Sukses Dengan Budidaya Tanaman Buah Semangka

Sukses Dengan Budidaya Tanaman Buah Semangka - Semangka merupakan tanaman buah yang memiliki prospek yang baik untuk di jadikan ajang bisnis para petani . Menanam Semangka juga tidak terlalu sulit , hanya saja perawatan dari tanaman ini cukuplah manja . Hal ini mungkin yang mebuat banyak petani berpikir dua kali untuk menanam atau membudidayakan buah semangka .

Semangka atau yang lebih di kenal oleh para bule - bule dengan sebutan Water Melon ini termaasuk ke dalam jenis tanaman yang tumbuhnya merambat . Batang dari pohon semanga tidak dapat menjadi keras layaknya Tanaman Buah Lainya sepert Tanamani Jambu Air ataupun Durian . Sehingga buah semangka akan tumbuh di atas permukaan tanah tempat ia di tanam .

Semangka di pasaran memiliki nilai jual yang sangat tinggi . Banyak petani semangka mengatakan bawasaya untuk menanam semangka itu harus total maksudnya tidak tanggung - tanggung dalam perawatan seperti pemberian pupuk dan lain - lain . Bahkan di katakan oleh petani semangka senior , " jika ingin kaya mendadak ya cobalah untuk menanam buah semangka dan yang ingin miskin mendadak ya cobalah untuk menanam buah semangka ". Maksudnya jika saat panen raya tiba keuntungan dari Menanam Semangka sangatlah besar , namun jika anda mengalami gagal panen atau harga buah semangka anjlok ya kerugian dari menanam semangka sangatlah besar .

Untuk anda yang ingin berspekulasi untuk memulai bisnis dengan Budidaya Semangka , Maintanam.com akan memberikan sedikit wawasan tentang Cara Menanam Semangka yang dapat kamu baca di bawah sini .

Budidaya Tanaman Buah Semangka


Budidaya Tanaman Buah Semangka


Untuk menanam buah semangkan di perlukan beberapa tahapan yang perlu di kerjakan . Tahapan ini di bagi menjadi beberapa proses diantaranya adalah :


  1. Mempersiapkan Lahan Tanam
  2. Memulai Pembibitan / Penyemaian Biji Semangka
  3. Penanaman Tanaman Semangka
  4. Perawatan Tanaman Semangka
  5. Pemanenan Buah Semangka

Untuk menyikat durasi pemahasan kita kali ini , Maintanam.com akan langsung memberikan pengulasan poin - poin di atas . Pembaca dapat bergeser kebawah untuk pembahasan secara detailnya.

Mempersiapkan Lahan Tanam


Lahan Tanam dari tanaman buah semangka dapat di buat dengan cara yang cukup mudah . Namun apakan anda sudah tahu bagamana tekstur dan tempat yang baik untuk menanam semangka . Jika belum silahkan perhatikan hal - hal berikut ini .

  • Lahan Semangka wajib memiliki curah hujan 40 - 50 MM / Bulan .
  • Suhun Lahan tanam berkisar diantara 20 - 25 Celcius .
  • Lahan Tempat Menanam Semangka wajib mendapat cahaya sinar matahari langsung .
  • Ph Tanah Tempat menanam semangka baik di ketinggi 6 - 7 ( Sedikit Basa ) .

Setelah anda mengetahui kriteria yang baik untuk Menanam Buah Semangka , maka selanjutnya anda dapat belajar bagaimana mengolah lahan semangka hingga siap untuk di tanami bibit semangka . Untuk mengolah lahan tanam semangka anda dapat melakukan hal - hal seperti di bawah sini .

  • Bersihkan semua lahan yang akan di tanami oleh semangka , hingga tidak ada tanaman lain / ruput liar di atas lahan yang ingin di tanami semangka .
  • Lakukan pembajakan lahan .
  • Berikan pupuk dasar dengan menggunakan kompos atau pupuk kandang .
  • Biarkan beberapa hari supaya tanah tempat menanam menjadi subur dan baik untuk melakukan penanaman .
  • Buat guluran dengan lebar 40 Cm , dan dengan panjang mengikuti luas lahan .
  • Beri jarak antar gulungan sejauh 40 Cm .
  • Buat Juga Parit yangberfungsi sebagai drainase / menghindari pengantongan air .
  • Tutup setiap gulutan menggunakan plastik layaknya seperti anda mengolah lahan saat Menanam Cabe Merah .
  • Buat lubang sebagai tempat menanam bibit semangka .
  • Atur jarak antara lubang satu dengan lainya sejauh 30 Cm .
  • Seminggu sebelum melakukan penanaman berikan pupuk kedalam lubang tersebut dengan komposisi pupuk DS 28 gr, pupuk ZK 20 gr, serta pupuk ZA 15 gr dalam setiap lubangnya .

Itulah proses yang dapat kamu kerjakan untuk mengolah lahan supaya siap untuk di tanami . Selanjutanya maintanam akan memberikan Cara Menyemai Benih Semangka . Cara ini dapat kamu ketahui dengan membaca sesuatu di bawah sini .

Cara Membuat Bibit Semangka


Cara Membuat Bibit Semangka


Agar panen dari menanam buah semangka menjadi maxsimal maka pemilihan bibit wajib di lakukan. Bibit yang baik untuk di semai adalah biji dari buah semangka besar dan tidak memiliki kecacatan buah . Untuk jenis semangka yang baik untuk di budidayakan adalah jenis semangka hibrida . Anda dapat membeli di toko pertanian terdekat jika anda kesulitan untuk mendapatkanya .

Cara Penyemaian dari Biji Semangka cukup mudah , Lakukan perendaman biji di dalam air hangat, hormon tumbuh, bakterisida dan fungsida . Perendaman dapat di lakukan selama 30 Menit dan selanjutnya biji semangka akan menyambah . Saat biji semangka mulai menyambah pindahkan kedalam polybag kecil / plastik bibit yang sudah di isi menggunakan tanah .

Biarkan cambah tumbuh di dalam plastik tersebut sebelum memulai proses penanaman kedalam lahan tanam sebenarnya . Saat usia bibit mencapai 40 Hari barulah lakukan pemindahan penanaman dari plastik / polybag pembibitan ke lahan tanam yang sudah di siapkan tadi .

Penanaman Bibit Semangka Di Lahan Tanam


Setelah bibit berusia 40 Hari maka segera lakukan penanaman supaya bibit tidak menjadi tua di dalam plastik penyemaian benih . Sebelum melakukan penanaman di dalam lubang tanam yang sudah di siapkan tadi , terlebih dahulu lakukan penyiraman lubang supaya lubang menjadi lebih lebab namun jangan sampai air menjadi tergenang karena dapat membuat bibit menjadi busuk .

Perawatan Tanaman Semangka


Perawatan Tanaman Semangka


Semangka yang sudah di tanam pada lahan tanam wajib mendapat supan air yang cukup . Lakukan penyiraman secara rutin tanaman semangka setiap sore / pagi hari . Lakukan juga pemupukan untuk memperoleh hasil buah semangka yang memiliki kualitas A . Pemberian pupuk terdiri dari pupuk perangsang buah dan perangsang daun . Lakukan penyulama jika di dapati bibit yang cacat atau mati .

Pemanenan Buah Semangka


Pemanenan Buah Semangka


Panen buah semangka dapat di lakukan saat buah semangka tua / matang . Ciri dari buah semangka yang matang adalah saat di pukul menggunakan telapak tangan memiliki suara berat / padat . Selain itu ciri lain dari buah semangka yang sudah siap di panen adalah memiliki ukuran yang besar , bisa juga di tandai dengan daun dari tanaman semangka yang mulai mengering .

Itulah tadi sedikit tips yang dapat anda jadikan wawasan untuk memulai bisnis Budidaya Semangka . Kiranya ada sesuatu yang tidak ada pahami atau ada pertanyaan tentang Cara Menanam Semangka , anda dapat mengajukan pertanyaan tersebut di dalam kolom komentar yang sudah di sediakan . Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk banyak orang , Terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di permbahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel