Cara Menanam Tomat Mudah dan Anti Keriting

Cara Menanam Tomat Mudah dan Anti Keriting - Pernah mencoba untuk menanam tomat ? apakah cara anda sudah benar ? . Jika anda pernah mengalami kegagalan saat menanam tomat anda mungkin belum memehami tehnik budidaya tomat di Maintanam . Pada kesempatan kali ini kalian yang dulu pernah gagal saat menanam tomat kini akan mendapat pembelajaran berharganya di sini .

Untuk memperoleh hasil yang maxsimal dari menanam tomat di perlukan beberapa hal yang perlu di perhatikan . Sebenarnya kunci dari menanam tomat yang sukses terletak pada proses pengolahan lahan dan juga perawatan . Jika proses pengolahan lahan sudah di lakukan dengan baik namun perawatanya tidak di lakukan dengan tepat maka tidak akan di dapatkan hasil maxsimal dari Menanam Tomat , begitupun sebalinya .

Cara Menanam Tomat Mudah


Cara Menanam Tomat Mudah


Menanam tomat sangat cukup mudah di lakukan , namun untuk memperoleh hasil panen buah tomat yang maxsimal , belum tentu semua orang dapat melakukanya . Cara menanam buah tomat di bagi menjadi beberapa tahapan penanaman . Tahapan - tahapan ini diantaranya adalah :

Mempersiapkan Bibit Tomat


Mempersiapkan Bibit Tomat


Bibit tomat dapat di peroleh dari biji yang berada di dalam buah tomat . Sebelum biji / benih buah tomat siap di semai , ada beberapa proses yang perlu di kerjakan . Pilihlah buah tomat dengan bentuk buah terbaik , hal ini bertujuan supaya biji buah tomat dapat tumbuh dan memproduksi buah tomat yang baik pula .

Pastikan juga kalau buah tomat tersebut memiliki usia yang tua , hal ini dikarenakan buah tomat yang masih muda memiliki biji buah yang kempet dan tidak baik untuk di jadikan bibi buah tomat . Jemur biji buah tomat dibawah sinar matahari langung hingga biji tomat benar - benar kering . Waktu yang ideal untuk menjemur biji buah tomat adalah selama 3 - 4 hari . Jika dalam proses penjemuran tidak mendapat asupan sinar matahari full , maka proses ini biasanya memakan waktu mencapai 7 hari penjemuran .

Jika biji buah tomat sudah benar - benar kering , barulah proses penyemaian dapat di lakukan . Lakukan penyemaian di media pot supaya dapat di pindahkan di tempat yang lembab , selain itu dengan melakukan penyemaian di dalam pot maka kerusakan dari bibit akan terminimalisir .

Mepersiapakan Lahan Tanam Tomat


Mepersiapakan Lahan Tanam Tomat


Lahan tanam dari tanaman tomat dapat di buat dengan terlebih dahulu mebersihkan semua rumput liar atau tanaman pengganggu lainya . Lakukan penyemprotan menggunakan obat gramason jika pembaca ingin memperoleh hasil instan , Namun juka pembaca ingin membuat rumput liar bersih dan mati secara permanen gunakan obat Pilar . Dengan menggunakan obat rumput pilar rumput liar yang tumbuh akan benar - benar terbasmi . Lakukan proses ini 2 Minggu sebelum pembaca mengolah lahan menjadi ladang tomat .

Setelah dua minggu setelah penyemprotan obat pembasmi rumpuk di berikan , bajak lahan tersebut supaya lahan menjadi gembur dan mudah untuk di tanami . Diamkan selama 1 - 2 hari , hal ini bertujuan supaya zat obat yang berada di dasar tanah menguap dan hilang .

Di hari berikutnya olah lahan tanam dengan membuat gulutan - gulutan dengan lebar 50  Cm dan panjang mengikuti luas lahan . Beri jarak gulutan satu dengan yang lain sejauh 40 - 50 Cm , jarak idelal menurut para petani yang berpengalaman menanam buah tomat . Kemudian tutup setiap gulutan menggunakan plastik yang biasa di gunakan untuk Menanam Cabe Merah . Biarkan lahan tertutup plastik sembari menunggu bibit tomat siap di tanam .

Penanaman Bibit Tomat


Sobek platik pada bagian gundukan tertinggi gulutan , Sobekan ini di buat dengan luas 5 x 5 Cm saja. Kemudian buat lubang pada sobekan tersebut sedalam 3 Cm dan selajutnya masukan bibit yang sudah siap di tanam pada lubang tersebut dengan posisi berdiri tegak . Jangan lupa untuk mengubur kembali bagian akar dari bibit tomat dan berikan pagar pelindung supaya daun bibit tomat tidak di makan oleh hewan perusak tanaman seperti ayam , bebek dll .

Beri jarak tanam sejauh 50 Cm di setiap gulutanya , jarak yang di berikan ini bertujuan supaya nanti saat pohon tomat tumbuh besar tidak bertabrakan dengan pohon yang ada di sebelahnya sehingga mengurangi produksi buah tomat .

Perawatan Tanaman Tomat


Perawatan Tanaman Tomat


Tomat merupakan tanaman yang cukup manja , hal ini dikarenakan banyak sekali penyakit yang dapat menyerang tomat . Oleh karena itu perawatan yang baik di lakukan secara intensif dan rutin . Perawatan pertama adalah penyiraman , penyiraman dapat di berikan 1 kali dalam 2 -3 hari jika curah hujan sedang tinggi pembaca dapat mengurangi skala penyiraman tersebut .

Pemberian pupuk wajib di berikan supaya tanaman tomat mendapat nutrisi dan makanan yang cukup sehingga mampu memproduksi buah . Lakukan perawatan lain dengan membersihkan lahan tanam tomat dari rumput liar yang mulai tumbuh , hindari membersihkan menggunakan cangkul atau sajam lainya . Sebaiknya lakukan dengan cara manual yaitu mecabutnya menggunkan tangan anda langusng .

Bukan tanpa alasan Maintanam.com melarang anda menggunakan Cangkul dan sajam lainya , dengan menggunakan alat - alat tersebut tidak akan membunuh gulma pengganggu secara permanen karena akar masih tertinggal di dalam tanah . Selain itu penggunaan cangkul untuk membersikan media tanam dapat menggores atau melukai akar tomat , hal ini berakibat daun tomat menjadi keriting dan produksi buah tomatpun menurun drastis .

Mungkin ini saja yang dapat Maintanam.com sampaikan kepada anda tentang Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tomat . Jika anda pertanyaan mengatasi Penyakit tanaman buah tomat yang belum kita bahas di pertemuan kali ini , pembaca dapat menanyakan hal tersebut dengan berkomentar di bawah sini . Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel