Cara Menanam Padi Saat Musim Kemarau Tiba

Cara Menanam Padi Saat Musim Kemarau Tiba - Musim panas atau kemarau adalah musim dimana air jarang sekali di dapatkan apalagi untuk daerah yang sebelumnya minim akan kandungan air . Padi merupakan tanaman yang amat sangat membutuhkan air , mungkin ini asumsi yang di ketahui beberapa orang yang awam akan pertanian . Padahan ada cara untuk menanam padi bahkan saat musim kemarau tiba . Cara Menanam Padi Saat Kemarau ini dapat kamu terapkan setelah membaca sesuatu yang sudah Maintanam.com suguhkan di bawah sini .

Cara Menanam Padi Saat Musim Kemarau Tiba


Cara Menanam Padi Saat Musim Kemarau Tiba


Tidak semua jenis padi dapat di tanam saat musim kemarau tiba , Ada beberapa jenis padi yang cukup baik di tanam saat musim kemarau tiba . Beberapa jenis padi yang cocok untuk di tanam atau di budidayakan ini antara lain seperti Padi Trisakti atau jenis padi serupa .

Berbeda saat anda Belajar Menanam Padi saat musim pengujan datang , proses menanam padi saat musim kemarau sangatlah singkat dan juga praktis . Prosesi penyemainan yang biasa di lakukan saat menanam padi tidak perlu di lakukan , Petani hanya perlu melakukan pengolahan lahan , penanaman dan juga perawatan . Perawatan dari menanam padi saat musim kemarau juga tidak serumit saat anda menanam di sawah yang mengandung banyak air . Anda hanya perlu melakukan perawatan seperti pemupukan dan pengawasan terhadap hama . Untuk lebih jelasnya anda dapat mengikuti tips di bawah sini .

Pengloahan Lahan Tanam Padi Saat Kemarau


Pengloahan Lahan Tanam Padi Saat Kemarau


Mengolah lahan tanam padi supaya siap di tanami cukuplah simpel dan juga sederhanya . Sawah yang kering hanya perlu di lakukan pembrujulan supaya lahan akan sedikit lebab . Hal ini bertujuan supaya biji padi saat di tanam mampu memunculkan tunas baru , jika anda melewatkan poses ini maka proses tumbuhnya tunas padi akan cukup memakan waktu yang lumayan lama .

Setelah semua lahan telah di brujul / bajak maka buatlah lubang - lubang tempat menanam padi . Lubang di buat dengan kedalaman 7 - 10 Cm . Setiap lubang memiliki jarak 30 Cm X 30 Cm , mungkin anda bertanya " kenapa jarak antar lubang tanam cukup jauh ? " . Hal ini di karenakan untuk menghindari kekurangan asupan makanan tanaman padi .

Kandungan makanan dalam tanah saat musim kemarau datang sangatah terbatas oleh karena itu jarak 30 Cm ini sangatlah ideal sekali di terapkan pada proses Penanaman Padi Saat Musim Kemarau . Setelah semua lahan sudah selasai di lubangi anda dapat berlanjut ke prosesi penanaman .

Penanaman Padi Saat Kemarau


Sebelum di tanam , ada proses yang tidak boleh anda lewatkan . Proses ini adalah proses perendaman bibit di dalam air . Mengingat nanti di lahan tanam air sangatlah terbatas maka anda perlu melakukan perendaman terhadap biji padi yang ingin di tanam . Jika ingin di dapati padi memiliki kulitas yang baik anda dapat melakukan tehnik tambahan seperti mencampurkan benih dengan nematisida seperti pentakur, petrofur, curater atau furadan .

Setelah Padi sudah di rendam selama 1 - 2 Hari maka selanjutanya ada dapat menanam pada lubang - lubang tanam yang sudah anda buat dan kerjakan saat mengolah lahan tanam . Setiap lubang dapat di isi dengan 15 - 20 Biji Benih padi , jangan lupa untuk menutup setiap lubang yang sudah di tanami biji padi . Proses penutupan ini bertujuan menghindari penguapan benih padi dan menghindari padi menjadi kering akibat sengatan sinar matahari .

Setelah proses ini selesai di lakukan maka anda hanya perlu menunggu padi memuculkan tunas mudanya ke permukaan sehingga nanti dapat di lakukan proses perawatan tanaman padi .

Perawatan Padi Trisakti


Perawatan Padi Trisakti


Untuk perawatan dari jenis padi ini , anda dapat melakukan kegiatan seperti penyiangan terhadap lahan jika di temukan rumput - rumput liar yang tumbuh di atas lahan tanam padi . Selain  penyiangan prosesi lain yang perlu anda kerjakan ialah melakukan pemupukan . Pemupukan ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan buah padi ( Gabah ) menjadi lebih baik . Pupuk yang di berikan antara lain ialah Pupuk Urea, TSP/SP 36, KCL dengan dosis menyesuaikan kesuburan lahan tanam .

Selain perawatan ada juga perlu melakukan pengendalian hama . Hama yang mampu menyerang tanaman Padi Saat Kemarau merupakan hewan - hewan seperti Tikus , Burung , Ulat , Wereng , Walang Sangit dan juga jenis hama - hama lainya . Untuk mengatasi aneka macam hama dari tanaman padi , anda dapat memberikan insektisida dan fungisida . Jenis dari insektisida dan fungisida ini cukuplah beragam dan kegunaanya tergantung dari hama yang menyerang . Jika hama yang menyerang adalah jenis hewan yang sudah Maintanam.com sebutkan di atas , ada dapat mengatasi hama tersebut dengan memberikan insektisida berbahan aktif abamectin, misalnya Demolish, Numectin, Agrimec , Alfamex atau Bamex .

Masa Panen Padi Saat Kemarau


Masa Panen Padi Saat Kemarau


Pemanenan dari padi yang di tanam saat musim kemarau tiba cukuplah berfarian . tergantung dari varian yang anda tanam , Ada varian padi yang di tanam selama 3 Bulan Sht sudah dapat di panen dan ada 6 Bulan Sht baru dapat di panen . Proses pemanenan dari tanaman padi saat kemarau sama saja dengan saat anda menanam padi menggunakan trik lain seperi Mina Padi ataupun tehnik - tehnik lainya . Anda hanya perlu melakukan pemangkasan terhadap batang padi dan melakukan prontokan biji padi ( Gabah ) di dalam setiap batangnya .

Itulah tadi proses dan juga tips yang dapat Maintanam.com berikan kepada anda . Semoga anda dapat mengambil ilmu dari setiap coretan yang di berikan admin kepada anda . Jika ada pertanyaan masukan dan juga saran , jangan ragu untuk menuangkan komentar menggunakan kolom yang sudah di sediakan maintanam di bawah sini . Sebelumnya Maintanam.com ucapkan terimakasih yang sebesar - besarnya karena sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pertemuan yang akan datang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel