Cara Sederhana Budidaya Jamur Merang Di Rumah

Cara Sederhana Budidaya Jamur Merang Di Rumah - Jamur Merang merupakan salah satu jenis jamur yang paling di gemari oleh masyarakat yang ada di indonesia . Jamur ini memiliki media tumbuh yang sesuai dengan nama jamur tersebut yaitu Media Merang , bagi anda yang belum tahu apa itu merang dan bagaimana proses pembudidayaan dari jamur jenis ini silahkan ikuti tips yang maintanam.com bagikan di bawah sini .

Cara Budidaya Jamur Merang


Cara Budidaya Jamur Merang


Merang merupakan sebutan lain dari Jerami dari Tanaman Padi , jamur ini biasa tumbuh di limbah hasil panen dari tanaman padi . Jerami yang mulai layu dan mengering biasanya akan mengeluarkan hawa panas yang mendukung pertumbuhan dari Jamur Merang ini .

Di zaman yang semakin moderin ini banyak sekali petani yang mulai mengembangkan tehnik Budidaya Jamur Merang . Caranya cukup masik akal , yaitu dengan membuat replika dari media tumbuh dari  Jamur Merang tersebut di rumah , jadi dengan cara tersebut Jamur akan dapat di control pertumbuhan dan pemanenannya .

Anda yang berminat untuk budidaya jamur merang ini , ada beberapa bahan dan juga alat yang anda perlu siapkan terlebih dahulu . Beberapa alat dan bahan ini diantaranya adalah :

  • Rak Tanam
  • Jerami
  • Dolomit
  • Onggok
  • Bekatul

Setelah semua bahan tersebut terkumpul maka anda dapat memulai budidaya dari jamur merang , namun ada perlu membuat rumah tanam dari Jamur Merang terlebih dahulu . Untuk membuat rumah tanam dari budidaya jamur merang tersebut anda dapat mencontoh sesuatu di bawah sini .

Pembuatan Kumbung Budidaya Jamur Merang


Pembuatan Kumbung Budidaya Jamur Merang


Kumbung atau bisa juga di sebut sebagai rumah budidaya dari jamur memiliki peranan penting dalam keberhasilan budidaya Jamur Merang . Kumbung ini memiliki fungsi sebagai pengatur tempratur suhu dari media tanam dari jamur , oleh karena itu jangan sampai salah dalam pembuatanya .

Berikut ini spesifikasi dari Kumbung Jamur Merang :
  • Tinggi bangunan berkisar diantara 2,5 M - 3 M
  • Luas bangunan Sekitar 4 M x 6 M

Setelelah bangunan kumbung berdiri jangan lupa untuk menjaga suhu ruangan tetap berada pada suhu 32 - 34 Celcius . Jika tempat dari kumbung memiliki suhu yang dingin , anda dapat mengatasi hal tersebut dengan cara melapisi dinding kumbung dengan menggunakan Gabus / Styrofoam .

Jika kumbung sudah berada dalam suhu ideal budidaya jamur , maka anda dapat menyusun rak - rak tanam kedalam kumbung tersebut supaya kumbung sudah prepare untuk di gunakan .

Membuat Media Tanam Jamur Merang


Membuat Media Tanam Jamur Merang


Media tanam dari jamur merang dapat di buat dengan cara yang cukup sederhana , Anda yang belum tahu silahkan baca cara membuat media tanamnya di bawah sini :

  • Susunlah Jerami dengan ketinggian 15 Cm.
  • Basahi Jerami secukupnya dengan air biasa.
  • Tamburkan onggok secara merata pada bagain atas jerami .
  • Tumbun lagi menggunakan jerami yang di basahi dan kembali tamburkan onggok .
  • Lakukan cara tersebut hingga ketnggian media tanam mencapai 1 Meter .
  • Kemudian tutupi dengan menggunakan plastik .

Gunakan dolomit untuk membuat media tanam menjadi memiliki ph netral , oleh karena itu sirami tumpukan tersebut menggunakan air dolomit .

Setelah penaburan dari kapur dolomit di lakukan , biarkan tumpukan tersebut selama 2 Hari sebelum pembalikan di lakukan . Setelah 2 hari barulah balik media tanam tersebut supaya media tanam siap di tumbuhi oleh jamur merang secara merata .

Biarkan lagi selama dua hari , ini bertujuan untuk membuat media tanam menjadi matang . Setelah 2 hari berikutnya barulah media tanam sudah dapat di masukan kedalam kumbung dan di susup pada rak - rak tanam .

Penanaman Jamur Merang


Penanaman Jamur Merang


Setelah semua media tanam sudah selesai anda pindahkan , maka selanjutnya anda dapat menaburkan bibit jamur merang keatas media tanam . Setelah anda menanam jamur jangan lupa untuk membasahi lantai dari kumbun supaya suhu tetap kumbung tetap lembap . Jangan lupa untuk menutup rapat kumbung supaya suhu tetap stabil .

Perawatan Dari Tanaman Jamur Merang


Untuk menunjang keberhasilan Budidaya Jamur Merang , perawatan jamur sangat penting di lakukan oleh karena itu disini Maintanam.com akan membagikan tipsnya kepada anda untuk di tiru di rumah . Berikut ini tips yang anda dapat kerjakan untuk budidaya Jamur Merang .
  • Selalu Menutup Rumah Tanam .
  • Selalu Menjaga Lantai Tetap Basah .
  • Di Perlukan Penyemprotan Media Tanam .
  • Jangan Menyemprot Air Ke Batang Jamur .
  • Lakukan Penyiangan jika anda menemukan Tanaman atau Jamur Lain Tumbuh Pada Media Tanam.

Itulah tips yang dapat anda kerjakan untuk merawat jamur merang yang anda budidayakan . Selanjutnya anda hanya perlu menunggu waktu panen tiba , waktu panen pada jamur merang ini cukup cepat yaitu 12 Hari setelah penanaman jamur di lakukan , biasanya anda sudah dapat memperoleh hasil panen budidaya jamur merang dari 12 hari tersebut .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel