Cara Mudah Menanam Kemangi Di Pekarangan Kumah

Cara Mudah Menanam Kemangi Di Pekarangan Kumah - Kemangi murupakan sebuah tanaman yang memiliki bayak manfaat . Manfaat yang paling menonjol dari tanaman kemangi ini adalah sebagai bahan konsumsi manusia . Daun kemangi biasa di jadikan lalapan atau kadang juga di jadikan bubu penyedap dari aneka tanaman yang mungkin sudah umum di indonesia . Mengingat kegunaan dari kemangi ini yang cukup banyak , maka tak ada salahnya untuk anda belajar bagaimana cara membudidayakan kemangi di pekarangan rumah .

Cara Mudah Menanam Kemangi


Cara Mudah Menanam Kemangi


Kemangi merupakan tanaman yang dapat tumbuh secara berkelompok . Dalam satu kelompok tanaman kemangi biasanya terdapat 40 - 50 batang , bahkan jumblah batang kemangi ini bisa lebih banyak dengan perkiraan di atas .

Sebelum memulai Belajar Cara Menanam Kemangi , anda dapat terlebih dahulu menentukan dimana lahan tanam yang ingin anda gunakan . Ada dapat menggunakan media seperti Pot / Polybag bahkan anda juga dapat menggunakan media tanah langsung untuk menanam tanaman kemangi ini . Jika anda memilih untuk menanam kemangi di dalam pot atau polybag anda dapat melakukan tips di bawah sini .


  1. Siapkan Pot / Polybag
  2. Siapkan Pupuk Kandang
  3. Siapkan Tanah Gembur
Cara kerja :
  1. Campur adukan tanah dengan pupuk kandang dengan tanah . Untuk perbandingan keduanya adalah 1 untuk pupuk : 2 untuk tanah .
  2. Masukan campuran keduanya kedalam media pot / polybag
  3. Usahakan pengisian ini kedalam pot / polybag tidak terlalu padat supaya tekstur mendia tanam menjadi gembur .
Tips : Jika anda ingin menanam kemangi di media tanah langsung maka usahakan untuk mencangkuli lahan tersebut supaya lahan menjadi gembur dan mudah untuk di  tumbuhi tanaman kemangi .

Mempersiapkan Bibit Kemangi


Bibit kemangi berasal dari biji bunga kemangi yang mulai mengering . Jadi untuk mendapatkan bibit kemangi ini ada wajib menunggu kemangi menjadi tua dan kemudia prtik bunga kemangi lalu lakukan proses penjemuran . Saat proses ini terjadi , nantinya cangkang dari pembungkus biji kemangi akan pecah dan biji kemangi akan siap untuk di tanam . Biji kemangi memiliki ukuran yang cukup kecil , jadi anda di tuntu untuk sangat selektif dan teliti . Di bawah sini anda dapat lihat seperti apa bentuk dari bibit kemangi yang sudah siap di tanam .

Mempersiapkan Bibit Kemangi
Gambar Bibit Kemangi By : Maintanam.com

Proses Menanam Kemangi


Proses penanaman dari biji kemangi sangatlah mudah . Anda hanya replu untuk menaburkan biji kemangi yang sudah kering dan tua kedalam media tanam . Jangan lupa untuk mengubur secara tipis dengan menggunakan tanah .

Langkah selanjutanya adalah melakukan penyiraman secara rutin , Penyiraman yang baik dapat anda gunakan menggunakan seprotan air . Hal ini bertujuan supaya biji kemangi tidak berhamburan keluar dari dalam tanah .

Dengan menggunakan metode yang maintanam.com bagikan di atas , potensi hidup dari Menanam Kemangi berkisar 80 - 90 % jadi anda tidak perlu risau atas kegagalan menanam tanaman kemangi .

Mungkin ini saja yang dapat Maintanam.com sampaikan kepada anda tentang Cara Menanam Kemangi , bila mana ada sesuatu yang kurang anda pahami tentang tips yang di bagiakan pada pertemuan kali ini , jangan ragu untuk memberikan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah ini . Sebelumnya terimakasih sudah mau berkunjung ke Maintanam.com dan sampai bertemu di pembahasan lainya .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel