Cara Menanam Terong Organik Di Lahan Terbuka

Cara Menanam Terong Organik Di Lahan Terbuka - Meningkatkan kualitas produksi panen dari terong merupakan sesuatu yang dapat anda pelajari . Hal ini dikarenakan untuk menanam terong secara organik di perlukan ilmu dan juga ketelatenan / ketekunan . Ini semua di akibatkan dari Terong Organik yang tidak dapat di kolaborasikan dengan pupuk - pupuk kimia , karena jika tanaman terong terkontaminasi dengan cairan kimia maka buah dari tanaman terong tidak bisa di katakan sebagai terong organik dan nilai jual dari terong menjadi anjlok .

Berbeda dengan Menanam Terong Dalam Polybag , dalam pengolahan lahan dari tanaman terong organik di perlukan pemrosesan yang perlu di kerjakan . Salain itu untuk perawatan dari terong organik juga terbilang jauh berbeda dengan menanam terong secara biasa . Untuk anda yang ingin belajar cara menanam terong organik anda dapat membaca sesuatu di bawah sini .

Cara Menanam Terong Organik


Cara Menanam Terong Organik


Seperti yang sudah Maintanam.com katakan di atas , dalam menanam terong organik di perlukan beberapa proses yang harus di lewati atau di kerjakan . Beberapa hal yang dapat anda kerjakan ini diantaranya adalah :

Proses Penanaman Terong

  • Pengolahan Lahan
  • Penyemaian Benih
  • Penanaman Bibit
  • Perawatan Tanaman
  • Pemanenan Buah Terong

Untuk mengerjakan proses penanaman terong di atas , anda dapat mengikuti cara yang Maintanam bagikan di bawah sini .

Pengolahan Lahan Tanam Terong Organik


Pengolahan lahan tanam dari sayuran terong di bagi menjadi beberapa proses , proses yang pertama yang perlu di lakukan adalah dengan membersihkan lahan dari semua macam tanaman , rumput liar , dan juga bebatuan . Usahakan juga untuk memastikan lahan tanam mendapat asupan cahaya matahari yang cukup .

Langkah kedua adalah dengan memberikan pupuk dasar , pupuk yang diberikan harus di dapat dari proses alami seperti kompos ataupun pupuk kandang . Pupuk yang di berikan sebagai pupuk dasar ini dapat anda diamkan selama 1 - 2 bulan sebelum jatuh ke hari tanam bibit .

Selanjutnya lakukan pembrujulan / penggemburan tanah dengan bantuan bajak atau dengan menggunakan cangkul . Setelah tanah menjadi gembur , buatlah gulutan - guluran yang lurus dan antar gulutan di beri jarak sejauh 50 Cm .

Penyemainan Benih Terong


Penyemainan Benih Terong


Terong meiliki aneka bentuk dan juga warna , tentukan terlebih dahulu vareitas mana yang ingin anda tanam untuk menjadi Terong Organik . Penyemaian benih terong terbilang cukup mudah , anda dapat melakukan penyemain dengan cara yang sama saat anda Menanam Cabe .

Penanaman Terong Organik di Lahan Terbuka


Penanaman terong cukup mudah , buat lubang sedalam 3 - 5 Cm dan atur antar lubang tanam sejauh 50 Cm . Semakin jauh jarak antar lubang tanam , maka akan semakin optimal pertumbuhan dari tanaman terong itu sendiri . Waktu yang tepat untuk melakukan proses penanaman dari bibit terong ini adalah sore hari saat matahari tidak terlalu menyengat . Proses penanaman yang di lakukan pada saat matahari masih sangat terik akan membuat bibit yang di tanam menjadi cepat layu , oleh karena itu Maintanam.com menyarankan anda untuk melakukan proses ini di sore hari .

Perawatan Tanaman Terong Organik


Perawatan Tanaman Terong Organik


Terong organik memerlukan asupan makanan yang cukup , asupan makanan yang dapat di berikan kepada tanaman terong cukup terbatas . Jika di versi menanam terong secara biasa anda dapat menambahkan pestisida atau pupuk kimia untuk menunjang tanaman terong agar berbuah besar dan berdaun sehat . Di versi Menanam Terong Secara Organik ini semua sangat di larang keras , anda hanya perlu melakukan pemupukan dari pupuk kandang yang sudah matang dan kompos .

Lakukan juga penyiangan di lahan tanam terong supaya asupan makanan untuk tanaman terong tidak terbagi - bagi dengan tanaman atau gulma pengganggu lainya . Jika nanti di dapati daun dari tanaman terong bolong bolong terserang ulat anda tidak usah khawatir , hal ini sudah biasa terjadi mengingat tanaman anda tidaklah menggunakan cairan pestisida .

Pemanenan Terong Organik


Pemanenan Terong Organik


Cara pemanenan dari buah terong cukup mudah , Anda dapat menggunakan alat bantu berupa gunting panen untuk melakukan proses ini . Gunting bagian tangkai buah yang sudah tua , pastikan anda menggunakan sarung tangan karena tanaman terong memiliki rambut - rambut kecil yang dapat membuat atau memicu rasa gatal .

Keuntungan Menanam Terong Organik


Ada banyak sekali keuntungan dari menanam terong secara organik , keuntungan yang pertama adalah anda tidak mengeluarkan banyak dana untuk membeli pupuk atau obat kimia . Keungtungan lain adalah nilai jual dari Sayuran Terong Organik memiliki harga yang lebih baik dari terong biasa .

Bagaimana , tertarik untuk mencoba menanam terong menggunakan tehnik tanam organk .. ?
Jangan takut mencoba hal baru yang bersifat positif seperti Menanam Terong Organik , jangan takut pula terhadap kegagalan karena pada dasarnya kesuksesan sejati di dapat dari pelajaran yang ada di banyak kegagalan .

Itulah tadi pembahasan kita tentang menanam terong organik , semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang . Dari maintanam.com mengucapkan terimakasih sudah berkunjung , sampai jumpa di pembahasan lainya dan Sayonara ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel