelengkeng yang memiliki masa buah yang singkat . Yang pertama adalah Jenis Kelengkeng Pingpong dan yang kedua adalah Kelengkeng Diamond Riiver . Pembaca dapat memilih salah satu dari kedua jenis kelengkeng ini untuk di budidayakan jika anda ingin memperoleh tanaman kelengkeng yang cepat berbuah .


Penanaman Bibit Kelengkeng


Bibit kelengkeng yang sudah siap ditanam pada media tanam , adalah bibit yang sudah memiliki beberapa helai daun dan tinggi mencapai 1 - 2 Jengkat tangan . Penanaman sendiri dapat di lakuan di berbagai media seperto Pot ataupun langsung pada tanah . Saat bibit baru di tanam jangan birkan hewan seperti ayam , bebek berkeliaran di sekitar tanaman kelengkeng karena ayam dan bebek akan merusak daun / tunas muda dari tanaman kelengkeng anda . Di awal penanaman hewan - hewan ini akan menjadi hama untuk tanaman , jadi alangkah baiknya untuk mebuat pagar pelindung tanaman .

Untuk cara penanaman dari Bibit Kelengkeng adalah dengan mebuat lubang sedalam 5 - 8 Cm tergantung dengan besar bibit yang ingin pembaca tanam . Atur jarak antar buah kelengkeng sejauh 5 - 7 X 5 Meter supaya saat pohon tumbuh besar tidak mengganggu pertumbuhan atar pohon kelengkeng satu dengan yang lain .


Perawatan Pohon Kelengkeng


Di awal perawatan pembaca dapat memberikan Pupuk Kandang / setiap bulanya . Selain itu perhatikan juga lahan tanam anda , jangan sampai wilayah tempat tumbuhnya pohon kelengkeng menjadi teduh karena pohon kelengkeng memerlukan asupan cahaya matahari yang cukup untuk proses pertumbuhanya .

Setelah Pohon Kelengkeng berusia 6 Bulan pohon kelengekeng akan mulai berbunga dan menghasilkan buah . Jika dalam usia 6 bulan pohon kelengkeng belum mengeluarkan bunga dan berbuah maka pembaca dapat meggikuti tips di bawah sini .


Tips Merangsang Kelengkeng Cepat Berbuah


  • Kerok kulit dari cabang dan juga batang pohon kelengkeng secara tipis menggunakan bambu .
  • Campurkan Pupuk Booster menggunakan air bersih sebanyak 4 Liter
  • Aduk Samapi pupuk larut dengan air
  • Setelah larut ambil kalian lap dan lapkan pada batang dan juga cabang Pohon Kelengkeng yang sudah di kerok
  • Sisa air larutan pupuk dapat pembaca gunakan untuk memupuk bagian akar dari pohon kelengkeng 
Tehnik ini akan merangsang tumbuhnya bunga dari pohon kelengkeng , bunga inilah yang akan memicu munculnya buah kelengkkeng . Jika di perhatikan dengan seksama cara ini mirip sekali dengan pemberian Nutrisi Untuk Tanaman Hidroponik .

Panen Buah Kelengkeng


Panen Buah Kelengkeng


Pohon kelengkeng yang sudah siap di panen adalah pohon kelengkeng yang sudah memiliki buah yang tua . Ciri dari buah kelengkeng yang sudah tua adalah bentuknya besar dan berisi , selain itu warna akan cenderung lebih gelap . Jika dalam satu pohon sudah di temukan banyak buah kelengkeng yang memiliki ciri tersebut maka kelengkeng sudah siap untuk di lakukan pemanenan .

Mudah bukan untuk ini , Silakan ikuti cara yang sudah Maintanam.com bagikan di atas . Dengan berakhirnya pembahasan kita tentang Menanam Pohon Kelengkeng maka usai sudah pertemuan kita kali ini . Semoga yang di sampaikan di atas dapat di pahami dengan mudha oleh pembaca , jika ada hal yang perlu di pertayakan kepada Maintanam.com jangan ragu untuk berkomentar dibawah sini . Sebelumnya terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel