Cara Menanam Kentang Dengan Hasil Panen Melimpah

Cara Menanam Kentang Dengan Hasil Panen Melimpah - Kentang merupakan tanaman yang tergolong kedalam jenis umbi - umbian . Tanaman jenis ini biasa di tanam pada daerah dataran tinggi , daerah di indonesia yang strategis untuk menanam kentang adalah Jawa Barat di daerah lembah dan untuk di Jawa Timur seperti Bromo sedangkan untuk di Jawa Tengah seperti di wilayah temanggung .

Pada kesempatan kali ini , anda yang ingin Belajar Cara Menanam Kentang dapat mengikuti pembahasan pada pentemuan kali ini hingga selesai .

Cara Menanam Kentang Panen Melimpah


Cara Menanam Kentang Panen Melimpah


Sebelum mencoba untuk menanam kentang , pembaca wajib tahu tempat yang strategis untuk budidaya tanaman kentang . Kentang dapat tumbuh dengan baik jika di tanam pada wilayah dengan kriteria di bawah sini :

  • Di tanam pada ketinggian 1.600 - 3.000 Meter (DPL) 
  • Tempat yang di tanam memiliki kelembapan kurang lebih 85%
  • Curah hujan tempat menanam mencapai 1200 - 1500 MM / tahun.
  • Mendapat asupan hinar matahari minimal 8 Jam
  • Tanah Vulkanis dengan sedikit kadungan pasir
  • Lahan sudah di olah sehingga memiliki drainase yang baik
  • Ph Tanah 5 - 6 Netral ( Tidak asam dan juga terlalu Basa )

Setelah semua kriteria lahan tanam tersebut dikira sudah terpenuhi , maka selanjutnya kita akan belajar bagaimana Cara Menanam Kentang . Untuk proses menanam kentang ini dibagi menjadi beberapa tahapan , beberapa tahapan ini adalah :

Memilih Bibit Kentang Berkualitas


Memilih Bibit Kentang Berkualitas


 Bibit dari tanaman ketang merupakan umbi dari tanaman itu sendiri . Untuk mendapat hasil panen yang baik , kualitas dari bibit yang ingin di tanam haruslah di perhatikan . Bibit yang baik ialah bibit yang memiliki kulit ketang yang baik , tidak terdapat boleng / cacat . Selain itu bibit sudah memiliki kadar air yang lumayan rendah dan sudah di simpan selama 4 bulan setelah panen di lakukan . Umbi kentang yang baik di jadikan bibit juga memiliki ciri seperti sudah timbulnya tunas - tunas muda setinggi 2 Cm dan memiliki banyak akar di bagian bawah umbi .

Mempersiapkan Lahan Tanam

Mempersiapkan Lahan Tanam


Setelah pembaca mengetahui ciri bibit kentang yang baik untuk di budidayakan , selanjutnya adalah belajar bagaimana mengolah lahan tersebut supaya siap untuk ditanami kentang . Berikut adalah langkah - langkah pengolahan lahan :

  • Basmi tanaman liar dengan menggunakan obat rumput
  • Jika lahan menjadi asam karena obat lakukan pengapuran lahan dengan memberi dolomit
  • 2 Minggu selanjutnya bajak lahan tanam dan buat menjadi gulutan - gulutan seperti gambar di atas .
  • Jangan lupa untuk membuat drainase supaya air hujan dapat mengalir dengan lancar

Jika semua langkah tersebut sudah selesai dikerjakan , maka kita dapat beranjak ke tahap selanjutnya.

Proses Penanaman  Bibit Kentang


Proses Penanaman  Bibit Kentang


Kentang dapat di tanam dengan cara yang sangat mudah , buat lubang sedalam bibit kentang di dalam gulutan . Pastikan tunas yang mucul berada bagian atas , selanjutnya timbun kembali bibit kentang tersebut . Lakukan hal tersebut kepada bibit kentang yang lain dan aturlah jarak tanamnya . Jarak yang ideal untuk menanam kentang adalah 10 - 20 Cm meter . Agar bibit kentang terangsang untuk tumbuh dengan cepat maka setelah proses penanaman selesai di lakukan maka sirami menggunakan air yang sudah di campur dengan kompos / pupuk kandang .

Perawatan Tanaman Kentang


Perawatan Tanaman Kentang


Setelah usia tanam mencapai 20 hari lakukan pemupukan  yang bertujuan untuk lebih merangsang tanaman tumbuh subur dan menghasilkan ubi yang bagus pula . Pupuk yang di berikan adalah pupuk padat seperti :

  • Pupuk ZA 150 Kg / Hektar
  • Pupuk KCL 100 Kg / Hektar
  • Pupuk SP36 400 Kg / Hektar
  • Pupuk Urea 500 Kg / Hektar
Cara kerja :

     Taburkan pupuk di sela antar tunas kentang yang mulai meninggi pertama Urea , Hari berikitnya di sambung dengan Kcl dan Za dan pemupukan terakhir gunakan pupuk SP36 .

Air juga perlu di berikan untuk tanaman kentang ini . Kentang di beri asupan air seminggu sekali dan jangan sampai air siraman menggenang karena dapat membuat ubi kentang menjadi busuk dan mengakibatkan gagal panen .

Jika terdapat banyak rumput liar maka penyiangan juga perlu di lakukan supaya tanaman kentang dapat tumbuh dengan optimal .

Masa Panen Kentang


Masa Panen Kentang


Tanaman kentang dapat di panen saat memasuki usia 4 bulan , dalam beberapa kasus dalam waktu 3 bulan kadang kentang juga sudah dapat di lakukan pemanenan . Namun hasil yang di dapat tidak akan se-maxsilam kentang berusia 4 bulan .

Sedikit tips untuk anda yang ingin melakuan pemanenan kentang , lakukan pemanenan saat cuaca sedang panas . Pemanenan yang di lakukan saat posisi tanah sedang basah dapat merusak kualitas kentang karena kentang akan mudah sekali busuk .

Baca Juga :

Bagaimana , mudah bukan Cara Menanam Kentang . Jika anda mengalami kesulitan saat menanam tanaman ketang ini , silahkan ajukan masalah anda di kolom komentar . Sebisa mungkin Maintanam.com akan membantu anda untuk belajar mengatasi masalah tersebut . Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk banyak orang dan terimakasih sudah datang berkunjung . Sampai jumpa dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel