Cara Membuat Bonsai Asem Untuk Pemula

Cara Membuat Bonsai Asem Untuk Pemula - Masih membahas seputar dunia bonsai kali ini Maintanam.com akan membagikan tips kepada anda yang mau belajar bagaimana cara menanam asem jawa untuk di jadikan tanaman hias bonsai . Pada tahapan kali ini , maintanam hanya akan membagikan tehnik - tehnik dasar kepada anda yang mungkin masih awam dengan tehnik bonsai .

Sebelum menuju kedalam proses - proses pembonsaian , perlu anda ketahui bawasanya Asem memiliki beberapa jenis vareitas yang dapat anda pilih sebagai bibit atau bakalan bonsai . Jenis - jenis tanaman asem jawa yang kerap kali di jadikan tanaman bonsai adalah Asem Jawa dan juga Asem Londo . Kedua vareitas tersebut sering kali di jadikan bahan untuk di olah menjadi tanaman hias bonsai , anda juga dapat memilih dari kedua jenis tanaman asem tersebut untuk di jadikan bakalan bonsai anda .

Cara Membuat Bonsai Asem Untuk Pemula


Cara Membuat Bonsai Asem Untuk Pemula


Sebelum memulai proses untuk membuat tanaman hias bonsai , di perlukan beberapa alat dan juga bahan yang baiknya dapat anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai proses pembonsaian . Alat dan bahan untuk memmbuat tanaman hias bonsai antara lain adalah :

  • Bakalan Bonsai
  • Pot
  • Kompos
  • Pupuk Kandang
  • Pisau
  • Gunting
  • Tang

Setelah bahan - bahan di atas sudah terkumpul maka langkah selanjutnya adalah mengolah lahan atau media tanam . Untuk memulai membuatnya , adan dapat mengikuti langkah - langkah di bawah sini .

Mengolah Media Tanam Bonsai Asem


Mengolah Media Tanam Bonsai Asem


Media tanam dari bonsai asem dapat anda buat dengan mencampurkan terlebih dahulu Tanah , Pupuk Kandang , Kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1 . Setalah semua bahan sudah tercampur menjadi satu , maka langkah selanjutnya adalah memasukan matrial yang sudah anda campurkan tadi kedalam pot yang sebelumnya sudah anda siapkan . Pilihlah pot yang memiliki ukuran sedang , hal ini di karenakan tanaman bonsai asem cenderung memiliki ukrang yang agak tinggi di bandingkan dengan tanaman bonsai lainya seperti Bonsai Kelapa Bekecambah ataupun Bonsai Beringin Dolar .

Mempersiapkan Bakalan Bonsai


Mempersiapkan Bakalan Bonsai


Setelah proses pengolahan lahan selesai anda lakukan , maka langkah berikutnya adalah membuat atau mencari bibit dari tanaman bonsai asem . Untuk proses ini anda dapat menggunakan tunas muda dari tanaman asem yang hendak anda gunakan sebagai bibit , Selai menggunakan tunas muda asal anda juga dapat mengolah bakalan bonsai menggunakan tehnik cangkok atau dengan menyemai sendiri biji buah asem yang sudah tua .

Penanaman Bakalan Bonsai


Lakukan penanaman dari bibit / bakalan bonsai di dalam media tanam yang sebelumnya sudah anda kerjakan di awal tadi . Penanaman di lakukan seperti biasa seperti anda melakukan penanaman terhadap tanaman hias lainya .

Perawatan Tanaman Bonsai Asem


Perawatan Tanaman Bonsai Asem


Setelah tanaman asem sudah 100% hidup di dalam pot yang sudah anda buat tadi maka langkah selanjutnya adalah mengolah tanaman tersebut menjadi tanaman bonsai , caranya cukup muda anda hanya perlu melakukan beberapa hal seperti yang ada di bawah sini .
  • Potong Batang Utama
  • Lilitkan Tali Kepada Batang Utama dan tarik tali tersebut kebawah
  • Biarkan Mucul Ranting - Ranting baru

Supaya ranting - ranting baru mau bermunculan maka di perlukan waktu yang lumayan lama . Waktu ini dapat anda gunakan untuk menyiapkan alat untuk membentuk batang dan ranting tanaman asem . Alat - alat ini terdiri dari Kawat Mal dan Tang . Saat nanti ranting dan batang baru mulai mucul anda anda dapat melilitkan kawat kepada ranting atau batang asem yang hendak anda bonsai.

Biarkan kawat yang anda lilitkan pada tanaman tetap berada pada tanaman asem . Sekali lagi anda harus menunggu supaya batang dan ranting menjadi tua dan di dapat bentuk permanen seperti saat anda melilitkan kawat kepada tanaman asem . Setelah batang asem terlihat sudah memiliki warna coklat akibat batang sudah menua maka anda dapat melepaskan kawat tersebut .

Setelah anda melepas semua kawat yang sudah anda lilitkan , maka selesailah sudah proses Membonsai Pohon Asem . Supaya anda mendapat bentuk tercantik dari tanaman bonsai asem , anda dapat melakukan pemruningan daun yang tumbuh secara berlebihan / Overload supaya tanaman akan nampak lebih cantik .

Bagaimana , cukup mudah bukan cara untuk mengolah tanaman asem menjadi tanaman hias bonsai . Silahkan lakukan tips yang sudah maintanam.com bagikan ini di rumah , sebelumnya Maintanam.com ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung ke sini , jangan lupa untuk datang kembali . Sayonara ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel