Cara Budidaya Tanaman Hias Anthurium ( Gelombang Cinta )

Cara Budidaya Tanaman Hias Anthurium - Sempat populer sebagai salah satu tanaman dengan harga selangit , tanaman hias Anthurium atau lebih di kenal dengan sebutan Gelombang Cinta kini dapat anda tanam dan di budidayakan menggunakan tips yang kita akan bahas bersama pada kesempatan kali ini . Tips untuk Budidaya Tanaman Hias Anthurium ini di bagi menjadi beberapa point yang anda dapat pahami supaya tidak ada kesalahan saat proses pembudidayaan sedang berlangsung.

Cara Budidaya Tanaman Hias Anthurium


Cara Budidaya Tanaman Hias Anthurium


Sebelum memulai proses budidaya tanaman Gelombang Cinta , kita akan mengulas terlebih dahulu syarat tanam atau syarat hidup dari tanaman ini . Syarat tanam terdiri habitat hidup yang baik ( media tanam ) , Bibit atau tunas muda yang baik dan yang paling penting adalah perawatan tanaman yang benar .

Setelah ketiga point di atas sudah anda pahamai tentu kegiatan untuk Menanam Bunga Anthurium atau Gelombang Cinta ini akan terasa sangat mudah . Untuk memperlajari ketiga point di atas Maintanam.com sudah menyediakan pengulasan secara gamblang di bawah sini , silahkan anda baca dan pahami dengan seksama .

Membuat Habitat Hidup Yang Benar



Untuk membuat habitat hidup tanaman ini anda dapat menyiapkan beberapa bahan yang kita akan buat sebagai media tanam untuk Tanaman Hias Anthurium . Beberapa bahan ini diantaranya adalah :

  • Pot Tanam
  • Tanah Subur
  • Kompos
  • Arang
  • Kerikil
Cara Kerja / Pembuatan :
  • Campuran Tanah dengan kompos dengan perbandingan 2 : 1 .
  • Masukan matrial yang sudah tercampur kedalam  1/2 bagian dalam pot .
  • Setengah dari bagian pot yang belum terisi nanti akan di tambahkan setelah bibit sudah siap untuk di tanam .

Menyemai Benih Anthurium


Menyemai Benih Anthurium


Untuk mendapat bibit Anthurium yang baik , anda dapat melakukan pembibitan tanaman yang dapat anda kejakan sendiri di rumah . Caranya cukup mudah , anda hanya perlu menyemai biji tanaman Anthurium di dalam media yang terbuat dari campuran Tanah dan juga kompos tadi . Selanjutnya setelah bibit cukup besar pindahkan kedalam pot yang sebelumnya sudah anda siapkan .

Penanaman Bibit Anthurium


Penanaman Bibit Anthurium


Bibit yang sudah siap untuk di tanam dapat anda letakan di dalam pot yang sudah anda siapkan tadi . Kemudian timbun bagian akar dan juga separuh bagian bibit mengunakan campuran Tanah dan Kompos . Anda dapat menambahkan beberapa kerikil kedalam pot supaya tanah dan akar dalam pot memiliki cengkraman .

Agar unsur hara dalam tanah terpenuhi anda juga bisa menambahkan beberapa butir arang pada bagian permukaan pot media tanam . Setelah langkah - lengah tersebut anda sudah kerjakan , maka proses selanjutnya yang akan mendukung potensi hidup tanaman adalah perawatan . Agar anda dapat melakukan perawatan tanaman yang benar , silahkan baca sesuatu yang ada di bawah sini .

Perawatan Tanaman Gelombang Cinta


Perawatan Tanaman Gelombang Cinta


Perawatan dari tanaman Anthurium terbilang cukup mudah , untuk menjaga tanaman ini agar tetap pada posisi sehat dan tidak stres anda dapat melakukan perawataan sebagai berikut :
  • Penyiraman Rutin
  • Pemupukan
  • Pembasmian Hama
  • Penyiangan Pada Media Tanam
  • Pengobati jika tanaman terserang penyakit

Penyiraman


Penyiraman dapat di lekukan 2 hari sekali untuk menjaga kelembaban media tanam dan menjaga asupa air untuk tanaman tetap tercukupi .

Pemupukan


Pemupukan dapat di berikan kepada tanaman 2 atau 1 kali dalam sebulan . Jangan terlalu berlebihan saat memberikan pupuk . Pemberian pupuk yang berelebihan tidak akan memberi evek yang baik untuk tanaman . 

Pembasmian Hama


Ada beberpa jenis hewan yang wajib kamu jauhkan dari tanaman Anthurium . Beberapa hewan yang akan menjadi hama bagi Anthurium antara lain adalah :
  • Laba - Laba Merah
  • Semut
  • Fungus Gnat ( Naymuk )
Ketika anda melihat tanaman anda mulai di dekati dengan hewan - hewan di atas , anda dapat melakukan pengusiran dengan menggunakan obat kimia seperti pestisida atau menggunakan bahan alami yang anda tahu mampu mengusir hewan tersebut seperti asap dan lain - lain .

Mungkin ini dulu yang dapat Maintanam.com sampaikan kepada anda tentang bagaimana cara budidaya tanaman Anthurium . Silahkan anda praktekan di rumah terlebih dahulu , jika anda mendapati kejadian yang membuat anda bingung , anda dapat menanyakan hal tersebut di dalam kolom komentar yang ada di bawah sini .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel