Cara Menanam Talas 100% Teruji Kesuksesanya

Cara Menanam Talas 100% Teruji Kesuksesanya - Selamat datang di maintanam.com pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara budidaya tanaman talas . Tanaman talas belakangan semakin populer dengan munculnya olahan - olahan pangan khas bandung yang naik daun dengan menggunakan bahan dasar Talas . Talas yang kini dapat di olah menjadi aneka makanan yang menarik dan seha tentu membuat harga talas meningkat pesat . Oleh karena itu , saat ini ramai sekali orang yang ingin ikut untuk membudidayakan tanaman talas ini . Anda pasti salah satunya , Untuk anda yang mau belajar cara menanam talas dapat mengikuti tutorial yang sudah maintanam.com bagikan di bawah sini .

Cara Menanam Talas Hasil Panen Melimpah


Cara Menanam Talas Hasil Panen Melimpah


Talas merupakan salah satu tanaman yang tergolong kedalam jenis umbi - umbian . Hal ini di karenakan talas merupakan tanamana yang menyimpan sarinya di dalam akar sehingga akar menggembung dan di sebut menjadi ubi talas .

Tahukan anda talas sendiri memiliki aneka jenis atau spesies yang beragam , jenis dari tanaman talas ini biasanya di bedakan berdasarkan tepat talas hidup dan asal talas di temukan . Beberapa jenis seperti Talas Bogor , Talas Air , Talas Darat , Senthe , Talas Kimpul , Talas Bencet dan masih banyak jenis talas lainya .

Untuk belajar Membudidayakan Tanaman Talas di perlukan beberapa tahapan yang perlu di kerjakan , Beberapa tahapan ini adalah :


  • Pengolahan Lahan Tanam Talas
  • Pembibita Talas
  • Penanaman Talas
  • Perawatan Tanaman
  • Pengendalian Hama
  • Panen Talas


Peroses demi proses ini akan dapat kamu kerjakan dengan membaca ulasan secara detailnya yang sudah maintanam.com bagikan di bawah ini .

Pengolahan Lahan Tanam Talas


Pengolahan Lahan Tanam Talas


Pengolahan lahan tanama talas dapat di lakukan dengan melihat jenis tanaman talas yang ingin di budidayakan . Namun talas memiliki tempat atau lahan tanam yang umum , maksudnya lahan olahan ini dapat di tanami oleh beberapa jenis tanaman talas tidak memandang jenis dari tanaman talas itu sendiri .

Lahan yang ingin di olah menjadi lahan tanam talas wajib memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Lahan Harus Subur
  2. Tanah Gembur
  3. Dekat Dengan Mata Air / sumber air
  4. Mendapat Asupan Cahaya Matahari yang cukup
  5. Lahan Besih

Setelah semua kriteria ini kalian dapati di lahan yang ingin kalian tanami talas , maka untuk proses pengolahan lahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan semua lahan dari tanaman - tanaman atau rumput sehingga tanah menjadi bersih dari tnaman lainya .
  • Lakukan proses menggemburkan tanah , proses ini dapat kalian lakukan dengan cara membajak lahan atau dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul dll .
  • Buat drainase / parit di sekitar lahan supaya dapat menyerap air dan membuat lahan menjadi lebih lembab .
  • Selanjutnya buat lubang sedalam 5 Cm dengan jarak antar lubang 50 X 50 Cm .
  • Olah lahan dengan memberikan pupuk dasar berupa kompos ataupun pupuk kandang supaya lahan menjadi lebih subur .
  • Biarkan lahan selama 1 minggu sebelum proses penanaman di lakukan .

Mempersiapkan Bibit Talas


Mempersiapkan Bibit Talas


Bibit talas bisa di dapatkan dengan menggunakan dua cara , yang pertama dengan menggunakan tunas muda / anak pohon talas dan yang kedua dengan menggunakan metode menyemai akar ubi talas . Jika anda menggunakan metode mengambil tunas muda talas mungkin proses yang ada kerjakan akan terasa sangat mudah karena anda hanya perlu mengambil di sekitar pohon talas . Namun untuk anda yang sebelumnya belum ada pengalaman menanam tanaman talas atau belum memiliki tanaman talas yang bisa di jadikan bibit anda dapat megikuti trik yang Maintanam.com bagikan di bawah sini .

  1. Beli Ubi Talas yang baru di panen .
  2. Bersihkan tangkai / lompong nya .
  3. Iris menjadi  beberapa bagian ubi talas ( Namun Jangan melukai mata ubi talas ) .
  4. Taburi irisan tadi menggunakan abu bekas tungku pembakaran dapur .
  5. Tanam di dalam polybag atau di dalam pot .
  6. Usahakan tanah tempat menyemai irisan ubi talas ini selalu lebab agar proses tibulnya tunas baru lebih cepat .

Penanaman Bibit Talas


Bibit talas yang sudah siap tanam memiliki kriteria yaitu panjang tunas mencapai 10 Cm . Penanam dari bibit talas di lahan tanam sangat mudah , kalian hanya perlu memasukan tunas talas kedalam lubang yang sudah di siapkan jauh - jauh hari saat proses pengolahan lahan di lakukan . Kemudian timbun kembali menggunakan tanah . Pastikan bibit talas berdiri tegak supaya tidak mudah ambruk saat di lakukan penyiraman ataupun mendapat terjangan angin .

Perawatan Tanaman Talas


Perawatan Tanaman Talas


Perawatan dari tanaman talas dapat di lakuan dengan melakukan penyiraman 4 kali dalam seminggu . Perawatan lain supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik ialah dengan memberikan asupan makanan yang cukup berupa pupuk setiap bulanya .Pupuk yang di berikan berupa pupuk kandang yang sudah di vermentasi atau dengan menggunakan pupuk kompos cair . Selain itu penyiangan lahan juga penting di lakukan supaya menunjang pertumbuhan tanaman talas , penyiangan ini dapat anda lakukan seminggu sekali .

Pengendalian Hama Tanaman Talas


Hama dari tanaman talas ini biasanya merupakan hewan - hewan kecil yang kadang di sepelekan oleh petani talas . Hama tersebut berupa hewan seperti orong - orong , Ulat , Jangkrik Dll . Untuk mengatasi hama - hama tersebut ada dapat menggunakan obat pembasmi serangga pada tanaman seperti pestisida .

Tips Membuat Ubi Talas menjadi Kualitas Super


Untuk meningkatkan kualitas dari ubi talas , pembaca dapat melakukan pemupukan dengan bantuan bahan kimia . Pemberian Pupuk NPK dapat anda lakukan supaya ubi dari talas ini menjadi lebih besar dan menghasilkan ubi hasil panen memiliki bobot dan tampilan lebih menarik .

Tips Panen Talas


Tips Panen Talas


Tanaman talas merupakan tanaman yang unik . Sedikit Tips untuk anda yang ingin memulai budidaya tanaman talas , Pastikan proses pemanenan atau masa panen adalah saat musim kemarau atau panas . Talas yang di panen saat musim panas akan memiliki kualitas yang baik dan rasa yang lebih enak ketimbang talas yang di panen saat musim penghujan datang .

Masa panen dari talas umumnya adalah 8 - 10 Bulan , jadi anda dapat mengira - ngira kapan waktu yang tepat untuk memulai menanam talas ini . Idealnya bididaya tanaman talas di lakukan saat awal musim penghujan supaya saat musim kemarau hampir habis proses pemanenan dapat di lakukan .

Itulah tadi proses - proses Pembididayaan Tanaman Ubi Talas , jika anda pertanyaan ataupun sesuatu yang belum jelas dari pembahasan kali ini , kalian dapat mengajukan hal tersebut dengan memasukan komentar ada di kolom yang sudah di sediakan di bawha sini . Sebelumnya terimakasih sudah berkunnjung ke Maintanam.com dan sampai jumpa di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel