Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Pemula

Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Pemula - Serut merupakan sebuah tanaman liar yang dapat tumbuuh dengan baik di alam . Keberadaan tanaman serut yang sangat banyak di alam ini membuat para petani menganggap tanaman ini sebgai hama . Namun bagi penggiat bonsai tanaman serut merupakan tanaman yang sangat berharga karena dapat di jadikan salah satu bahan untuk tanaman hias .

Bonsai Serut merupakan tanaman yang hias yang populer di indonesia . Kepopuleran tanaman bonsai jenis ini mungkin di karenakan bahan - bahan dari tanaman ini sangat banyak di jumpai di alam terbuka . Selain itu tanaman serut merupakan tanaman yang bandel dan muudah hidup , jadi buat anda yang ingin belajar tehnik bonsai dapat memulai dengan Belajar Membuat Bonsai Serut ini .


Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Pemula



Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Pemula


Sebelum memulai untuk belajar bagaimana cara membuat Bonsai Serut ini , ada beberapa bahan yang wajib di siapkan terlebih dahulu sebelum proses demi prosesnya di lakukan . Beberapa alat dan bahan yang dapat anda persiapkan unuk membuat bonsai serut adalah :

  • Bakalan Bonsai / Bibit
  • Pot
  • Gunting
  • Kawat
  • Pasir
  • Pestisida
  • Tang

Setelah semua bahan di atas terkumpul , anda dapat mengerjakan beberapa hal seperti di bawah ini .

Mengolah Bibit Bonsai Serut


Bibit bonsai serut dapat di peroleh dengan menggunakan berbagai macam cara . Anda dapat menggunakan beberapa tehnik seperti Cangkok , Stek Batang / Akar atau dengan mendongkel Bonggol dari tanaman serut ini .

Pembuatan Media Tanam


Media tanam dari Bonsai Serut tidaklah sulit untuk di buat , Tanaman Serut lebih suka tinggal di media tanam yang berisi matrial pasir . Bukan tanpa alasan tanaman ini lebih suka tumbuh di media tanam pasir . Alasan kenapa tanaman serut ini suka hidup di lahan pasir adalah sebagai berikut :
  • Serut merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak terlalu suka dengan kandungan air yang berlebih .
  • Dengan menggunakan pasir sebagai media tanam kandungan air yang ada di media tanam akan berkurang drastis dibanding menanam bonsai serut ini di media tanah .

Jika anda sudah paham tentang pembuatan meida tanam , maka proses selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah penanaman .

Penanaman Bonsai Serut Pada Media Tanam


Penanaman Bonsai Serut Pada Media Tanam


Setelah bibit tanaman bonsai sudah 100 % hidup maka segera tanama di dalam pot yang sudah berisi pasir halus . Buat lubang sedalam akar bibit dan kubut akar bibit tersebut didalam lubang tersebut . Setelah proses ini selesai , biarkan tanaman bibit Bonsai Serut hidup dengan baik dulu . Hal ini biasanya memakan waktu selama 4 - 5 Bulan .

Membentuk Bonsai Serut


Membentuk Bonsai Serut


Bonsai serut yang sudah tua ranting dan batangnya dapat olah menjadi lebih catik dengan melakukan hal seegai berikut .
  • Ranting / Pruning Daun Tanaman Serut
  • Potong ranting / dahan yang tumbuh kurang menyenangkan .
  • Lilitkan Kawat kepada dahan yang sudah di pruning tadi.
  • Bentuk tanaman sesuka hati anda sehingga di dapat pola yang cantik dari tanaman Bonsai Serut ini .

Merawat Bonsai Serut


Merawat Bonsai Serut


Merawat tanaman Bonsai Serut  merupakan sesuatu yang sangat mudah . Sudah di katakan sebelumnya bahwa tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat hidup dengan mudah dan terbilang cukup bandel jadi perawatanya juga terbilang cukup sederhana .Lakukan saja penyiraman 1 Minggu sekali , atau dengan melakukan penyiraman saat media tanam dari Bonsai Serut ini terlihat kering .

Adapun perawatan dari tanaman ini lainya adalah dengan penyemprotan pestisida , hal ini di lakukan supaya serangga tak mampu menyerang daun - daun dari Bonsai Serut ini .

Bagaimana , mudah bukan cara Membuat Bonsai Serut . Setelah anda mengerti bagaimana cara menenam Bonsai Serut ini silahkan anda praktekan sendiri di rumah . Jangan lupa untuk membagikan ilmu ini kepada orang terdekat seperti keluarga , teman dan lain sebagainya supaya ilmu ini tidak berhenti di kamu . Sekian yang dapat Maintanam.com katakan , sebelumnya terimakasih sudah berkunjung dan sayonara ..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel