Cara Mudah Menanam Asparagus di Indonesia

Cara Mudah Menanam Asparagus di Indonesia - Indonesia merupakan negara yang tanah dan iklimnya mendukung untuk membudidayakan tanaman asparagus . Dengan iklim tropis dan berada di kawasan lintas katulistiwa , Tanah di Negara indonesia sangatlah subur dan kaya akan sumberdayanya . Tanaman seperti Asparagus dan aneka tanaman lainya dapat di budidayakan di negara ini .

Selian di dukung dengan tanah indonesia yang subur , Tanaman Asparagus memang memiliki potensi hidup yang besar . Mengingat tanaman ini memang sudah sekali beradaptasi dengan lingkungan sekitar ia hidup . Walaupun tanaman ini mudah beradaptadi tapi ada beberapa tempat yang sulit untuk membudidayakan tanaman saparagus ini , salah satunya adalah negara Amerika serikat khususnya di wilayah Gulf Coast .

Tanaman asparagus untuk dapat di panen memerlukan waktu yang cukup lama . Lamanya musim panen dari asparagus ini bahkan dapat mengalahkan masa panen saat anda Menanam Lada . Jika menanam lada , saat tanaman ini mulai berbuah maka setiap tahun ada dapat melakukan pemanenan tanaman ini , namun ini tidak berlaku untuk tanaman asparagus . Untuk dapat di panen asparagus wajip memiliki usia 3 tahun dan dan panen di tahun ke selanjutnya harus menambah waktu panen menjadi 1 Tahun 2 Bulan , Tahun berikutnya lagi menjadi 1 Tahun 4 Bulan dan begitu seterusnya .

Proses yang lama dari menanam asparagus ini membuat nilai jual aparagus memang lumayan tinggi . Harga yang di beri untuk tanaman aparagus di pasaran memang sesuai dengan proses penanaman dan panennya yang lama . Jika anda tertarik untuk memulai Bisnis Dengan Budidaya Asparagus , kalian dapat membaca tips yang Maintanam.com berikan di bawah sini untuk anda semua .

Cara Mudah Menanam Asparagus


Cara Mudah Menanam Asparagus


Cara untuk memulai budidaya tanaman ini akan di bagi menjadi 4 tahap proses penanaman dari asparagus ini . Anda yang ini tahu tahapan - tahapan tersebut , dapat menyimak beberapa poin di bawah sini .


  • Pengolahan Lahan Tanam Aparagus
  • Penyemaian Benih Aparagus
  • Penanaman Bibit Asparagus
  • Perawatan Tanaman Asparagus

Dari poin - poin di atas kalian dapat melakukan pembudidayaan aparagus dengan baik dan benar . Untuk mengetahui lebih jelas ke 4 poin ini secara detail , maintanam sudah menyediakan pejabaranya di bawah sini .

Pengolahan Lahan Tanam Asparagus


Pengolahan Lahan Tanam Asparagus


Asparagus merupakan tanaman yang memiliki usia hidup yang cukup lama , tanaman aparagus ini dapat hidup selama 25 tahun . Mengiat masa hidup dari tanaman ini yang cukup lama , maka pembaca wajib menyaipkan tempat yang memang khusus untuk media tanam dari asparagus ini . Sebelum pembaca mengolah lahan supaya siap di tanami asparagus maka ada baiknya pembaca ketahui kriteria lahan yang baik untuk di tanami asparagus ini .

  • Lahan yang baik untuk ditanami asparagus antara lain adalah memiliki asupan cahaya matahari yang cukup . Tanaman asparagus membutuhkan cahaya matahari yang berungsi untuk proses pertumbuhanya , jadi usahakan lahan menanam tidak terhalang atau tertutupi oleh bayangan tanaman lain .
  • Memiliki drainase yang baik , drainase yang buruk dari lahan yang ingin di tanami asparagus dapat membuat tanaman asparagus menjadi busuk .
  • Lahan tidak di tanami dengan jenis tanaman lain .
  • Tanah Ber PH Netral
  • Tanah Subur

Setelah anda mengetahui kriteria yang baik untuk di tanami oleh asparagus maka proses selanjutnya adalah mengolah lahan supaya dapat di tanami bibit asparagus . Pengolahan lahan dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Bersihkan lahan dari ruput dan tanaman liar lain , pastikan pembasmian ini sampai ke akar - akarnya.
  • Lakukan pemupukan dasar dengan memberikan pupuk kandang / kompos supaya lahan menjadi subur .
  • Setelah 1 - 2 Minggu setelah pemberian pupuk , lakukan pembajakan lahan agar pupuk dan tanah tercampur rata .
  • Buat parit sedalam 30 Cm , Lebar 30 Cm dan panjang pengikuti luas lahan .
  • di ujung parit buatlah drainase yang baik agar air dapat mengalir dengan lancar
  • Buatlah bumbungan dalam parit setinggi 10 Cm .
  • Campurkan bumbungan tadi dengan bubuk mineral untuk menunjang pertumbuhan akar .

Lahan yang sudah melalui proses di atas sudahlah baik untuk di di tanami bibit dari asparagus . Namun apakah anda tahu , bahwa membuat bibit asparagus untuk siap di tanam memerlukan waktu yang lumayan lama berkisar di antara 10 - 12 bulan .


Memperiapkan Bibit Asparagus


Memperiapkan Bibit Asparagus


Tanang saja guys , sekarang ini banyak sekali penjual dari Bibit Asparagus . Bibit asparagus dapat di beli dari penjual bibit ataupun dengan menggunakan beberapa situs jual beli online yang saat ini sudah tidak asing lagi bagi generasi milenial .

Namun apabila anda memilih untuk menyemai sendiri benih asparagus , Maintanam.com sarankan untuk pengolahan lahan di lakukan saat bibit asparagus memasuki usia 11 Bulan . Hal ini di sarankan karena di takutkan apabila anda melakukan penyemaian secara mandiri namun lahan yang anda ingin di tanam sudah siap maka lahan tersebut akan rusak karena terlalu lama menunggu benih yang sedang di semai .

Penanaman Bibit Asparagus di Lahan Tanam


Penanaman Bibit Asparagus di Lahan Tanam


Sebelum melakukan penanaman asparagus , Maintanam.com menyarankan adan untuk terlebih dahulu melakukan perendaman akar di dalam Air Nutrisi Tanaman yang biasa di gunakan untuk tanaman hidroponik . Lakukan perendaman ini dengan durasi waktu 15 - 30 Menit hingga dirasa akar sudah menyerap asupan nutrisi di dalam air tersebut .

Setelah melakukan perendaman , langkah selanjutnya adalah menaruh bibit di atas bumbungan yang berada di dalam parit . Timbun dengan ketebalan 7 - 10 Cm dengan menggunakan tanah galian parit , namun ingat jangan samapai menimpa tunas / menutupi seluruh bagian tanaman .

Lakukan proses penimbunan ini hingga parit yang di buat tadi rata seperti semula . Namun proses penimbunan ini tidak dapat di lakukan secara langsung , ikuti saja pertumbuhan tunas . Saat tunas bertambah tinggi maka lakukan penimbunan kembali hingga rata seperti semula .

Perawatan Tanaman Asparagus


Perawatan Tanaman Asparagus


Layaknya tanaman lainya , tanaman asparagus juga memerlupakan perawatan agar dapat hidup dengan baik . Supaya tanaman asparagus dapat tumbuh degan baik , anda dapat melakukan beberapa hal seperti yang ada di bawah sini .

  • Lakukan penyiraman rutin di sore hari .
  • Berikan Pupuk setiap bulanya .
  • Lakukan Penyangan saat ada tanaman lain di lahan tanam asparagus .
  • Basmi hama seperti kumbang asparagus .
  • Cabut tanaman asparagus betina dalam lahan tanam .

Itulah proses -  proses yang dapat anda kerjakan untuk merawat tanaman asparagus ini . Adapun hal lain supaya tanaman asparagus terhindar dari hama seperti ayam dan lain sebagainya maka buatlah pagar di lahan tanam anda .

Dengan selesainya pembahasan dari poin - poin Cara Menanam Asparagus maka merahirlah jumpa kita pada pembahasan kali ini . Jika ada sesuatu yang ingin pertanyaan tentang Budidaya Asparagus ini , anda dapat menanyakan hal tersebut di dalam kolom komentar yang ada di bawah sini . Sebelumnya , terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel