Membuat Tanaman Bonsai Bambu Kuning Mini

Membuat Tanaman Bonsai Bambu Kuning Mini - Masih dengan tanaman hias yang memiliki peminat yang sangat berlimpah di dunia . Kali ini Maintanam.com akan mengulas sebuah tanaman yang ungkin terdengar tidak lazim untuk di budidayakan sebagai tanaman bonsai . Tumbuhan ini bernama bambu , bambu yang bernotabenya memiliki ukuran tanaman yang tinggi tentu jika di lihat sangatlah mustahil untuk di olah menjadi tanaman bonsai .

Namun tentunya di tangan para pakar membuat tanaman bambu menjadi kerdil bukanlah masalah yang besar . Hal ini dikarenakan hampir semua jenis tanaman dapat di buat menjadi pertumbuhanya terganggu salah satunya adalah tanaman bambu ini .

Bonsai Bambu Kuning Mini


Bonsai Bambu Kuning Mini


Sebagai contoh di sini Maintanam akan mengunakan jenis Bambu Kungin sebagai bahan olahan bonsai . Bahan olahan bambu kuning menjadi bonsai akan terlihat cantik karena bambu kuning memiliki corak warna yang indah di banding dengan jenis bambu lainya .

Dalam proses pengerjaan tanaman Bonsai Bambu Kuning ini , langkah pertama yang perlu anda ambil untuk memulai membuat bonsai bambu ini adalah mempersiapkan lahan tanam . Lahan tanam ini di bagi menjadi dua bagian , tergantu dari selera penanamnya . Untuk kedua pilihan media tanam ini diantaranya adalah Menggunakan Media Tanam Pot dan yang kedua dengan meggunakan Media Tanah Langsung .

Sebenarnya media tanam dari tanaman Bonsai Bambu ini menyesuaikan bakalan bonsai yang anda gunakan nantinya . Kenapa demikian ? karena bakalan bonsai bambu kuning ini di bagi menjadi dua jenis yaitu dari tunas muda dan Batang Bambu dewasa .

Dalam pengolahanya tanaman bonsai bambu memiliki beranega ragam cara , anda dapat membaca sesuatu di bawah sini untuk lebih jelasnya .

Mengolah Bonsai Bambu Dari Tunas

Mengolah Bonsai Bambu Dari Tunas


Setelah anda mendapat tunas muda dari bambu kuning , anda dapat melakukan penanaman kedalam media tanam pot . " Kenapa Mengunakan Pot ? " hal ini dikarenakan bibit yang anda gunakan adalah tunas . Tunas dari bambu kuning cenderung memiliki ukuran kecil jadi penggunaan media pot sangat cocok untuk di gunakan .

Untuk pengisi dari media tanam pot anda dapat menggunakan campuran dari Tanah , Pasir dan juga bebatuan kecil ( krikil ) . Untuk perbandingan pengisi media tanam ini adalah 3 : 1 : 1 , sebelum di masukan kedalam media tanam alangkah lebih baiknya jika anda mencampurkan beberapa matrial tersebut .

Setelah matrial terisi kedalam media tanam pot selanjutnya anda hanya perlu melakukan penanaman . Jangan lupa juga untuk menekan media pengisi pot sopaya menjadi padat , hal ini bertujuan bakalan bonsai memiliki ikatan dengan tanah yang kuat supaya tidak mudah roboh .

Setelah berhasil di tanam maka biarkan terlebih dahulu tanaman bambu tersebut bebar - benar hidup didalam media pot . Namun ingat jangan biarkan tanaman ini tumbuh besar , " Tidak Tahu Caranya ? " caranya cukup mudah kok , anda hanya perlu memilitkan kawat kebadan rebung atau tunas muda tanaman bambu kuning .

Setelah tanaman benar - benar hidup anda dapat mengolah bakalan bonsai untuk di bentuk . Caranya dengan kembali melilitkan kawat kebagian tunas tanaman yang masih lentur . Anda dapat membelok - belokan batang tanaman bambu kuning dengan melilitkan kawat dan di arahkan sesuka hati anda .

Baca Juga :



Lakukan proses ini secara berkala supaya mendapatkan bentuk bonsai bambu mini yang ideal . Nah itulah cara bagaimana cara membuat bonsai bambu mini dalam media pot , jika anda ingin mengetahui cara membuat bonsai bambu unik lainya ada dapat membacanya di bawah sini .

Bonsai Bambu Besar Unik

Bonsai Bambu Besar Unik


Bonsai ini bisa di tanam pada media tanah langsung , " kenapa demikian ? " hal ini dikarenakan jenis bonsai bambu ini membutuhkan ruang tanam yang lebih luas di banding dengan cara pertama tadi . Selain itu cara pembuatan bonsai ini terbilang cukup mudah dalam pembuatan bonsainya . Untuk mempersigkat waktu , anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  • Bersihkan lahan tanam dari tanaman lain .
  • Carilah bakalan bonsai yang berasal dari bambu tua yang sudah di potong dengan ketinggian 1 M .
  • Pastikan bakalan tersebut merupakan hasil dongkelan yang masih memiliki akar yang utuh .
  • Sisakan juga ranting - ranting tanaman bambu .
  • Kemudian tanamlah bambu pada media tanam yang sudah anda persiapkan tadi .
  • Lakukan pemangkasan secara rutin supaya mendapat bentuk yang ideal .

Itulah tadi proses demi proses Membuat Bonsai Bambu , semoga anda terbantu dengan apa yang Maintanam.com bagikan di atas . Jangan ragu untuk memberikan komentar anda tentang pertemuan kita kali ini dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel