Cara Budidaya Jamur Kuping Yang Baik

Cara Budidaya Jamur Kuping Yang Baik - Masih membahas tentang aneka jenis jamur yang paling sering di budidayakan , kali ini Maintanam.com akan memberikan tips bagaimana cara budidaya dari jamur kuping . Jamur kuping memiliki nama latin Auricularia auricular jenis jamur ini termasuk kedalam jamur istimewa , kenapa di sini maintanam mengatakan jamur ini istimewa ?

Jamur Kuping merupakan jenis jamur yang memiliki ukuran yang cukup besar , selain ukuranya yang besar jamur kuping juga memiliki tekstur dan warna yang khas . Tekstur jamur kuping yang kenyal dan juga wana cokatnya yang khas membuat jamur jenis ini terlihat istimewa di banding dari jenis jamur lainya .

Tidak berhenti di sini , yang akan membuat kamu merasa yakin bahwa jamur kuping ini memang merupakan jenis jamur yang istimewa adalah setelah membaca kandungan gizi dari jamur kuping ini . Kandungan gizi jamur kuping dapat anda baca di bawah sini .

Kandungan Gizi Jamur Kuping


  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Vitamin B6

Dengan adanya kandungan gizi yang melimpah di dalam setiap jamur kuping , tentu ini akan membuat jamur kuping menjadi jamur paling di cari di pasar . Ini tentu menjadi celah untuk anda memulai bisnis baru dengan Budidaya Tanaman Jamur di rumah . Untuk anda yang ingin belajar membudidayakan jenis jamur ini , anda dapat membaca trik yang di bagikan maintanam.com di bawah sini .

Budidaya Jamur Kuping Untuk Pemula


Budidaya Jamur Kuping Untuk Pemula


Untuk memulai budidaya dari jamur kuping ini , anda dapat memulai dari membuat rumah budidaya jamur atau mungkin lebih populer di sebut dengan nama kumbung . Untuk pembuatan kumbung ini , anda bisa meniru dari pembahasan budidaya jamur sebelumnya yaitu Jamur Merang .

Setelah anda selesai membuat kumbung tersebut , selantunya anda di anjurkan untuk membuat media tanam dari jamur kuping terlebih dahulu . Untuk pembuatan media tanam jamur kuping ini anda bisa mengikuti langkah - langkahnya di bawah sini .

Membuat Media Tanam Jamur Kuping


Membuat Media Tanam Jamur Kuping


  • Campurkan Serbuk Kayu , Bekatul , Kapur dengan perbandingan 85 % : 10 % : 5 % .
  • Setelah tercampur basahi adonan tersebut hingga kadar air 70 % .
  • Diamkannya media tanam selama kurang lebih 3 hingga 5 hari untuk proses fermentasi .
  • Proses fermentasi di katakan berhasil jika media tanam berubah menjadi coklat kehitaman .
  • Setelah dirasa proses fermentasi berhasil , maka anda dapat memasukan media tanam tersebut kedalam plastik media tanam , usahakan pengisian media tanam kedalam plastik harus padat dan jangan sampai ada ruang yang tersisa .
  • Setelah terisi secara penuh maka lanjutkan dengan memasang ring kedalam media tanam tersebut .
  • Di lajutkan dengan melakukan pengasapan yang berfungsi untuk proses sterilisasi media tanam .

Setelah pebuatan media tanam tersebut selesai di lakukan maka langkah selanjutnya adalah menyemai bibit jamur kuping di dalam media tanam tersebut . Untuk proses penyemainan ini , silahkan ikuti tips yang ada di bawah sini .

Cara Menyemai Bibit Jamur Kuping


  • Setelah suhu pada media normal dari proses pengasapan , anda dapat menyeprotkan terlebih dahulu alkohol 70% ke tangan anda agar steril dari bakteri sebelum melakukan proses penyemaian .
  • Anda dapat menggunkan besi ataupun kawat sepanjang 30 cm hingga 45cm untuk menebarkan bibit jamur dengan memanaskannya ke dalam api pembakaran spirtus dan semprotkanlah alkohol agar lebih kawat tersebut steril dari kuman.
  • Untuk menebarkan bibit, anda bisa memulai dengan mencelupkan besi ataupun kawat ke dalam botol bibit lalu ke dalam mulut ring dan menggoyangkannya hingga bibit menyebar secara rata ke permukaan media budidaya.
  • Setelah proses penebaran bibit selesai maka jangan lupa untuk menutup ring kembali dengan rapat untuk mencegah baktiri atau kuman masuk kedalam media tanam .
  • Setelah semua media tanam sudah mengalami proses penyemaian , anda dapat menyusunya di dalam rak - rak yang ada di dalam kumbung jamur .

Perawatan Jamur Kuping


Perawatan Jamur Kuping

  • Supaya bibi jamur dapat tumbuh dengan baik , ada baiknya anda menaruh beberapa buah lampu 60  di dalam kumbung supaya pertubuhan jamur menjadi maxsimal .
  • Sama seperti budidaya jamur pada umumnya anda dapat membahasi terlebih dahulu lantai kumbung .
  • Biarkan sinar lampu selalu menyala selam 2 bulan hingga jamur mulai tumbuh .
  • Jika umur jamur mencapai 1 bulan setelah tumbuh , maka jamur kuping siap untuk di panen .

Itulah tadi proses budidaya dari jamur kuping , semoga yang maintanam.com bagikan ini bermanfaat untuk anda yang ingin belajar . Jika anda masih belum paham dalam proses budidaya jamur kuping ini , silahkan ajukan pertanyaan anda menggunakan fasilitas kolom komentar yang ada di bawah sini. Akhir kata di sini maintanam.com ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai jumpa di pertemuan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel